Comscore Tracker

7 Kuliner Eropa dari Kentang yang Manjakan Lidah Kala Hujan, Enak! 

Olahan kentang ini juga bikin perut cepat kenyang!

Kentang termasuk bahan makanan yang ada di rumah. Keberadaannya dapat dimanfaatkan menjadi beragam olahan lezat yang menggiurkan lidah mulai dari lauk hingga kudapan. Nah, berikut ini ada tujuh rekomendasi kuliner dari kentang khas Eropa yang simple dan mudah dibuat. Dijamin anti kelaparan saat hujan!

1. Kartoffelklöße 

7 Kuliner Eropa dari Kentang yang Manjakan Lidah Kala Hujan, Enak! cookidoo.de

Kartoffelklöße atau kartoffelknödel ialah pangsit khas Jerman yang lezat plus mengenyangkan. Berbentuk bola-bola mungil, kartoffelklöße mempertemukan kentang kukus dengan tepung kentang serta kuning telur.

Setelah adonan berbentuk bulat, kartoffelklöße direbus ke dalam air yang telah dicampur garam. Kamu dapat menikmatinya langsung dengan mengucurkan saus atau mencolekkannya ke mayonese.

2. Kulajda

7 Kuliner Eropa dari Kentang yang Manjakan Lidah Kala Hujan, Enak! pragueartelstyleblog.com

Kulajda menjadi hidangan menghangatkan jiwa yang tak pernah absen saat musim dingin tiba. Populer di Republik Ceko, kulajda tak lain ialah sup krim dengan isi berupa kentang dan jamur.

Sup yang ditawarkan pada kulajda terasa sekali bumbu rempahnya. Telur rebus yang dibelah menjadi dua bagian dan whipped cream, menjadi pelengkap yang meningkatkan kenikmatan kulajda.

3. Placki ziemniaczane

7 Kuliner Eropa dari Kentang yang Manjakan Lidah Kala Hujan, Enak! styl.pl

Placki ziemniaczane sejenis pancake yang berbahan utama kentang. Kudapan ini cukup digemari di seluruh wilayah Polandia. Bahan pembantu lainnya yakni bawang bombai yang menyedapkan rasanya.

Pancake ini bisa disajikan dalam versi manis maupun gurih. Placki ziemniaczane versi gurih disajikan dengan saus asam. Sedangkan versi manis, dilengkapi oleh saus apel yang kental atau gula bubuk.

Baca Juga: 6 Olahan Kentang Khas Polandia, Cocok untuk Pengganti Nasi

4. Gratin Dauphinois

7 Kuliner Eropa dari Kentang yang Manjakan Lidah Kala Hujan, Enak! cookidoo.fr

Kentang yang diiris tipis, crème fraîche, dan mentega adalah komposisi dari pembuatan gratin dauphinois. Bertekstur padat namun lembut, gratin dauphinois dimasak dengan cara dipanggang pada oven. Kuliner kentang asal Prancis ini dapat pula diberi pelengkap berupa ikan atau daging.

5. Hete bliksem

7 Kuliner Eropa dari Kentang yang Manjakan Lidah Kala Hujan, Enak! francescakookt.nl

Populer di Belanda, hete bliksem punya beragam resep. Namun bahan wajib yang tak boleh dihapus ialah kentang tumbuk dan apel. Bacon hingga sosis menjadi pelengkap dari hete bliksem.

Manis, gurih, serta pedas menjadi perpaduan rasa yang melengkapi kenikmatan dari hate bilksem yang dikombinasikan pula dengan susu serta merica.

6. Patatosalata

7 Kuliner Eropa dari Kentang yang Manjakan Lidah Kala Hujan, Enak! foodnetwork.com

Mulanya kentang dipanggang terlebih dahulu hingga empuk, lalu dipotong dadu. Setelahnya kentang dipertemukan dengan irisan adas segar, daun bawang serta daun peterseli dan diaduk hingga merata.

Saat semua bahan utama patatosalata tercampur, baru kemudian guyur dengan dressing yang terbuat dari yogurt serta cuka. Patatosalata sendiri merupakan salad yang digemari di Negeri Para Dewa, Yunani.

7. Kugelis

7 Kuliner Eropa dari Kentang yang Manjakan Lidah Kala Hujan, Enak! tasteatlas.com

Dimasak dengan cara dipanggang, kugelis merupakan kudapan masyarakat Lituania saat Natal tiba. Kugelis menggabungkan seluruh bahan mulai dari kentang, susu, bawang, bacon, dan telur yang kemudian dibentuk bebas sesuai kehendak penikmatnya.

Krim asam dan daun bawang, menjadi pelengkap yang meriahkan kenikmatan kugelis nan lezat.

Itu tadi tujuh kuliner kentang dari Eropa yang dapat dijadikan camilan kala hujan tiba. Cukup simple, bukan? Kamu tertarik membuat olahan kentang yang mana nih?

Baca Juga: 10 Tips Masak Kentang Goreng yang Renyah dan Gurih ala Resto Fast Food

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya