Comscore Tracker

Perbedaan Macaroon dan Macaron, Hati-hati Salah Sebut!

Awas salah sebut nama

Siapa yang tidak tahu macaron. Kue ini sangatlah populer, baik karena rasa dan penampilannya yang menarik, membuat kue ini digemari semua kalangan. Tapi kamu udah tahu belum ternyata selama ini macaron yang kita tahu itu punya kembaran yang tidak identik dengan kue yang bernama macaroon. Tanpa sadar pun kita sering salah menyebutkan nama macaron dengan macaroon.

Supaya tidak salah lagi berikut adalah perbedaan macaron dan macaroon.

1. Berasal dari bahasa yang berbeda

Perbedaan Macaroon dan Macaron, Hati-hati Salah Sebut!Unsplash.com/Karlis Dambrans

Macaron atau yang dibaca mack-ah-rohn berasal dari bahasa italia yaitu macaroni. Sedangkan, macaroon atau yang dibaca mack-ah-roon adalah turunan bahasa Inggris ke bahasa Prancis yaitu macaron.

2. Bahan dasar dan harga yang berbeda

Perbedaan Macaroon dan Macaron, Hati-hati Salah Sebut!Unsplash.com/Brigitte Tohm

Tak heran bila macaron disajikan dengan harga yang lebih mahal karena bahan dasarnya yang terbit dari tepung Almond. Sementara, untuk harga dari macaroon terbilang lebuh murah karena bahan dasarny yang lebuh mudah dijumpai yaitu, kelapa.

3. Bentuk dan karakteristik yang sangat berbeda

Perbedaan Macaroon dan Macaron, Hati-hati Salah Sebut!Popsugar.com

Macaron memiliki warna yang lebih bervariasi seperi pink, kuning, cokelat dan warna lainnya. Biasanya macaron lebih mudah dimakan karena teksturnya yang tidak mudah rapuh. Selain itu rasanya pun tak terlalu manis. Namun, warna untuk macaroon adalah cokelat keemasan, memilki tekstur yang lebih rapuh dan memiliki rasa yang sangat manis.

Baca Juga: 10 Ide Makanan Simpel untuk Hantaran Lebaran, Pasti Suka!

4. Proses pembuatan macaron lebih tumit dibandingkan macaroon

Perbedaan Macaroon dan Macaron, Hati-hati Salah Sebut!Unsplash.com/Brigitte Tohm

Dalam proses pembuatannya pun kedua jenis kue ini memilki perbedaan yang cukup signifikan. Ini dikarenakan dalam pembuatan macaron diperlukan kesabaran dan keahlian yang cukup tinggi serta rasio yang diperlukan dalam membut adonannya pun harus sangat tepat. Sementara untuk membuat macaroon hanya diperlukan waktu 10-20 menit saja. Bahkan, sudah ada beberapa resep yang menyajikan kue ini tanpa harus dipanggang.

5. Kalori macaron lebih banyak dibandingkan macaroon

Perbedaan Macaroon dan Macaron, Hati-hati Salah Sebut!Bonjourparis.com

Dalam satu macaron terkandung 250 kalori. Sementara untuk satu macaroon terdapat 90 kalori. Terlihat jelas bahwa ternyata macaron mengandung kalori lebih banyak dari macaroon sehingga tidak terlalu cocok untuk kamu yang sedang dalam program menjaga berat badan.

Sekarang udah tahu kan bedanya? Jangan salah sebut lagi ya pada saat memesan.

Baca Juga: Bikin Kesayanganmu Meleleh dengan Oreo Macaroon yang Mudah Dibikin Ini!

Ruth Cikita Photo Community Writer Ruth Cikita

You never know how strong you are until being strong is the only choice you have Bob Marley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You