Comscore Tracker

5 Tempat Berburu Lumpia Terenak di Semarang, Rasanya Istimewa

Lumpia memang oleh-oleh khas Semarang #LokalIDN

Bila mendengar kata lumpia atau lunpia, yang terlintas pertama kali mungkin adalah Kota Semarang. Tentu saja, karena Semarang merupakan kota asal jajanan gurih ini.

Di ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut, lumpia menjadi primadona kuliner yang wajib dicicipi wisatawan yang ke kota tersebut. Selain itu, lumpia juga kerap diborong menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Di Semarang, ada banyak kedai atau tempat yang menjajakan lumpia, lho. Tak perlu bingung, berikut referensi lumpia paling enak dan direkomendasikan untuk dijajal saat sedang di Semarang.

1. Lunpia Gang Lombok

5 Tempat Berburu Lumpia Terenak di Semarang, Rasanya IstimewaLunpia Semarang Gang Lombok (instagram.com/lunpiaganglombok)

Lunpia Gang Lombok merupakan salah satu kedai legendaris yang menjual makanan khas Semarang ini. Tempatnya berada di dalam gang, cukup menyulitkan beberapa orang yang ingin berkunjung. Namun hal itu tak menyurutkan orang-orang untuk mencicipi kelezatan lunpia atau lumpia khas Semarang yang ada di kedai ini. 

Dibanderol mulai harga Rp 18ribu, ada 3 jenis isian lumpia yang bisa dipilih untuk dibawa pulang. Ada ayam, udang, dan rebung. Buka mulai jam 08.00-17.00 sore, antrian panjang dan mengular selalu terlihat di sini, lho. 

Lokasi : Jalan Gang Lombok nomor 11 Purwodinatan, Semarang, Jawa Tengah.

 

2. Lunpia Mataram

5 Tempat Berburu Lumpia Terenak di Semarang, Rasanya IstimewaLunpia Mataram Semarang (instagram.com/iwan_krist)

Tak kalah ramai dari Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mataram juga menjadi salah satu jujugan wisatawan yang ingin berburu oleh-oleh khas Semarang tersebut. Hanya ada satu tempat asli dari Lumpia Mataram ini yaitu berada di pinggir jalan utama dekat MT Haryono. 

Kelezatan lumpia ini sudah terkenal karena saat digoreng kulitnya tetap empuk, lho. Sehingga banyak yang rela antri untuk membeli lumpia di sini. Harga dari lumpia ini adalah Rp21.000 per buahnya dengan varian rebung, udang dan telur.

Lokasi : Jalan MT Haryono nomor 541 Karang Kidul, Semarang Tengah.

 




Baca Juga: 15 Kuliner Semarang yang Paling Enak dan Wajib Dicoba

3. Lunpia Mbak Lien

5 Tempat Berburu Lumpia Terenak di Semarang, Rasanya IstimewaLunpia Mbak Lien Semarang (instagram.com/citracys)

Selain dua tempat tersebut, ada Lumpia Mbak Lien yang cukup ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Terletak di Gang Pemuda Semarang, bangunan toko Lumpia Mbak Lien sangat khas karena menggunakan arsitektur Belanda zaman dulu. Jam bukanya juga cukup panjang yakni mulai pukul 8.30-21.30 WIB. 

Di sini kamu bisa membeli lumpia dengan aneka rasa mulai dari kepiting, mozzarela, smoked beef, dan jamur. Harga yang ditawarkan mulai Rp18.000 per buahnya.

Lokasi : Gang Grajen Jalan Pemuda nomor 1 Pandansari, Semarang Tengah.

 

4. Lunpia Cik Meme

5 Tempat Berburu Lumpia Terenak di Semarang, Rasanya IstimewaLumpia Cik Meme (instagram.com/lunpiacikmeme)

Berdiri sejak 2014, Lumpia Cik Meme selalu ramai dipenuhi wisatawan yang ingin membawa oleh oleh lumpia khas Kota Atlas. Lokasinya cukup strategis karena berada tak jauh dari Simpang Lima Semarang. Toko Lumpia Cik Meme juga cukup nyaman untuk dine in di sana. 

Ada lima menu andalan yang bisa dipilih yaitu kambing, kepiting, kakap, plain, dan ori. Selain itu di sini ada keripik lumpia yang merupakan produk original toko ini. Harga Lumpia Cik Meme adalah mulai Rp15.000-24.000 per buahnya.

Lokasi : Jalan Gajahmada nomor 107 Semarang.

5. Lunpia Express

5 Tempat Berburu Lumpia Terenak di Semarang, Rasanya IstimewaLunpia Express Semarang (instagram.com/lunpia_express)

Berada tak jauh dari Lumpia Cik Meme, ada Lumpia Express yang juga menjual aneka lumpia dengan harga terjangkau. Untuk lumpia plain dibanderol dengan harga Rp7.000 saja, sedangkan untuk isian lain seperti kepiting mulai Rp18.000.

Berbeda dari yang lain, Lumpia Express buka setiap hari pada jam 05.00-20.00 WIB malam. Selain untuk dijadikan oleh-oleh atau dibawa pulang ke rumah, kamu juga bisa mencicipi langsung lezatnya dua varian Lumpia Express yaitu original atau plain berisi rebung dikombinasikan dengan telur, ayam atau udang; dan varian lain adalah kepiting .

Lokasi : Jalan Gajahmada nomor 142 AA

Berwisata ke Kota Semarang kurang afdal rasanya bila tak membawa lumpia sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Jangan lupa mampir dan mencicipi lumpia favoritmu, ya! 

Baca Juga: 10 Pesona Sunrise Hill Gedong Songo, Destinasi Cantik di Semarang

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya