5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan 

#RamadanMasaKini cocok disajikan untuk buka puasa nih

Timun suri merupakan buah anggota suku labu-labuan yang biasanya dijual pada saat Ramadan. Daging buah dari timun suri ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dalam membuat es untuk berbuka puasa. Memiliki karakteristik bentuk mirip seperti timun dengan ukuran lebih besar dan warna yang beragam mulai dari kuning cerah hingga hijau berpola, timun suri selalu memiliki tempat tersendiri bagi para penikmatnya. Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih timun suri yang baik?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih timun suri yang matang agar nikmat saat dikonsumsi, simak yuk apa saja!

1. Aroma khas

5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan deskgram.net

Aroma yang dihasilkan dari timun suri dapat menjadi indikasi kualitas sekaligus kesegaran dari timun suri tersebut. Apabila timun suri berbau wangi khas, maka dapat dikatakan bahwa timun tersebut sudah matang dan dalam kualitas baik. Hindari membeli timun suri yang belum memiliki aroma atau aromanya belum tercium keluar.

2. Bertekstur lembut

5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan flickr.com

Tekstur dari timun suri yang matang tentunya akan lebih lembut dan empuk, tapi tidak terlalu rapuh. Tekstur yang pas dan tidak berlebihan dapat menjadi indikasi baik untuk memilih timun suri yang matang dan berkualitas baik. Jangan memilih timun suri yang sudah lembek dan tidak dapat dimakan karena itu artinya timun suri tersebut sudah terlalu matang dan mendekati busuk.

3. Warna kulit tidak menjamin

5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan busy.org

Saat membeli timun suri mungkin kita akan cenderung tergoda untuk membeli timun suri yang berwarna kuning cerah, padahal warna kulit tidak menjamin kematangan buah. Apapun warna kulit dari timun suri baik itu hijau maupun kuning tetap saja tidak menjadi jaminan bahwa timun tersebut dalam kondisi yang telah matang.

Baca Juga: Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Khasiat Buah Timun Suri

4. Retakan pada buah

5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan steemit.com

Kita mungkin enggan memilih timun suri yang telah retak padahal retakan pada kulit buah tersebut dapat menjadi indikasi kematangan yang sesuai dan pas. Timun suri akan cenderung mengembang saat matang sehingga akan mendorong kulit dari buah tersebut dan menciptakan retakan di sekitar buah.

5. Pilihlah ukuran yang pas

5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan steemit.com

Saat membeli timun suri, kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika hanya membutuhkan sedikit saja, maka belilah timun suri yang berukuran kecil karena jika membeli timun suri berukuran besar, dikhawatirkan akan membuat kita terlalu lama menyimpannya dan menurunkan kualitas serta kesegaran dari timun suri.

Nah, lima tips memilih timun suri di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar tidak salah dalam memilih timun suri khususnya untuk berbuka puasa. Sekarang gak perlu khawatir salah pilih timu suri, kan?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You