Comscore Tracker

5 Tips Merawat Pemanggang Roti agar Awet, Gak Susah Kok!

Kamu sering pakai pemanggang roti gak nih di rumah? 

Memanggang roti merupakan aktivitas yang dilakukan oleh banyak orang khususnya di saat waktu sarapan. Saat ini memanggang roti sudah tak perlu repot-repot harus menggunakan wajan lagi, melainkan kamu sudah dapat membuatnya dengan pemanggang khusus untuk roti. Saking praktisnya, tak heran bila alat ini banyak menjadi pilihan bagi banyak orang. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips merawat pemanggang roti agar selalu awet dan tahan lama, berikut lima daftarnya. 

1. Membersihkan baki bagian bawah

5 Tips Merawat Pemanggang Roti agar Awet, Gak Susah Kok!cookingindoor.com

Hal yang paling pertama dari membersihkan pemanggang roti adalah dengan cara melihat baki bagian bawah. Baki tersebut biasanya menjadi bagian dari pemanggangan yang selalu penuh dengan remahan roti. Oleh sebab itu, bersihkan lah dengan tepat agar hasilnya maksimal. Gunakan sabun apabila baki dapat dicopot pasang. Namun, bila dirasa sulit dijangkau, maka bisa menggunakan sikat gigi. 

2. Memastikan tak ada bekas remahan roti

5 Tips Merawat Pemanggang Roti agar Awet, Gak Susah Kok!goodhousekeeping.com

Apabila pemanggang roti milikmu ternyata tak memiliki baki bagian bawah, maka kamu tetap dapat mencoba untuk menghilangkan remahan roti tersebut. Caranya adalah dengan menggoyangkan pemanggang roti dan membalikannya hingga sisa-sisa remahan pun berjatuhan. Meski terdengar mudah, namun tetap harus dilakukan secara hati-hati. 

Baca Juga: Uniknya Pancake Art, Bermain Seni Lukis di Atas Pemanggang Roti

3. Menggunakan kuas kecil

5 Tips Merawat Pemanggang Roti agar Awet, Gak Susah Kok!thekitchn.com

Tak hanya remahan roti yang banyak tertinggal pada sela-sela pemanggang atau pun baki, namun juga terkadang sisa mentega dan selai. Untuk mengembalikan pemanggangmu menjadi seakan lebih baru, maka kamu dapat mempersiapkan kuasnya terlebih dahulu. Kuas kecil akan lebih memudahkanmu untuk menjangkau sisi-sisi yang sulit. 

4. Membersihkan bagian luar

5 Tips Merawat Pemanggang Roti agar Awet, Gak Susah Kok!dualit.com

Jangan hanya terfokus pada bagian dalam sampai-sampai melewatkan bagian luar yang sama pentingnya. Perlu diperhatikan bahwa membersihkan bagian luar tak perlu repot-repot sebab kamu hanya perlu mengelap secukupnya sampai tak ada noda yang menempel. Selain itu, pemanggang juga akan tampak lebih bersih dan higienis seperti baru. 

5. Menyimpannya dengan benar

5 Tips Merawat Pemanggang Roti agar Awet, Gak Susah Kok!tastemade.com

Hal terakhir yang perlu kamu perhatian adalah cara penyimpanan. Cara ini dirasa penting karena akan menentukan keawetan pemanggangmu. Pastikan kamu menyimpannya di tempat yang bersih dan kering. Penyimpanan yang sembrono justru akan membuat alat pemanggangmu menjadi tak awet. 

Nah, beberapa tips merawat pemanggang roti di atas dapat dicoba sendiri di rumah agar pemanggang rotimu selalu bersih dan awet. Sangat mudah, kan?

Download aplikasi resep masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Alat Masak Anti Lengket, Agar Tetap Awet!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya