Comscore Tracker

5 Makanan Khas Sumba Enak dan Unik, Belum Banyak yang Tahu!

Ada yang udah pernah coba?

Sumba terkenal akan keindahan alamnya yang tidak kalah dengan destinasi-destinasi lain di Nusantara. Tidak hanya keindahan alamnya, Sumba juga memiliki kuliner-kuliner khas yang tentunya enak dan unik. Sayangnya, banyak wisatawan yang tidak mengetahui kuliner-kuliner khas Sumba. Berikut ini adalah makanan khas Sumba yang wajib untuk dicoba ketika berada di sana.

1. Rumpu rampe

5 Makanan Khas Sumba Enak dan Unik, Belum Banyak yang Tahu!heboh.com

Rumpu rampe adalah sayuran yang diolah dengan menumis bunga pepaya, daun pepaya, daun singkong, dan jantung pisang. Sayuran ini sendiri tidak terasa pahit sekalipun terbuat dari berbagai macam sayuran. Ini dikarenakan sayuran terlebih dahulu dinetralisir dengan menggunakan air garam selama beberapa menit. Biasanya, untuk menambah rasa gurih akan ditambahkan teri asin atau udang rebon.

2. Nasi jagung

5 Makanan Khas Sumba Enak dan Unik, Belum Banyak yang Tahu!masakandapurku.com

Nasi jagung merupakan kuliner khas Sumba yang tidak sepenuhnya terbuat dari jagung. Nasi jagung terbuat dari campuran berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah. Proses pembuatan nasi jagung dimulai dari jagung yang digiling dan kemudian dimasak bersamaan dengan nasi putih dan kacang-kacangan. Biasanya, nasi jagung dinikmati bersama dengan ayam dan juga sayuran.

3. Kaparak

5 Makanan Khas Sumba Enak dan Unik, Belum Banyak yang Tahu!merahputih

Masih berbahan dasar jagung, kuliner khas Sumba selanjutnya adalah Kaparak. Kaparak terbuat dari tepung jagung yang dicampur dengan kelapa parut dan gula pasir putih secukupnya. Campuran tersebut kemudian disangrai hingga tampak kekuning-kuningan. Kaparak biasanya dijadikan sebagai camilan dan dapat juga dijadikan makanan saat sarapan, makan siang, maupun makan malam karena memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak nabati yang tinggi.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Sumbawa yang Bisa Kamu Kreasikan Sendiri di Rumah

4. Ka'pu pantunnu

5 Makanan Khas Sumba Enak dan Unik, Belum Banyak yang Tahu!parinseja.com

Ka'pu pantunnu adalah kuliner khas Sumba yang diolah dari jantung pisang. Proses pembuatannya dimulai dari jantung pisang yang dibakar kemudian dipotong-potong menjadi bentuk yang lebih kecil. Selanjutnya dicampur dengan parutan kelapa panggang serta daun kemangi. Kuliner ini sangat cocok untuk disantap bersama dengan nasi jagung atau nasi putih.

5. Manggulu

5 Makanan Khas Sumba Enak dan Unik, Belum Banyak yang Tahu!heboh.com

Manggulu merupakan kue tradisional khas dari Sumba. Manggulu memiliki rasa asam dan manis karena terbuat dari pisang, gula merah, dan kacang tanah. Proses pembuatan manggulu sangat mudah tetapi memakan waktu yang lama, pisang dijemur selama tiga hari lalu kemudian ditumbuk bersama dengan gula merah dan kacang tanah yang telah disangrai hingga tercampur rata. Setelah tercampur, bentuk adonan menjadi memanjang dan bungkus dengan daun pisang atau daun lontar.

Itu tadi lima makanan khas dari Sumba yang tentunya enak dan kaya rasa. Ketika berkunjung ke Sumba, makanan mana yang akan kamu coba ?

Baca Juga: 7 Tradisi Unik Orang Sumba yang Wajib Kamu Tahu 

Valencia Rudianto Photo Writer Valencia Rudianto

I'm just an ordinary girl who likes writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya