Comscore Tracker

7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi 

Setidaknya harus coba sekali seumur hidup

Jika mendengar kata 'Portugal', maka sebagian besar orang pasti langsung terbayang sosok Cristiano Ronaldo a.k.a CR7 deh. Termasuk kalian kah itu?

Nah, bicara soal negara kelahiran CR7, rasanya kurang pas kalau kalian hanya tahu soal dunia sepak bolanya saja. Pasalnya, dunia kuliner Portugal juga tak kalah menariknya untuk ditelusuri, seperti ketujuh hidangan otentik berikut ini nih : 

1. Bifana

7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi Airtransat.com

Bifana adalah sandwich khas Portugal yang diberi isian berupa daging (biasanya babi) yang dibumbui dengan bawang putih dan wine putih. Roti yang digunakan juga bukan roti tawar biasa, melainkan roti dengan luaran yang renyah dan bagian dalam yang lembut. Agar lebih mengenyangkan, bifana dapat dihidangkan bersama kentang goreng. 

2. Chicken piri-piri

7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi Bbc.com

Hidangan selanjutnya merupakan ayam panggang yang sebelumnya di-marinate terlebih dahulu dengan campuran garam, lada, saus piri-piri, bawang putih, ketumbar, minyak, dan air lemon selama beberapa jam agar bumbunya meresap.

Setelah matang, ayam akan dilumuri dengan glazing berupa campuran saus piri-piri, mentega, ketumbar, bawang putih, dan air lemon. 

3. Bacalhau

7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi Terradobacalhau.com

Bacalhau adalah ikan kod yang telah dikeringkan dan diasinkan. Penduduk Portugal biasanya akan menyantap bacalhau di malam Natal atau pada acara-acara lainnya. Bacalhau juga dapat divariasikan menjadi berbagai hidangan, seperti bacalhau com natas (dengan krim), bacalhau com todos (dengan sayuran dan telur), serta masih banyak variasi lainnya. 

Baca Juga: Yuk Berburu ke 10 Destinasi Wisata Kuliner Asyik di Purwokerto

4. Carne à alentejana

7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi Foodfromportugal.com

Carne à alentejana adalah hidangan berupa kerang dan daging babi yang dimasak bersama kentang dan ditambah dengan wine serta saus tomat. Hidangan ini lalu diberi garnish berupa potongan lemon dan daun ketumbar lalu disajikan bersama roti yang renyah. 

5. Arroz de marisco

7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi Sbs.com.au

Arroz de marisco terdiri dari seafood, seperti udang, cumi, dan kerang yang dimasak dalam saus tomat dan ditambah dengan bubuk cabai. Setelah itu, seafood akan dituang ke atas nasi hangat yang sebelumnya telah dimasak dengan daun kemangi dan mentega. 

6. Arroz doce

7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi Pingodoce.pt

Arroz doce adalah rice pudding khas Portugal yang dibuat dengan cara memasak nasi dengan susu, gula, kuning telur, dan mentega hingga teksturnya menyerupai oat meal. Setelah mendingin, arroz doce kemudian akan ditaburi dengan bubuk kayu manis. 

7. Tortas de Azeitão

7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi Petiscana.com

Torta de azeitão adalah kue tradisional dari Portugal yang terbuat dari telur (dalam jumlah yang cukup banyak), tepung jagung, dan gula serta diberi isian berupa campuran air gula dan kayu manis. Bubuk kayu manis ataupun gula juga dapat ditaburkan di atas kue agar lebih nikmat. 

Baca Juga: 7 Kuliner Nusantara yang Cocok Banget untuk Menemani Buka Puasamu

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You