Comscore Tracker

6 Kuliner Tersembunyi di Bogor yang Sayang untuk Dilewatkan

Cuma warga lokal yang tahu! #LokalIDN

Bogor menjadi salah satu kota favorit masyarakat untuk melepaskan penat atau sekadar berlibur singkat di tengah kesibukan. Kota Hujan ini pun menyimpan berbagai kejutan, termasuk soal kuliner. 

Terdapat berbagai macam kuliner yang mungkin belum pernah kalian coba ketika bermain ke Bogor. Berikut rekomendasi kuliner di Bogor yang tidak boleh kalian lewatkan.

1. Baso PMI Indraprasta

6 Kuliner Tersembunyi di Bogor yang Sayang untuk Dilewatkaninstagram.com/masihlaper.jkt

Baso PMI Indraprasta dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk makan siang. Porsi besar dan daging yang empuk akan memanjakan lidah kalian. 

Kalau kalian main-main ke sini, jangan lupa untuk cobain menu andalan mereka, yaitu bakso campur. Kalian bisa merasakan empuknya daging baso besar mereka yang diisi penuh dengan cincangan daging sapi asli. 

Sayangnya, kalian harus siap-siap kesulitan cari tempat parkir untuk mobil sehingga alangkah lebih baik jika kalian ke sini menggunakan motor atau kendaraan umum. 

Lokasi: Jl. Pandu Raya No.150, RT.03/RW.15, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16152 

Jam operasional: 11.00 - 21.30 WIB

Harga: Rp15.000 - 30.000

2. Warung Ayam Doyong

6 Kuliner Tersembunyi di Bogor yang Sayang untuk Dilewatkaninstagram.com/kulinebogoroke

Warung Doyong menjadi rekomendasi kuliner selanjutnya yang wajib kalian coba di Bogor. Mereka terkenal dengan ayam goreng bumbu kuning yang gurih dan meresap hingga ketulang. 

Selain ayam gorengnya, kalian juga dapat mencicipi berbagai makanan khas Indonesia lainnya di sini seperti tahu tempe goreng, tumis jamur, paru goreng dan sebagainya. Kalian juga wajib minta bumbu serundengnya untuk dilahap bersama nasi hangat. 

Lokasi: Jl. Pahlawan I, RT.04/RW.07, Bondongan, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16131

Jam operasional: 06.00 -14.00 WIB

Harga: Rp7.500 - 36.000

3. Soto Kuning Pak Salam

6 Kuliner Tersembunyi di Bogor yang Sayang untuk Dilewatkaninstagram.com/naftali_silvia

Bagi pencinta soto kuning, kalian tidak boleh melewatkan Soto Kuning Pak Salam yang berada di atas trotoar Jalan Suryakencana. Soto Kuning Pak Salam termasuk salah satu kuliner legendaris di Bogor, jadi jangan kaget jika kalian akan melihat antrian berbondong-bondong bahkan sebelum mereka buka.

Kalian bisa memilih daging, paru, kikil dan bagian lainnya untuk disiram dengan kuah soto yang begitu gurih dan nikmat. Namun sayangnya, tempat makan yang disediakan tidak cukup luas untuk menerima seluruh pembeli sehingga kebanyakan orang memilih untuk bungkus atau makan di dalam mobil.

Lokasi: Jalan Siliwangi No.298, Sukasari, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16131

Jam operasional: 16.00 -19.00 WIB

Harga: Rp5.000 - 10.000/buah

Baca Juga: 7 Makanan Paling Banyak Dicari Saat Berada di Puncak Bogor, Apa Saja?

4. Mie Ayam Bangka AL

6 Kuliner Tersembunyi di Bogor yang Sayang untuk Dilewatkaninstagram.com/theliviosta

Di antara mie bangka lainnya di Bogor, Mie Bangka AL bisa dibilang memiliki citarasa yang kuat hingga sulit dilupakan sehingga sayang sekali jika dilewatkan. 

Porsi yang cukup besar, potongan ayam yang banyak, dan taburan bawang goreng di atas menjadi daya tarik tersendiri bagi mie bangka disini. Lokasinya pun cukup strategis yaitu berada di tengah kota sehingga mudah untuk dikunjungi. 

Tapi, kalian harus siap-siap kepanasan ya! karena di sini tidak disediakan ruangan ber-AC dan terasa sedikit pengap. 

Lokasi: Jl. Sawojajar No.43, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121

Jam operasional: 09.00 - 23.00 WIB

Harga: Rp20.000 - 35.000

5. Saung Seblak Taman Topi

6 Kuliner Tersembunyi di Bogor yang Sayang untuk Dilewatkaninstagram.com/saungseblaktatoss

Saung Seblak yang terletak di depan Taman Topi Square ini cukup terkenal di kalangan pelajar SMA di sekitaran daerah sana. Kalian musti menunggu agak lama hingga pesanan kalian siap karena ramai dengan antrian ojek online

Terdapat berbagai pilihan menu dengan topping yang berbeda mulai dari makaroni, kwetiauw, bakso urat, sosis, iga, dan lainnya.

Namun sayangnya, mereka tidak menyediakan tempat khusus untuk makan di tempat sehingga kebanyakan orang memilih untuk take away

Lokasi: Taman topi square, Jl. Kapten Muslihat, RT.03/RW.01, Paledang, Central Bogor, Bogor City, West Java 16121

Jam operasional: 09.00 - 21.00 WIB

Harga: Rp10.000 - 20.000

6. Mie Kocok Mawar

6 Kuliner Tersembunyi di Bogor yang Sayang untuk Dilewatkaninstagram.com/gedeinperut

Makanan yang harus kalian coba selanjutnya adalah mie kocok. Hidangan bercita rasa gurih dan segar ini sangat cocok disantap ketika gerimis atau hujan. 

Mie Kocok Mawar berbeda dengan mie kocok lainnya karena dilengkapi dengan suwiran daging ayam dan bakso yang mengangkat keseluruhan rasa dalam mie kocok.

Kalian dapat langsung makan di tempat karena tempat makan yang disediakan cukup nyaman dan luas. Namun sedihnya tempat parkir yang disediakan tidak terlalu banyak, sehingga jika ramai kalian harus cari parkir di tempat lain. 

Lokasi: Jl. DR. Sumeru No.2, RT.003/RW.008, Kb. Klp., Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16125

Jam operasional: 13.00 - 21.45 WIB

Harga: Rp27.000 - 37.000

Nah, itulah beberapa kuliner asal Bogor yang wajib kalian coba. Mana yang paling bikin kalian ngiler?

Baca Juga: 7 Kafe Bertema Alam di Bogor, Udaranya Sejuk dan Bikin Rileks 

Wei Michael Chain Photo Writer Wei Michael Chain

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya