Comscore Tracker

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya Rempah

Gak selalu pedas, ada pula yang gurih dan asam

Sebagai sumber protein yang digemari hampir semua orang, tentu banyak sekali makanan yang terbuat dari ayam. Di setiap daerah biasanya mempunyai olahan ayam yang khas untuk menu sehari-hari ataupun untuk acara-acara tertentu.

Kalau kamu perhatikan, Minang, Sumatra Barat memiliki cukup banyak olahan ayam yang sedap. Ragam olahan ayam tersebut bisa banget kamu jadikan referensi memasak di rumah, lho.

Biar gak bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, simak sepuluh olahan ayam khas Minang berikut ini, yuk. Sedapnya bikin kamu ketagihan, deh!

1. Gulai ayam dengan kuah kuning pedas terlihat menggoda. Bisa kamu campur dengan kentang atau nanas biar gak membosankan

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahGulai ayam (Instagram.com/tria_rila_rita)

2. Ayam goreng bumbu seperti di rumah makan padang ini bisa jadi pilihan menu untuk anak-anak, nih. Pasti pada suka, deh!

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahAyam goreng padang (Instagram.com/fransi_96)

3. Tinggal menggorang ayam dengan bumbu kuning, campur sekalian dengan sambal khas Padang. Jadilah ayam balado yang lezat!

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahAyam balado mudo (Instagram.com/dokterkoki)

4. Dimasak seperti gulai sampai kuahnya kental, lalu dibakar. Ayam bakar padang ini tentunya sulit untuk ditolak

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahAyam bakar padang (Instagram.com/sazha_kitchen)

5. Mirip gulai ayam, tetapi kuahnya dimasak hingga pekat. Kalio ayam ini biasa diberi campuran kentang, jengkol, atau petai

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahKalio ayam (Instagram.com/kristianidwi)

Baca Juga: 6 Jenis Rendang yang Populer di Minang, Gak Hanya Rendang Daging Sapi!

6. Membuatnya mirip kalio ayam, tetapi rendang ayam ini dimasak sampai kering. Proses memasaknya sama seperti rendang daging sapi, kok

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahRendang ayam (Instagram.com/enan_faridah)

7. Rasanya gurih dengan santan, tetapi singgang ayam tidak pedas. Makanan dengan kuah pekat seperti kalio ayam ini juga bisa dibakar, lho!

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahSinggang ayam (Instagram.com/friska_riyanti)

8. Direbus dengan rempah khas Minang, lalu digoreng sebentar dan disajikan dengan sambal merah terpisah. Ayam pop ini wangi banget!

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahAyam pop (Instagram.com/put.treats)

9. Sup ayam hangat, gurih, dan wangi ini cocok banget untuk musim hujan. Bisa dicampur sayuran sesuai selera

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahSup Ayam (Instagram.com/numpangsaveresep.id)

10. Sup ayam ditambah bihun, suwiran ayam goreng, perkedel, dan kerupuk merah khas Minang, soto ini terasa begitu nikmat

10 Olahan Ayam Khas Minang yang Nikmat dan Kaya RempahSoto ayam padang (Instagram.com/megha_mustika18)

Sepuluh olahan ayam khas Minang di atas rasanya cukup beragam. Bisa banget jadi pilihan menu sehari-hari yang gak bakal membuatmu bosan. Kalau kamu pencinta ayam, jangan lupa cicipi salah satu olahan ayam khas Minang ini, ya!

Baca Juga: 9 Olahan Jengkol Khas Minang yang Patut Kamu Coba, Nikmat Banget!

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya