Comscore Tracker

Resep Lumpia Goreng Isi Ayam, Kreasi Camilan yang Pasti Enak

Cocok dinikmati sembari bersantai

Lumpia merupakan makanan khas dari Semarang yang sudah sangat terkenal. Biasanya, isian dari lumpia ini terbuat dari rebung atau sejenis bambu yang masih muda dengan cita rasa unik.

Namun, selain rebung, apakah kamu sudah pernah mencoba lumpia dengan isian lainnya? Jika belum, kamu wajib coba resep yang berikut ini, deh.

Resep lumpia kali ini terbuat dari bahan isian daging ayam. Sangat nikmat bila dicocol dengan saus sambal.

1. Bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Lumpia Goreng Isi Ayam, Kreasi Camilan yang Pasti Enakkulit lumpia (instagram.com/ipink_nicole)

Bahan-bahan:

  • 20 lembar kulit lumpia
  • 500 gram ayam filet
  • 100 gram jamur tiram
  • 1 buah kentang
  • 2 butir telur
  • 3 siung bawang putih
  • 1,5 sdt garam 
  • 1/2 sdt merica bubuk 
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt gula
  • 1 sdm saus tiram 
  • 2 batang daun bawang 
  • minyak goreng secukupnya

2. Tumis bawang putih hingga harum 

Resep Lumpia Goreng Isi Ayam, Kreasi Camilan yang Pasti Enakilustrasi menumis bawang putih dan bawang bombai (pixabay.com/oyaboya)

Langkah pertama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Kemudian, memarkan dan cincang bawang putih hingga halus.

Setelah itu, tuangkan secukupnya minyak ke dalam wajan dan panaskan. Tumis bawang putih hingga harum. Jika sudah, masukkan potongan ayam filet yang sudah dicincang halus.

3. Masak daging ayam hingga teksturnya lunak

Resep Lumpia Goreng Isi Ayam, Kreasi Camilan yang Pasti Enakilustrasi menumis daging ayam (instagram.com/resepjajananpasar)

Aduk rata semua tumisan hingga ayam berubah warna sedikit pucat. Kemudian, masukkan potongan kentang dan jamur tiram ke dalam tumisan.

Selanjutnya, masak hingga kentangnya empuk dan daging ayam lunak. Pastikan cincangan daging ayam sudah sepenuhnya matang. Kemudian, tuang air dan tunggu hingga agak menyusut.

Baca Juga: Resep Lumpia Basah Asli Bandung, Rasanya Bikin Terngiang-ngiang

4. Masukkan telur orak-arik dan daun bawang  

Resep Lumpia Goreng Isi Ayam, Kreasi Camilan yang Pasti Enakilustrasi menambahkan penyedap rasa ke dalam tumisan ayam (instagram.com/resepanekajajananpasar)

Supaya lebih nikmat, tambahkan bumbu, seperti garam, gula pasir, merica, dan saus tiram ke dalam tumisan ayam. Kemudian, koreksi rasanya. Jika masih kurang sedap, kamu bisa menambahkan kembali beberapa bumbunya.

Setelah tumisan daging ayam sudah terasa nikmat, kamu bisa masukkan telur orak-arik dan potongan daun bawang. Masak sebentar, lalu matikan apinya.

5. Goreng lumpia hingga kuning kecokelatan

Resep Lumpia Goreng Isi Ayam, Kreasi Camilan yang Pasti Enakmenggoreng lumpia (instagram.com/dapurbahagia2021)

Ambil kulit lumpia dan beri isian tumisan daging ayam secukupnya. Lipat dan padatkan lumpia, lalu rekatkan dengan putih telur.

Setelah itu, siapkan wajan di atas kompor, lalu tuang minyak cukup banyak dan panaskan hingga mendidih. Kemudian, goreng lumpia hingga matang berwarna kuning kecokelatan. Jika sudah matang, segera angkat dan tiriskan. Lumpia goreng isi ayam pun siap untuk dinikmati.

Resep dan cara membuat lumpia isi ayam di atas bisa kamu praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga rasanya tidak mengecewakan, ya!

Baca Juga: Resep Martabak Telur Kulit Lumpia yang Gurih, Isiannya Melimpah!

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

IG: @gilang_ka24

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya