Comscore Tracker

Resep Apem Tape Singkong Panggang, Kue Tradisional yang Nikmat

Empuk dan manis menjadikan kue apem gak bisa dilupakan

Apem jadi salah satu kue tradisional yang biasanya dibuat dengan tambahan tape singkong. Sensasi kelezatan kue apem cenderung manis dan memadukan tekstur yang empuk. Jajanan legendaris ini jadi suguhan favorit saat acara spesial, lho.

Namun, tanpa menunggu acara spesial pun kamu bisa menikmati kue apem karena mudah kamu temui atau bisa juga bikin sendiri di rumah. Nah, buat kamu yang ingin membuat kue apem sendiri, berikut resep apem tape singkong panggang yang bisa kamu ikuti.

1. Bahan-bahan untuk membuat apem panggang tape singkong

Resep Apem Tape Singkong Panggang, Kue Tradisional yang Nikmatilustrasi tape singkong (instagram.com/chalistaa_kitchen)

Bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • 200 gram gula pasir
  • 60 gram tepung terigu
  • 100 gram tapai singkong
  • 1 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt garam
  • 450 ml santan
  • 2 lembar daun pandan

2. Masak kuah santan sampai mendidih

Resep Apem Tape Singkong Panggang, Kue Tradisional yang Nikmatilustrasi memasak kuah santan (youtube.com/House of Niex)

Sebelum mulai membuat adonan apem tape singkong, terlebih dulu masak kuah santan. Campurkan santan, garam, dan daun pandan ke dalam panci. Lalu, letakkan panci di atas kompor dan nyalakan di api sedang.

Masak kuah santan sampai mendidih sambil sesekali diaduk. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan kuah santan hangat kuku. Sembari menunggu santan hangat, masukkan ragi instan ke dalam wadah. Sisihkan.

Baca Juga: Resep Kue Apem Ubi Jalar Pandan Kukus, Teksturnya Lembut

3. Tuang kuah santan ke dalam wadah berisi bahan adonan

Resep Apem Tape Singkong Panggang, Kue Tradisional yang Nikmatilustrasi menuang kuah santan ke dalam adonan (youtube.com/House of Niex)

Nah, setelah santan hangat kemudian tuangkan sedikit santan ke dalam wadah berisi ragi instan. Lalu, aduk sampai larut. Jika sudah, tambahkan tapai singkong yang telah dilumatkan.

Beri gula pasir kemudian aduk sampai rata. Barulah masukkan campuran tepung beras dan tepung terigu sambil diayak. Tuang santan kembali sembari diaduk menggunakan spatula.

4. Diamkan adonan dengan ditutup kain bersih

Resep Apem Tape Singkong Panggang, Kue Tradisional yang Nikmatilustrasi mendiamkan adonan dengan ditutup kain bersih (youtube.com/House of Niex)

Lakukan proses mengaduk sampai mendapatkan tekstur adonan yang halus dan tidak bergerindil. Tutup adonan dengan kain bersih atau plastik wrap. Diamkan adonan selama 1 jam hingga mengembang.

Jika sudah didiamkan selama 1 jam, buka penutup adonan. Kemudian, aduk supaya udara di dalam adonan mengurai. Adonan kue apem siap untuk dipanggang.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan. Lalu, panggang sampai matang

Resep Apem Tape Singkong Panggang, Kue Tradisional yang Nikmatilustrasi memanggang adonan kue apem (youtube.com/House of Niex)

Untuk melakukan proses memanggang, siapkan cetakan kue lumpur di atas kompor. Lalu, nyalakan kompor di api sedang dan biarkan cetakan panas. Jika sudah, tuang satu sendok sayur adonan ke dalam cetakan panas.

Barulah, tutup cetakan dan biarkan adonan matang. Sesudah adonan matang dengan ciri permukaan luarnya kering, lalu angkat dan tiriskan. Lakukan proses memanggang adonan kue apem sampai selesai. Apem tapai singkong panggang siap disajikan.

Tanpa menunggu acara spesial, kamu bisa nikmati kue apem sesuka hati dengan bikin sendiri di rumah. Nah, resep apem tape singkong panggang ini bisa kamu ikuti. Hasilnya gak kalah memuaskan, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Apem Gula Merah Kukus, Kue Tradisional yang Istimewa  

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya