Comscore Tracker

6 Cara dan Trik Memasak Telur dengan Sempurna, Dijamin Makin Lezat

Memasak telur dengan sempurna ternyata gak sulit

Telur merupakan bahan makanan yang disukai banyak orang. Apalagi telur dikenal memiliki gizi yang tinggi.

Untuk memasak telur menjadi berbagai masakan pun tidak begitu sulit. Kamu tidak perlu menjadi koki andal untuk membuat olahan telur yang lezat.

Namun, ada beberapa trik agar telur dapat dimasak sempurna. IDN Times telah merangkum dari Mashed, cara memasak telur dengan sempurna. 

1. Trik telur mata sapi

6 Cara dan Trik Memasak Telur dengan Sempurna, Dijamin Makin Lezatmashed.com

Ada dua tipe telur mata sapi. Pertama, tipe matang secara keseluruhan. Kedua, membiarkan kuning telur setengah matang dan hanya putihnya yang matang sempurna.

Untuk tipe pertama, cara mudahnya adalah kamu harus memanaskan wajan atau teflon dengan api sedang terlebih dahulu. Jika sudah cukup panas, lelehkan dua sendok makan margarin.

Pecahkan telur ke dalam mangkuk kecil, tuang ke dalam wajan secara perlahan. Segera kurangi panasnya dan masak sampai putih telur mulai mengembang. Saat kuning telur mulai menebal, balik telur dan tunggu hingga kuning benar-benar matang.

Untuk tipe kedua, kamu tidak perlu membalik telur. Saat kuning telur mulai menebal, langsung matikan api dan angkat ke piring saji.

2. Cara memasak telur rebus dengan sempurna

6 Cara dan Trik Memasak Telur dengan Sempurna, Dijamin Makin Lezatthekitchn.com

Membuat telur rebus mungkin terdengar sepele. Namun, ada cara supaya telur rebus matang sempurna dan lezat. Untuk memasak telur rebus sempurna, tempatkan telur ke dalam panci dan rendam dalam air dingin.

Kemudian, letakkan panci di atas api sedang dan didihkan. Setelah mendidih, tutup panci. Rebus selama delapan hingga sepuluh menit untuk matang sempurna.

Jika ingin setengah matang, kamu cukup memasak selama lima menit terhitung mulai dari kamu menutup panci.

3. Cara membuat poached egg

6 Cara dan Trik Memasak Telur dengan Sempurna, Dijamin Makin Lezatmashed.com

Poached egg merupakan cara memasak telur rebus tanpa kulit. Untuk membuat poached egg, kamu tidak boleh menggunakan air yang terlalu mendidih. Suhu yang disarankan berkisar 95 hingga 97 derajat Celsius.

Selain itu, telur yang digunakan harus benar-benar segar. Kalau tidak segar, kuning dan putih telur biasanya akan terpisah saat direbus.

Pertama, pecahkan telur ke dalam mangkuk kecil. Panaskan air hingga hampir mendidih dan tambahkan cuka sedikit demi sedikit hingga kamu bisa mencium aroma asam cuka dari uap air.

Setelah air hampir mendidih, aduk air perlahan secara memutar hingga membentuk seperti pusaran. Saat air masih memutar, segera masukkan telur.

Biarkan telur hingga 2 sampai 3 menit, lalu segera angkat menggunakan saringan. Untuk menetralisir rasa asam dari cuka, kamu bisa merendam telur yang sudah direbus ke dalam air dingin matang sebelum disajikan.

Baca Juga: 10 Olahan Telur yang Dijamin Bikin Kamu Makin Lapar, Sedap Abis!

4. Trik membuat telur orak-arik

6 Cara dan Trik Memasak Telur dengan Sempurna, Dijamin Makin Lezatseriouseats.com

Untuk membuat telur orak-arik sempurna dan lezat, kamu bisa menambahkan krim sebelum dimasak. Dimulai dari mengocok telur dengan krim, garam, dan merica di dalam mangkuk kecil.

Kocok hingga rata, kemudian tambahkan dua sendok makan mentega cair ke dalam campuran. Aduk kembali campuran telur secara perlahan hingga menyerupai dadih lembut. Setelah itu, kamu bisa menggoreng telur orak-arik seperti biasa.

5. Memasak telur dengan microwave

6 Cara dan Trik Memasak Telur dengan Sempurna, Dijamin Makin Lezatincredibleegg.org

Kamu juga bisa memasak telur menggunakan microwave. Siapkan ramekin atau cangkir tahan panas, kemudian semprot dengan semprotan memasak.

Taburkan sedikit garam ke dalam ramekin, lalu pecahkan telur ke dalam ramekin. Tusuk kuning dan putih telur beberapa kali menggunakan garpu. Kemudian, tutup ramekin menggunakan bungkus plastik antimicrowave.

Masukkan ramekin ke dalam microwave dan set pada suhu tinggi selama sekitar 50 detik. Angkat dan sisihkan sekitar 30 detik sebelum melepaskan bungkus plastik.

Jika telur terasa kurang matang, masukkan kembali ke dalam microwave dan panaskan dalam interval 10 detik sampai mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

6. Merebus telur dengan teh

6 Cara dan Trik Memasak Telur dengan Sempurna, Dijamin Makin Lezatsilkroaddiary.com

Telur teh merupakan salah satu makanan yang biasanya disajikan saat perayaan Imlek. Telur teh memiliki warna cokelat tua dengan aroma yang harum karena bercampur dengan wangi teh.

Kamu harus menyiapkan dulu beberapa telur rebus matang sempurna. Kamu bisa melihat caranya di poin nomor dua.

Remukkan kulit luar telur dengan punggung sendok, tapi jangan sampai mengelupas. Campur air, garam, kecap asin, air seduhan teh hitam, pekak, dan kayu manis, ke dalam panci, lalu aduk rata.

Masukkan telur, masak hingga mendidih dan air berkurang. Matikan api dan biarkan telur terendam dalam air rebusan hingga akan disajikan.

Nah, itulah beberapa cara dan trik memasak telur dengan sempurna. Kamu paling suka olahan yang mana, nih?

Baca Juga: 8 Perbedaan Telur Ayam vs. Telur Bebek, Kamu Tim Mana?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya