Comscore Tracker

4 Cara Packing Frozen Food yang Mudah dan Praktis, Beserta Tipsnya

Frozen food bisa jadi bisnis yang menjanjikan

Frozen food atau makanan beku belakangan ini semakin digandrungi banyak orang. Sebab, lebih simpel dan praktis, bisa dimasak kapan pun.

Frozen food juga dianggap bisa menjadi andalan bagi orang-orang yang jarang masak dan ingin tetap punya stok makanan yang banyak. Apalagi di masa pandemik seperti sekarang, banyak orang yang mulai mengurangi makan di luar.

Bagi kamu yang ingin membuka bisnis, frozen food tentu bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Hanya saja terkadang kita masih bingung bagaimana cara mengemas frozen food yang baik.

Nah, berikut IDN Times rangkum cara dan tips packing frozen food yang baik dan aman. Packing yang bagus bisa jadi salah satu kunci frozen food bisa tahan lama dan bebas terkontaminasi. Berikut ulasannya.

1. Proses memasak makanannya harus benar-benar bersih

4 Cara Packing Frozen Food yang Mudah dan Praktis, Beserta Tipsnyaepicurious.com

Salah satu tujuan pembuatan frozen food adalah supaya makanan bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, sejak awal pembuatan makanan harus benar-benar bersih dan steril.

Proses memasak yang gak bersih bisa membuat bakteri berkembang, sehingga makanan bisa cepat basi. Pastikan kamu membersihkan semua bahan baku dengan baik dan benar.

Selain itu, selalu gunakan bahan baku yang berkualitas. Kamu juga wajib membersihkan peralatan masak sebelum dan sesudah digunakan.

2. Menggunakan kemasan tertutup dan kedap udara

4 Cara Packing Frozen Food yang Mudah dan Praktis, Beserta Tipsnyanorlonto.net

Frozen food lazimnya selalu menggunakan kemasan tertutup dan kedap udara. Tujuannya untuk mencegah bakteri atau benda asing masuk ke dalam produk makanan, sehingga makanan bisa awet dan kualitasnya tetap terjaga.

Kamu bisa menggunakan plastik nylon kedap udara yang aman untuk produk konsumsi. Beberapa jenis plastik ini antara lain plastik PE (Poly Ethyle) dan HDPE (High Density Polyethylene).

Plastik PE biasa digunakan untuk mengemas minuman atau cairan. Sedangkan, plastik HDPE biasanya antipanas, fleksibel, dan punya kekuatan tinggi.

Baca Juga: 7 Resep Marinasi Ayam yang Juicy Abis, Bisa untuk Stok Frozen Food!

3. Cara membuat kemasan kedap udara

4 Cara Packing Frozen Food yang Mudah dan Praktis, Beserta Tipsnyayoutube.com/SmartLife

Cara membuat kemasan kedap udara juga gak sulit, kok. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, kamu bisa menggunakan alat vacuum sealer yang banyak dijual di pasaran. Cara ini tentu lebih mudah dan praktis.
  2. Kedua, bisa memanfaatkan air untuk membuat kemasan kedap udara.
  • Caranya, siapkan plastik zip lock dan wadah berisi air.
  • Masukkan bahan makanan ke dalam plastik zip lock, lalu rekatkan penutupnya, tetapi jangan sampai tertutup penuh.
  • Setelah itu, rendam dan tekan perlahan plastik dalam wadah berisi air, seketika udara dalam plastik akan keluar dan membuat vakum alami.
  • Segera rapatkan sisa seal yang masih terbuka agar air tidak ikut masuk ke dalam wadah plastik. Makanan pun siap dibekukan di dalam freezer.

4. Lapisi dengan bubble wrap

4 Cara Packing Frozen Food yang Mudah dan Praktis, Beserta Tipsnyashopee.com

Melapisi dengan bubble wrap bisa menjadi opsi tambahan jika kamu ingin mengirim frozen food  kepada orang lain, apalagi lokasinya di luar kota. Pastikan produk yang sudah dikemas dilapisi bubble wrap dengan baik sebelum masuk kardus atau kotak pengiriman.

Bubble wrap bisa mencegah bahan makanan rusak akibat benturan selama proses pengiriman. Alhasil, kualitas makanan tetap terjaga dan tetap tahan lama.

Nah, itulah cara packing frozen food yang mudah dilakukan. Semoga makananmu jadi lebih aman dan tahan lama ya.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Membuat Kebab Frozen yang Tahan Lama buat Camilan di Rumah 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya