Comscore Tracker

7 Tips Memilih Ikan Segar untuk Mendapatkan Cita Rasa Masakan Lezat

Siapa yang ingin masakannya tetap lezat?

Ikan menjadi salah satu pangan yang dijadikan pilihan oleh kebanyakan orang. Selain karena memiliki cita rasa yang lezat, kandungan gizi pada ikan juga sangat banyak. Untuk mendapatkan cita rasa masakan yang lezat, tentunya kita perlu memilih ikan yang segar.

Nah, bagaimana cara memperoleh ikan segar yang dijual di pasaran? Yuk, simak 7 tips di bawah ini!

1. Coba angkat dan pegang ikan tersebut

7 Tips Memilih Ikan Segar untuk Mendapatkan Cita Rasa Masakan Lezatpixabay.com/anaterate

Ikan segar biasanya masih kaku dan tidak lemas. Sementara ciri-ciri ikan yang kualitasnya sudah tidak baik akan tampak lemas.

2. Perhatikan kulitnya

7 Tips Memilih Ikan Segar untuk Mendapatkan Cita Rasa Masakan LezatYouTube.com/BUDI DMX

Kulit ikan segar terlihat cerah dan mengkilap serta tidak pucat. Ikan yang segar memiliki sedikit lendir pada kulitnya. Lendir ikan yang segar akan terlihat cemerlang, transparan, dan kompak.

3. Pegang sisiknya

7 Tips Memilih Ikan Segar untuk Mendapatkan Cita Rasa Masakan Lezatpixabay.com/MaxwellFury

Ikan segar umumnya mempunyai tampilan sisik yang masih lengkap, mengkilap, dan tidak mudah terlepas. Demikian juga sirip ikannya masih kuat. Lain halnya dengan ikan yang sudah tidak segar, sisiknya mudah rontok dan terlepas.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Aneh yang Jadi Menu Sashimi Favorit di Jepang

4. Lihat matanya

7 Tips Memilih Ikan Segar untuk Mendapatkan Cita Rasa Masakan Lezatpixabay.com/ulleo

Mata ikan juga dapat menjadi indikator dalam penentuan tingkat kesegaran ikan itu sendiri.

Layaknya kulit dan sisiknya, mata ikan yang masih segar akan jernih, mengilap dan tidak terbenam. Untuk kamu yang ingin membeli ikan, hindari membeli ikan yang matanya sudah buram karena hal itu menunjukkan bahwa ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

5. Tekan dagingnya

7 Tips Memilih Ikan Segar untuk Mendapatkan Cita Rasa Masakan Lezatpixabay.com/PublicDomainsPicture

Tekstur pada ikan segar biasanya akan sangat lentur, elastis, dan kenyal, sehingga otomatis saat kamu melepaskan tekanan, maka langsung kembali seperti semula. Sedangkan jika tekanan membekas pada daging ikan, maka ikan tersebut sudah tidak segar.

6. Periksa insangnya

7 Tips Memilih Ikan Segar untuk Mendapatkan Cita Rasa Masakan Lezatpixabay.com/2427999

Ikan yang masih segar atau baru ditangkap memiliki insang yang berwarna merah
menyala. Warna insang ikan sendiri menjadi lebih gelap seiring waktu. Ini diakibatkan mioglobin yang berada diinsang ikan tersebut telah beroksidasi menjadi metmioglobin.

Mioglobin sendiri mengandung pigmen berwarna merah yang sangat kuat. Ketika beroksidasi menjadi metmioglobin warnanya akan menjadi lebih gelap.

7. Cium aromanya

7 Tips Memilih Ikan Segar untuk Mendapatkan Cita Rasa Masakan Lezatfreepik.com/cookie_studio

Ikan yang segar sangatlah mencolok baik dari segi kondisi fisiknya dan aromanya. Untuk mendapatkan ikan yang terbaik, jangan ragu untuk mencium aroma si ikan.

Ikan yang segar memiliki aroma amis air laut dan segar. Beda halnya dengan ikan yang tidak segar. Umumnya ikan tidak segar memiliki aroma amis yang sedikit dan terasa asam. Ikan yang tidak segar akan mengeluarkan bau busuk. Jika aroma ikan tercium seperti betadine ataupun tercium bahan kimia, maka ikan tersebut mengandung formalin.

Sebagai pembeli ataupun pengonsumsi ikan, kamu harus paham dan teliti dalam memilih
ikan. Jangan sampai setelah di rumah, kamu baru sadar ikan yang dibeli ternyata tidak segar. Hal ini dapat mempengaruhi hasil masakan dan kondisi kesehatan. Oleh karena itu jangan lupa ikuti tips-tips di atas, ya!

Baca Juga: 6 Jenis Ikan ini Memiliki Kandungan Nutrisi Terbaik, Sudah Coba?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya