Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sunda

Mulai dari yang berkuah sampai khas bumbu kacang.

Masakan Sunda menjadi salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Sebab, makanan-makanan asal Jawa Barata itu memiliki ciri kesegaran bahannya dan sambal lalapnya. Kalau kamu bosan dengan menu sahur dan buka puasa yang itu-itu saja, kamu bisa coba  10 masakan khas Sunda ini.

1. Nasi timbel asal Pasundan.

Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sundakulinersehat.com

Nasi Timbel sama dengan nasi pada umumnya. Bedanya, nasi timbel dibungkus dengan daun pisang. Nasi yang digunakan pun jenis pulen. Biasanya Beras yang dipakai buat nasi timbel adalah jenis beras bagolo atau beras merah campuran.

2. Nasi tutug oncom dari Tasikmalaya.

Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sundaresepdanmasakan.com

Nasi yang dinanak dengan campuran oncom, bawang merah, dan kencur. Biasanya disajikan dengan krupuk, sambal terasi, dan teri asin. Mantap nih disajikan buat berbuka puasa!

3. Karedok asal Jawa Barat.

Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sundaduniainter.net

Karedok atau keredok adalah salah satu makanan khas Sunda. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan, sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

4. Soto mie dari Bogor.

Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sundafoody.id

Soto Mie adalah hidangan mi berkuah kaldu berbumbu yang lazim ditemukan di Indonesia, terutama di Bogor, Jawa Barat. Bahan utama soto mie Bogor adalah urat kaki sapi, babat, dan mi, ditambahi irisan risoles sederhana berisi sayur dan bihun, tomat, kol, kentang, dan seledri. Seger nih buat sahur atau berbuka puasa..!

5. Doclang, jajanan tradisional dari Bogor.

Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sundajajanpinggiran.co.id

Doclang merupakan makanan khas tradisional Bogor yang terbuat dari lontong dengan siraman bumbu kacang kental. Makanan yang umumnya disantap pada saat sarapan ini terdiri atas irisan lontong ukuran besar yang dibungkus daun patat, kentang, tahu, kerupuk, dan telur rebus. Berbagai bahan ini kemudian disiram bumbu kacang yang dicampur aneka macam rempah. Kemudian, bahan-bahan tersebut ditambah kecap secukupnya, dan sambal bagi yang suka pedas.

Baca juga: Sruuup... 5 Resep Hidangan Berkuah Praktis untuk Buka Puasa

6. Lotek, mirip gado-gado dari Jawa Barat.

Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sundabukuresep.net

Lotek adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang mudah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia. Sepintas lotek ini hampir mirip dengan Gado-gado, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel ataupun gado-gado.

7. Nasi liwet Sunda, paling enak pakai sambal terasi.

Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sundaresep.co.id

Cara masak nasi dalam tungku dengan nasi dibumbui sereh dan laos serta daun salam. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan ikan asin dan sambal terasi. Hidangan sederhana ini cocok menemani sahur dan buka puasa.

8. Pepes, segar sekali ditambah sayur asam.

Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sundaresepmasakanku.com

Cara membuatnya adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai dibalur atau dibalut bersama ikan mas yang sudah dibersihkan. Semua lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering.

9. Empal gentong, mirip gule, khas Cirebon.

Bosan dengan Menu Berbuka? Yuk, Cobain 10 Masakan Khas Sundaviva.co.id

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule), dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. 

Itu dia ragam masakan khas Sunda, kamu bisa mencobanya mulai hari ini ya. 

Baca juga: 7 Resep Unik Berbahan Nutella yang Cocok Buat Buka Puasa

Anis Junair Photo Community Writer Anis Junair

Dengan raga, aku bisa menulis. Dengan jiwa, aku jadi penulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You