Comscore Tracker

5 Tips agar Kue Buatanmu Tidak Bau Amis Telur, Gak Sulit Kok!

Bikin gak enek saat memakannya

Kue merupakan salah satu camilan yang disukai banyak orang. Meskipun disukai banyak orang, tapi tidak semua orang suka membuat kue. Aktivitas membuat kue memiliki tantangan tersendiri, khususnya bagi para pemula.

Salah satu masalah yang kerap ditemui saat membuat kue adalah kue yang berbau amis akibat penggunaan telur. Meskipun telur bisa membuat kue terasa makin sedap, namun bau amis bisa membuat kue jadi kurang menarik.

Jika kamu sedang mencari tips untuk menghilangkan bau amis telur pada kue, keep scrolling karena di sini akan dijelaskan beberapa tips mudah untuk mengatasi bau amis pada kue.

1. Tambahkan vanili pada adonan

5 Tips agar Kue Buatanmu Tidak Bau Amis Telur, Gak Sulit Kok!ilustrasi vanila (unsplash.com/Jocelyn Morales)

Menambahkan vanili ke dalam adonan kue bisa membuat aroma kue menjadi semakin menarik. Lebih dari itu, aroma vanili yang wangi juga mampu menyamarkan bahkan menghilangkan bau amis yang disebabkan oleh telur. Jadi, jangan pernah lupa menambahkan vanili tiap kali membuat kue karena perannya sangat penting.

Tapi, walaupun mampu menetralkan bau amis, bukan berarti kamu boleh menambahkan terlalu banyak vanili. Gunakan secukupnya saja karena apabila digunakan terlalu banyak, kue akan menjadi pahit.

2. Jangan menggunakan terlalu banyak telur

5 Tips agar Kue Buatanmu Tidak Bau Amis Telur, Gak Sulit Kok!ilustrasi adonan kue (pexels.com/Klaus Nielsen)

Salah satu alasan kue menjadi terlalu amis adalah karena menggunakan terlalu banyak telur. Untuk itu, sebisa mungkin gunakan sedikit saja telur untuk adonan, khususnya bagian kuning telur.

Bahkan, jika memungkinkan mengganti telur dengan bahan lain, sebaiknya ganti saja agar kue tidak terlalu amis. Beberapa bahan yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif pengganti telur untuk kue adalah pisang, apel, tahu sutera, yogurt, atau cuka dan baking soda.

Mengganti telur dengan bahan lain juga akan melatih kamu untuk terus berkreasi dan meningkatkan keterampilan membuat kue.

Baca Juga: Ini 5 Tips Sukses Bikin Kue Sarang Semut, Dijamin Berhasil! 

3. Tambahkan pandan

5 Tips agar Kue Buatanmu Tidak Bau Amis Telur, Gak Sulit Kok!ilustrasi pandan (pixabay.com/sarangib)

Pandan juga merupakan bahan lain yang biasa ditambahkan ke dalam resep kue. Daun pandan biasa digunakan sebagai pewarna hijau alami sekaligus menambah aroma harum pada kue.

Aroma pandan yang harum ternyata bisa menyamarkan bau amis dari telur. Tambahkan daun atau pasta pandan ke dalam adonan kue bolu atau kue lain yang memerlukan warna.

4. Tambahkan kayu manis

5 Tips agar Kue Buatanmu Tidak Bau Amis Telur, Gak Sulit Kok!ilustrasi kayu manis (Pixabay.com/ulleo)

Sama seperti vanili dan pandan, kamu juga bisa menggunakan kayu manis untuk mengatasi bau amis dari telur. Aroma wangi dan manis yang kuat dari kayu manis akan menetralisir bau amis.

Meskipun bisa menetralkan bau amis, kamu tidak boleh menggunakan kayu manis terlalu banyak karena bisa merusak rasa kue. Cukup gunakan maksimal satu sendok makan bubuk kayu manis.

5. Hanya gunakan telur yang masih segar

5 Tips agar Kue Buatanmu Tidak Bau Amis Telur, Gak Sulit Kok!ilustrasi telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Pastikan kamu hanya menggunakan telur yang masih segar untuk membuat kue agar gizinya terjaga dan kue tidak terlalu amis. Untuk mengetahui apakah telur masih segar, kamu bisa memasukkan telur ke dalam mangkuk berisi air. Jika telur tenggelam dengan posisi mendatar, artinya telur masih segar dan layak konsumsi. Apabila telur mengapung, berarti telur sudah busuk dan tidak layak dikonsumsi.

Sebaiknya kamu juga memecahkan telur di wadah lain atau jangan langsung dipecahkan di dalam adonan. Jika putih telur terlihat kental, lengket, dan tidak menyebar, artinya telur masih segar. Sedangkan, jika putih telur encer dan bening, artinya telur sudah tidak fresh.

Membuat kue tidak akan terasa sulit jika kamu tahu tipsnya. Dengan menerapkan tips ini, semoga kue buatanmu jadi makin wangi dan mantap.

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Saint Honore, Dessert Prancis dari Pastri dan Kue Sus

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya