Comscore Tracker

Resep Puding Lumut yang Lembut, Ide Takjil Buka Puasa Hari Ini

Perpaduan warna hijau dan putihnya bikin ngiler!

Sebelum menyantap makanan berat, banyak orang memilih menikmati takjil terlebih dahulu. Biasanya, takjil identik dengan rasa manis yang menyegarkan. Salah satu yang paling sering disajikan adalah puding.

Gak selalu rasa cokelat atau vanila, kamu bisa mencicipi puding enak lainnya, seperti puding lumut. Meski terdengar aneh, puding satu ini sangat populer berkat teksturnya yang lembut.

Terbuat dari campuran telur, santan, dan jus pandan, kamu bisa menjadikan puding lumut sebagai menu takjil hari ini. Gak perlu bingung, karena cara membuat puding berwarna hijau dan putih ini gampang, kok.

1. Bahan-bahan membuat puding lumut

Resep Puding Lumut yang Lembut, Ide Takjil Buka Puasa Hari Iniilustrasi santan (unsplash.com/engin akyurt)

Bahan utama:

  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 100 gram gula pasir
  • 125 ml santan kental
  • 100 ml jus pandan
  • 600 ml air putih
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • garam secukupnya

Bahan pusing susu:

  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 800 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdt garam

2. Rebus santan bersama bubuk agar-agar 

Resep Puding Lumut yang Lembut, Ide Takjil Buka Puasa Hari Iniilustrasi merebus (unsplash.com/uconrad)

Masukkan agar-agar bubuk, gula pasir, dan santan ke dalam panci. Letakkan di atas kompor, lalu panaskan dengan api kecil hingga mendidih. Aduk seluruh bahan tersebut hingga larut merata. Tambahkan jus pandan serta air putih dan aduk kembali.

Sembari merebus santan, kocok telur di dalam mangkuk menggunakan whisk. Ambil satu sendok makan adonan santan, lalu kocok bersama telur hingga merata. Jika sudah, tuang kocokan telur ke dalam rebusan santan.

Baca Juga: 5 Kreasi Puding Lumut sebagai Takjil Buka Puasa yang Spesial

3. Tuang adonan lumut ke dalam cetakan

Resep Puding Lumut yang Lembut, Ide Takjil Buka Puasa Hari Inipuding lumut (instagram.com/khas.linda)

Aduk adonan lumut menggunakan api sedang hingga matang. Pastikan kamu mengaduknya secara kasar agar tekstur lumutnya masih terlihat. Kalau sudah mendidih, matikan kompor dan diamkan sampai adonan tampak seperti lumut.

Selagi menunggu agak dingin, siapkan cetekan puding di atas meja. Tuang adonan lumut ke dalam masing-masing cetakan. Gak perlu sampai penuh, cukup 3/4 bagian, lalu diamkan kembali.

4. Saatnya membuat puding susu

Resep Puding Lumut yang Lembut, Ide Takjil Buka Puasa Hari Iniilustrasi mengaduk adonan puding (pexels.com/Karolina Grabowska)

Siapkan panci di atas kompor, lalu masukkan bubuk agar-agar, susu cair, gula pasir, dan sedikir garam ke dalamnya. Rebus semua bahan tadi sembari diaduk merata dengan api sedang. Tunggu sampai mendidih dan tercampur rata.

Setelah itu, tetaplah mengaduk adonan puding susu sampai benar-benar matang. Kamu bisa mencicipi rasanya terlebih dahulu sebelum matang. Kalau manisnya sudah sesuai selera, baru matikan kompor dan dinginkan sebentar.

5. Dinginkan puding lumut di dalam kulkas

Resep Puding Lumut yang Lembut, Ide Takjil Buka Puasa Hari Inipuding lumut (instagram.com/christabellenanetta)

Kalau adonan puding susu sudah sedikit dingin, tuang ke dalam cetakan berisi adonan lumut yang tadi sudah mengeras. Tuang sampai penuh, tetapi jangan meluber. Lakukan sampai semua adonan puding susu habis.

Selanjutnya, masukkan semua puding lumut ke dalam kulkas dan biarkan mengeras. Saat disajikan dalam keadaan dingin, puding lumut bakal lebih nikmat. Kemudian, sajikan puding lumut sebagai menu takjil.

Puding memang gak pernah salah ketika dijadikan menu takjil berbuka puasa. Kalau bosan dengan puding yang itu-itu saja, kamu wajib mencoba puding lumut. Praktikkan resep puding lumut ini sekarang juga, yuk!

Baca Juga: Resep Puding Lumut Mentega yang Lembut untuk Camilan di Rumah 

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya