Comscore Tracker

Mengenal Teknik Braising yang Bikin Tekstur Daging Lembut dan Empuk

Kalau masakan dagingmu sering alot, ini rahasianya!

Saat memasak, banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari alat masak, bahan-bahan yang dibutuhkan, hingga tekniknya. Meski sering diabaikan, teknik memasak sebetulnya dapat menciptakan rasa makanan yang sesuai dengan keinginan kita.

Nah, kali ini IDN Times akan mengulas tentang teknik memasak braising. Seperti apa teknik braising dalam memasak? Yuk, simak lebih lengkapnya di bawah ini!

Pengertian dan penggunaan teknik braising

Mengenal Teknik Braising yang Bikin Tekstur Daging Lembut dan Empukilustrasi rendang (tasteasianfood.com)

Menurut Cambridge Dictionary,  teknik memasak brasing adalah memasak makanan secara perlahan dalam wadah tertutup yang berisi lemak dan air.

Sedangkan, dalam sebuah buku berjudul Ilmu Boga Dasar Pengolahan Makanan Metode Dasar Memasak braising merupakan teknik mengolah makanan ketika bahan makanan yang dimasak dengan api kecil dalam wadah tertutup.

Secara umum dapat disimpulkan teknik braising merupakan cara mengolah bahan makanan dengan menggunakan api kecil dan wadah tertutup. Teknik memasak ini cocok diaplikasikan untuk memasak daging merah. Dijamin daging akan lebih empuk, lembut, dan bumbunya meresap sempurna. 

Banyak makanan khas Indonesia yang bisa diolah dengan teknik braising ini, seperti semur daging dan rendang. Keduanya berbahan dasar daging sapi dan dimasak dengan berbagai macam rempah. 

Itu dia pengertian dan contoh-contoh makanan yang bisa dibuat dengan teknik braising. Menurut kamu, olahan apa yang cocok dimasak dengan teknik braising? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya