Comscore Tracker

Resep Iga Sapi Bumbu Kecap Jahe, Empuk dan Meresap Sempurna!

Cocok untuk kamu yang masih punya sisa daging di rumah

Iga merupakan bagian dari sapi yang cukup banyak diburu orang. Iga sapi memiliki tekstur daging yang lezat dan cenderung tebal serta bisa diolah menjadi aneka makanan yang memanjakan lidah.

Salah satu menu iga sapi favorit yang dapat dipilih adalah iga sapi dengan bumbu kecap jahe. Sajian ini tentu perlu dimarinasi, sehingga lebih empuk dan bumbunya meresap dengan baik sebelum dipanggang.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Iga Sapi Bumbu Kecap Jahe, Empuk dan Meresap Sempurna!ilustrasi iga sapi (unsplash.com/jamesrkern)

Bahan-bahan:

  • 2 wadah soy sauce
  • 1 wadah gula
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 sdm bubuk cabai merah
  • 6 siung bawang putih cincang
  • 1 potong jahe kecil yang dikupas dan dipotong-potong
  • 4 potong iga sapi berukuran kecil
  • 1 sdm tepung jagung
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
  • 1 bawang merah yang diiris tipis

2. Membuat bumbu marinasi

Resep Iga Sapi Bumbu Kecap Jahe, Empuk dan Meresap Sempurna!ilustrasi saus marinasi (unsplash.com/alphabetania)

Proses pertama adalah membuat bumbu marinasinya terlebih dahulu. Proses ini dimulai dengan mempersiapkan wadah berukuran medium. Masukan soy sauce, gula, minyak, bubuk cabai, bawang putih, jahe, dan satu wadah air.

Semua bahan tersebut diaduk hingga larut di dalam wadah. Bumbu marinasi ini berguna untuk menghilangkan aroma amis pada iga sapi, membuat cita rasanya meresap, dan teksturnya lebih lembut.

Baca Juga: Resep Bakso Iga Sapi yang Lezat dan Bikin Ngiler

3. Melakukan marinasi iga hingga meresap bumbunya

Resep Iga Sapi Bumbu Kecap Jahe, Empuk dan Meresap Sempurna!ilustrasi memarinasi iga sapi (unsplash.com/bimmaws)

Setelah bumbu untuk marinasi telah selesai dibuat, kamu bisa langsung mencampurkannya pada iga sapi. Caranya adalah dengan mempersiapkan wadah khusus untuk meletakan iga sapi di dalamnya.

Tuangkan secara perlahan bumbu marinasi ke dalam wadah berisi iga sapi tersebut. Kamu dapat mencampurkannya hingga bumbu marinasi membalur sempurna pada seluruh bagian iga. Jika sudah, kamu dapat menutupnya dan mendinginkannya dalam lemari pendingin selama minimal 8 jam hingga 1 hari.

4. Memanggangnya hingga matang secara merata

Resep Iga Sapi Bumbu Kecap Jahe, Empuk dan Meresap Sempurna!ilustrasi memanggang iga (unsplash.com/luisalemanmx)

Proses selanjutnya adalah dengan memanggang iga sapi yang akan diolah. Proses ini dilakukan dua kali. Kali pertama dengan memanggangnya di dalam oven selama 1,5 hingga 2 jam. Langkah ini akan membuat iga sapi menjadi lebih empuk.

Jika sudah, maka kamu dapat memindahkannya pada wajan dan membalurnya kembali dengan sisa saus marinasi yang digunakan. Cara ini akan membuat bumbunya lebih menempel dengan baik pada iga.

5. Sajikan menu iga panggang selagi hangat

Resep Iga Sapi Bumbu Kecap Jahe, Empuk dan Meresap Sempurna!ilustrasi iga sapi panggang (unsplash.com/bogzilla)

Jika sudah menyelesaikan proses pemanggangan yang kedua, maka kamu dapat langsung menyajikannya. Proses penyajiannya dengan diletakan pada piring saji yang telah dipersiapkan.

Iga sapi ini tinggal kamu nikmati di rumah bersama keluarga. Tekstur iga sapi tentunya sangat lembut dan memiliki daging yang juicy.

Proses pengolahan iga sapi bumbu kecap jahe memang membutuhkan waktu yang tak sebentar. Hal tersebut untuk memastikan agar teksturnya lembut dan bumbu yang digunakan juga meresap sempurna.

Baca Juga: Resep Sop Iga Sapi yang Super Nikmat, Yakin Gak Tertarik?

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya