Comscore Tracker

5 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Biar tidak amis, begini caranya!

Ikan merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi beragam masakan lezat nan menggugah selera. Namun sayangnya, saat memasak ikan kita sering kali mendapati bau ikan yang sangat amis.

Untuk menghilangkan masalah bau ikan amis sendiri sangatlah mudah dan praktis. Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita untuk mengurangi bau amis pada ikan.

Berikut ini 5 bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

1. Air lemon

5 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bau Amis pada Ikanpexels.com/Lukas

Air perasan jeruk nipis adalah cara yang umum untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu, penggunaan air perasan jeruk nipis juga bisa menghapus lendir di ikan.

2. Air cuka

5 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bau Amis pada Ikanpixabay.com/Hans

Bahan alami selanjutnya untuk mengurangi bau amis pada ikan adalah air cuka. Siramkan air cuka secukupnya ke tubuh ikan. Diamkan kira-kira selama 20 menit. Cuci ikan hingga bersih sebelum dimasak.

Baca Juga: 7 Manfaat Sarden, Ikan yang Mudah Didapat dan Bergizi Tinggi

3. Jeruk purut

5 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bau Amis pada Ikanpixabay.com/congerdesign

Kita bisa memanfaatkan daun dan jeruk purut untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Remas-remas daun jeruk atau peras buah jeruk purut kemudian balurkan ke tubuh ikan. Diamkan selama beberapa menit kemudian cuci ikan hingga bersih. Masak ikan sesuai selera.

4. Apel

5 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bau Amis pada Ikanpixabay.com/pasja1000

Bahan alami keempat untuk mengurangi bau amis pada ikan adalah buah apel. Caranya, iris tipis-tipis buah apel kemudian masukkan ke dalam minyak atau air untuk memasak ikan. Buah apel dipercaya bisa menyerap bau ikan tanpa mengurangi kelezatan rasa ikan.

5. Jahe

5 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bau Amis pada Ikanpixabay.com/Ajale

Untuk mengurangi bau amis pada ikan, bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan adalah jahe. Saat memasak ikan, memarkan sedikit jahe kemudian masukkan ke dalam masakan ikan.

Selain mengurangi bau amis pada ikan, jahe juga bermanfaat membuat rasa masakan ikan terasa makin lezat dan nikmat.

Itulah kelima bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi atau menghilangkan bau amis pada ikan. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba!

Baca Juga: Bisa Mencerdaskan Otak, Ini 5 Manfaat Menyantap Ikan Mujair

Ika Photo Community Writer Ika

Don't give up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You