Comscore Tracker

Resep Singkong Tumis Belacan ala Eddy Siswanto, Enaknya Kebangetan 

Menu sederhana yang rasanya luar biasa 

Menu tumis daun singkong tentu sudah sering kita dengar. Lalu bagaimana kalau singkongnya sendiri yang ditumis? Ini baru beda daripada yang lain. Ya, kali ini kita akan mengulik resep dari Eddy Siswanto, finalis Master Chef season 6 yang akan mengolah singkong menjadi makanan yang super lezat.

Menurut chef asal Bangka ini, masakan dengan olahan singkong memiliki kenangan tersendiri bagi masa kecilnya. Nah, berikut ini resep singkong tumis belacan ala Chef Eddy Siswanto yang enaknya kebangetan.

1. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan 

Resep Singkong Tumis Belacan ala Eddy Siswanto, Enaknya Kebangetan bahan dan bumbu (youtube.com/Eddy Siswanto)

Bahan:

•  1 kg singkong
•  5 siung bawang merah
•  3 siung bawang putih
•  20 gram udang kering (ebi)
•  20 gram terasi
•  500 ml air

Bumbu:
•  10 gram kaldu rasa ayam
•  5 gram gula pasir
•  1/2 sdt lada bubuk

2. Kupas singkong 

Resep Singkong Tumis Belacan ala Eddy Siswanto, Enaknya Kebangetan mengupas singkong (youtube.com/Eddy Siswanto)

Jenis singkong yang dipilih Chef Eddy adalah singkong kuning atau singkong mentega. Warna kuningnya khas, teksurnya empuk, legit dan kenyal. Rasanya juga manis. Gak heran jika singkong ini sering diolah menjadi tape atau sekedar direbus sebagai camilan rumahan.

Langkah pertama kupas semua singkong. Lalu cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian, belah dua singkongnya. Buang sumbu di tengahnya. Lalu potong-potong dengan ukuran sesuai selera.

3. Tumis bawang dan terasi  

Resep Singkong Tumis Belacan ala Eddy Siswanto, Enaknya Kebangetan tumis bawang dan terasi (youtube.com/Eddy Siswanto)

Langkah selanjutnya, iris tipis bawang merah, geprek bawang putih, potong-potong dan geprek sedikit terasi agar tidak bergerindil ketika ditumis nanti.

Panaskan minyak. Tumis bawang merah hingga harum. Kemudian masukan bawang putih dan terasi. Bagi yang suka pedas, boleh masukkan cabai rawit.

Baca Juga: Resep Perkedel Singkong yang Lezat, Cocok untuk Lauk dan Camilan

4. Masak hingga singkong matang  

Resep Singkong Tumis Belacan ala Eddy Siswanto, Enaknya Kebangetan masak hingga singkong matang (youtube.com/Eddy Siswanto)

Bila aroma terasi sudah keluar, masukkan udang kering atau ebi. Tumis lagi sampai harum. Kemudian baru masukkan singkongnya.

Kata Chef Eddy, bisa ditambahkan sayuran jika kamu suka. Boleh daun katuk, bayam atau pun kangkung. Masukkan air. Bumbui dengan kaldu ayam, gula pasir, garam dan juga lada bubuk. Kemudian tutup panci hingga airnya sedikit menyusut, dan singkong menjadi matang sempurna.

5. Singkong tumis belacan siap disantap 

Resep Singkong Tumis Belacan ala Eddy Siswanto, Enaknya Kebangetan singkong tumis belacan siap disantap (YouTube.com/Eddy Siswanto)

Sesekali tes keempukkan singkong. Jangan lupa koreksi rasa juga, ya. Jika dirasa singkong sudah empuk, matikan kompornya. Sajikan dalam piring saji. Akhirnya, singkong tumis belacan siap disantap.

Nah, itu dia resep singkong tumis belacan ala Chef Eddy Siswanto. Sekilas penampakannya mirip seperti kolak, tapi rasanya gurih khas bumbu-bumbu belacan. Ada harum dari ebi dan terasinya yang menggugah selera. Buat pecinta singkong, kamu pasti bakal suka banget, deh. Dijamin lahap!

Baca Juga: Resep Kroket Singkong Isi Pepaya, Kreasi Camilan yang Nikmat

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya