Comscore Tracker

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas yang Empuk dan Gurih, Cobain!

Teksturnya garing di luar, tapi lembut di dalam

Lauk berbahan dasar ayam memang tidak ada matinya. Mulai dari direbus, dipepes, digoreng, dibakar, hingga dibuat gorengan tepung sekalipun semua olahan ayam terasa nikmat di lidah.

Kalau kamu sadar, ayam goreng saja jenisnya sudah beragam. Salah satu yang paling disukai adalah ayam goreng lengkuas. Paduan bumbu halus yang kaya rempah dan parutan lengkuasnya bikin kamu kalap makan.

Supaya gak makan olahan ayam yang itu-itu saja, berikut cara membuat ayam goreng lengkuas yang sedap dengan rempah melimpah. Aromanya saja sudah bikin ngiler!

1. Bahan membuat ayam goreng lengkuas

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas yang Empuk dan Gurih, Cobain!ilustrasi daging ayam (pexels.com/JÉSHOOTS)

Bahan-bahan:

  • 1 kg ayam
  • 100 gram lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 7 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 batang serai
  • 1 sendok makan ketumbar utuh 

2. Bersihkan daging ayam terlebih dahulu

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas yang Empuk dan Gurih, Cobain!ilustrasi daging ayam yang sudah dibersihkan (pixabay.com/manfredrichter)

Potong daging ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Kemudian, bersihkan dengan air yang mengalir sampai benar-benar tak menyisakan kotoran. Jika sudah, letakkan dalam wadah.

Setelah itu, kupas kulit lengkuas hingga bersih menggunakan pisau. Jika sudah, parut lengkuas hingga lembut dan menjadi beberapa lembaran kecil. Tak ketinggalan, memarkan serai hingga pipih.

3. Rebus daging ayam bersama bumbu halus

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas yang Empuk dan Gurih, Cobain!ilustrasi merebus daging ayam (pixabay.com/ChessireCat)

Masak air di panci rebusan hingga mendidih. Sambil menunggu, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan ketumbar hingga lembut.

Selanjutnya, masukkan bumbu halus tersebut ke dalam air yang sudah mendidih bersama daging ayam, daun salam, serai, garam, kaldu jamur, dan gula pasir. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Masak hingga airnya mendidih kembali dan menyusut, ya!

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Oseng Bawang, Aromanya Sukses Bikin Lapar! 

4. Goreng daging ayam bersama parutan lengkuas

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas yang Empuk dan Gurih, Cobain!ilustrasi menggoreng daging ayam lengkuas (pexels.com/cottonbro)

Jika airnya sudah menyusut, segera angkat ayam dan tiriskan. Angkat menggunakan saringan bumbu halus tadi, termasuk parutan jahe yang tercampur di dalamnya. 

Pastikan bumbu yang diangkat sudah tidak lagi mengandung air. Supaya maksimal, beri tekanan menggunakan sendok agar tidak ada air yang tersisa.

Setelah itu, goreng daging ayam bersama bumbu halus tersebut secara terpisah hingga berwarna kuning kecokelatan. Aduk sesekali agar matangnya merata dengan sempurna.

5. Sajikan ayam goreng lengkuas dengan nasi hangat

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas yang Empuk dan Gurih, Cobain!ayam goreng lengkuas (instagram.com/missye_mei)

Jika warnanya sudah berubah, langsung angkat dan tiriskan. Pindahkan ayam goreng ke dalam piring saji yang tersedia. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu.

Sekarang, ayam goreng lengkuas sudah siap disajikan sebagai lauk nasi spesial hari ini. Sajikan lauk nasi ini dengan sambal tomat supaya lebih nikmat. Selain itu, lalapan juga jangan sampai absen, ya!.

Hasil akhir ayam goreng lengkuas ternyata memang enak, gurih, dan empuk. Kenikmatan ayam goreng ini diperoleh dari ayam yang direbus bersama bumbu halus. Kemudian, ayam digoreng kembali bersama bumbu tersebut. Cita rasanya rempah banget, deh!

Baca Juga: 5 Resep Ayam Goreng Tepung, Terasa Gurih Krispy di Lidah

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya