Comscore Tracker

Meski Terlihat Mudah, Ini 5 Tips untuk Membuat Shiny Fudgy Brownies

Patut diperhatikan supaya browniesmu tidak gagal

Camilan yang satu ini tentu banyak digemari karena cita rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Untuk menikmatinya, kini telah banyak yang menjual baik secara online maupun di toko offline.

Jika kamu penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri, kamu bisa mengulik resepnya. Beraneka ragam resep shiny fudgy brownies bisa kamu temukan di internet, lho. Kamu pun harus rajin untuk melakukan trial supaya mendapatkan resep brownies yang sesuai dengan selera lidahmu.

Selain mencari tahu bahan-bahan dan step-step untuk membuat shiny fudgy brownies, kamu pun harus mengetahui tips dan trik supaya hasilnya dapat memuaskan. Berikut ini 5 tips yang dapat kamu pelajari sebelum mengeksekusi resep shiny fudgy brownies-mu.

1. Gunakan gula pasir yang dihaluskan

Meski Terlihat Mudah, Ini 5 Tips untuk Membuat Shiny Fudgy Browniestennessean.com

Gula menjadi salah satu bahan yang proporsinya cukup banyak digunakan dalam adonan brownies. Gula ini nantinya berperan penting dalam terbentuknya brownies yang nampak shiny. Untuk itu, kamu dapat menggunakan gula pasir yang dihaluskan dengan blender terlebih dahulu.

Mengapa bukan menggunakan gula halus atau icing sugar langsung? Hal tersebut karena pada komposisi gula halus atau icing sugar biasanya terdapat campuran pati jagung sehingga dapat menyebabkan crust brownies menjadi berkurang shiny-nya. 

Lalu, mengapa tidak menggunakan gula pasir secara langsung? Penggunaan gula pasir secara langsung sebetulnya dapat digunakan, namun hal itu menyebabkan proses mixing yang dilakukan menjadi lebih lama.

Selain gula pasir yang dihaluskan, kamu juga dapat menggunakan gula kastor. Gula kastor ini hampir serupa dengan gula halus, namun teksturnya masih sedikit berpasir atau kasar.

2. Ayak tepung terigu dan cokelat bubuk

Meski Terlihat Mudah, Ini 5 Tips untuk Membuat Shiny Fudgy Browniesepicurious.com

Sebelum melakukan mixing, ayak terlebih dahulu tepung terigu dan cokelat bubuk yang akan digunakan. Kamu dapat menimbang kedua bahan tersebut secara bersamaan dalam satu wadah, kemudian lakukan pengayakan.

Pengayakan dapat melepaskan granula-granula yang menggumpal pada tepung terigu maupun coklat bubuk. Hal ini dapat berfungsi supaya saat proses pengadukan antara tepung terigu dan coklat bubuk dengan bahan lainnya menjadi lebih mudah dan dapat tercampur lebih merata.

Pengayakkan komponen bahan kering tersebut juga berguna untuk membuat tekstur browniesmu menjadi light dan moist.

Baca Juga: Resep Brownies Panggang yang Lembut, Cokelatnya Lumer di Lidah

3. Hindari mencampur cokelat leleh dalam kondisi panas

Meski Terlihat Mudah, Ini 5 Tips untuk Membuat Shiny Fudgy Browniesmedicalnewstoday.com

Bahan utama dalam membuat shiny fudgy brownies tentunya adalah cokelat. Cokelat yang biasa digunakan adalah cokelat batangan. Kamu dapat menggunakan dark chocolate ataupun milk chocolate sesuai dengan selera. Bentuknya yang masih berupa batangan, mengharuskan kamu untuk melelehkan cokelat tersebut terlebih dahulu sebelum di mixing.

Namun, jangan langsung menuangkan cokelat leleh tadi ke dalam adonan ya. Hindari hal ini karena dapat menyebabkan adonan telur menjadi masak dan mengurangi kelembutan tekstur dari brownies-nya nanti.

4. Cukup menggunakan mixer berkecepatan rendah

Meski Terlihat Mudah, Ini 5 Tips untuk Membuat Shiny Fudgy Browniesjamieoliver.com

Dalam membuat shiny fudgy brownies, adonan tidak perlu di-mix terlalu lama. Kuncinya yang terpenting adalah adonan tercampur merata. Untuk itu, penggunaan mixer cukup dilakukan dengan kecepatan rendah saja. Selain dengan mixer, kamu juga dapat mengaduknya dengan menggunakan whisk.

Penggunaan mixer dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan campuran gula dan telur menjadi kaku. 

5. Diamkan adonan di loyang beberapa saat sebelum dipanggang

Meski Terlihat Mudah, Ini 5 Tips untuk Membuat Shiny Fudgy Browniesmeladycooks.com

Ketika adonan telah siap, tidak perlu terburu-buru untuk memasukkannya ke dalam oven. Selagi memanaskan oven, kamu dapat mendiamkan adonan tersebut sejenak di dalam loyang. Kurang lebih sekitar 10 hingga 15 menit. Hal ini bertujuan untuk memadukan rasa adonan supaya merata dan meresap keseluruh bagian.

Selain itu, dapat pula menjadikan bagian atas dari brownies-nya nanti dapat tampak lebih crispy dan shiny. Bahkan adapula beberapa resep yang menyarankan untuk mendiamkan adonan brownies tersebut ke dalam lemari pendingin.

Nah, setelah mengetahui tips-tips tersebut, kamu pun sudah siap untuk mulai mencoba resep shiny fudgy brownies-mu. Kamu pun akan puas dan bangga saat menyantapnya karena langsung dibuat oleh dirimu sendiri. Tentunya tidak kalah enak dengan yang dijual di pasaran. Semangat!

Baca Juga: Resep Brownies Enak ala Kris Jenner, Camilan Enak Favorit Keluarga

Nuraini Fathiarisa Photo Verified Writer Nuraini Fathiarisa

Looking for a job

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya