Comscore Tracker

Resep Mochi Cokelat Stroberi, Kombinasi Manis Asamnya Menggugah Selera

Tekstur kenyal dan perpaduan rasanya bikin ngunyah terus

Buah stroberi terkenal akan kandungan vitaminnya yang baik untuk tubuh. Tak hanya dimakan langsung, stroberi juga dapat diolah menjadi berbagai kudapan yang lezat. Salah satunya diolah menjadi kue mochi. Tekstur kenyal dari kue mochi serta kesegaran dari buah stroberi akan menjadi perpaduan yang memanjakan lidah.

Tak perlu beli, kamu bisa membuat kue mochi sendiri di rumah lho. Penasaran dengan cara membuatnya? Berikut resep mochi cokelat stroberi yang simpel dan praktis. Catat resep ini ya!

1. Persiapkan bahan-bahan yang akan digunakan 

Resep Mochi Cokelat Stroberi, Kombinasi Manis Asamnya Menggugah Selerailustrasi buah stroberi (pixabay.com/users/pezibear-526143)

Bahan isian:

  • Buah stroberi secukupnya
  • Cokelat putih secukupnya

Bahan adonan kue mochi:

  • 180 gram tepung ketan
  • 15 gram bubuk kakao
  • 50 gram gula pasir
  • 250 gram susu cair
  • 5 gram minyak sayur
  • Garam sejumput

2. Lumuri stroberi dengan cokelat putih 

Resep Mochi Cokelat Stroberi, Kombinasi Manis Asamnya Menggugah Selerailustrasi buah stroberi (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan buah stroberi secukupnya. Cuci dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian potong bagian atas buah stroberi. Setelah itu siapkan wadah dan lelehkan cokelat putih. Balurkan masing-masing stroberi dalam lelehan cokelat putih. Lalu masukkan stroberi ke dalam kulkas hingga cokelatnya mengeras.

Tipnya agar menghasilkan mochi cokelat stroberi yang nikmat, gunakan buah stroberi yang berukuran besar dan memiliki rasa yang manis.

Baca Juga: Resep Mochi Gulung Bunga Telang, Kue Mochi dengan Warna Biru Alami

3. Buat adonan kue mochi 

Resep Mochi Cokelat Stroberi, Kombinasi Manis Asamnya Menggugah Selerailustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan bahan dan panci kecil. Masukkan tepung ketan dan bubuk kakao ke dalam panci tersebut. Tambahkan dengan gula dan garam. Aduk merata dengan whisk. Lalu tambahkan juga dengan susu cair sesuai takaran. Aduk kembali hingga tidak ada adonan yang menggumpal. Terakhir, tambahkan minyak sayur ke dalam adonan.

Nyalakan kompor. Masak adonan dalam panci tersebut dengan api kecil. Masak adonan sambil terus diaduk dengan spatula. Setelah adonan menjadi lembut, matikan kompor dan angkat panci tersebut. Lalu tuang adonan ke dalam wadah dan dinginkan di suhu ruang.

4. Isi adonan kue mochi dengan stroberi 

Resep Mochi Cokelat Stroberi, Kombinasi Manis Asamnya Menggugah Selerailustrasi mochi (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan adonan mochi dan stoberi yang telah dibalur cokelat putih. Lalu taruh adonan mochi di atas wadah atau loyang yang telah ditaburi dengan bubuk kakao. Setelah adonan mochi terbalur dengan bubuk kakao, potong adonan tersebut menjadi bagian-bagian kecil yang sama besar.

Bentuk adonan tersebut menjadi bulat pipih. Beri isian dengan stroberi yang telah dibalur cokelat putih tadi. Kemudian bentuk adonan tersebut menjadi bulat. Pastikan isiannya telah tertutup adonan secara rapat. Lakukan langkah ini hingga semua adonan mochi habis.

5. Taburi kue mochi dengan bubuk kakao

Resep Mochi Cokelat Stroberi, Kombinasi Manis Asamnya Menggugah Seleramochi cokelat stroberi (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah semua adonan mochi diberi isian dan dibentuk bulat, taburi kembali bagian atasnya dengan bubuk kakao. Kemudian masukkan mochi tersebut ke dalam kulkas hingga mengeras. Setelah mengeras, keluarkan mochi dan sajikan mochi dipotong menjadi dua bagian. Mochi cokelat stroberi siap dinikmati.

Gimana? Cara membuatnya mudah ‘kan? Jika kamu punya stok stroberi banyak, yuk, langsung buat jadi mochi cokelat stroberi. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Tips Membuat Mochi yang Antigagal, Teksturnya Super Lembut!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya