Comscore Tracker

Cara Membuat Minyak Bawang Putih untuk Aneka Masakan

Ciptakan rasa gurih pada masakan

Suka menyantap hidangan gurih? Coba tambahkan minyak bawang pada masakanmu, deh. Perpaduan minyak dengan bawang putih ini akan membuat cita rasa makanan jauh lebih enak dan bikin nagih, lho!

Cara membuat minyak bawang cukup mudah dan praktis. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Simak dan ikuti resepnya di bawah ini, ya.

1. Siapkan bahan-bahan

Cara Membuat Minyak Bawang Putih untuk Aneka Masakanminyak bawang (pexels.com/ron lach)

Sebelum membuat minyak bawang, coba siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, ya. Gak perlu jauh-jauh ke pasar, kamu hanya membutuhkan empat siung bawang putih dan 120 mililiter minyak zaitun.

Jika gak punya minyak zaitun, kamu juga bisa menggantinya dengan jenis minyak lain, seperti minyak sayur dan minyak wijen.

2. Keprek bawang putih

Cara Membuat Minyak Bawang Putih untuk Aneka Masakanmemotong bawang putih (pexels.com/los muertos crew)

Cara membuat minyak bawang pertama adalah geprek bawang putihnya. Kamu bisa menggunakan garlic crusher atau pisau dengan cincangan halus. Setelah itu, panaskan teflon, tuang 120 mililiter minyak zaitun dan geprekan bawang putih, lalu aduk-aduk.

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Bawang Daun dan Bawang Prei

3. Tumis bawang putih dengan minyak zaitun

Cara Membuat Minyak Bawang Putih untuk Aneka Masakantumis bawang putih (yummy.co.id)

Tumis bawang putih dan minyak zaitun dengan api kecil selama tiga sampai lima menit. Masak sampai bawang putih hingga berubah warna dan sedikit garing. Aduklah sesekali supaya bawang tidak gosong. Bawang putih yang gosong akan membuat minyak bawang terasa pahit dan gak menarik.

4. Masukkan minyak bawang ke dalam stoples

Cara Membuat Minyak Bawang Putih untuk Aneka Masakanminyak bawang (pexels.com/cottonbro)

Apabila minyak bawang sudah matang, matikan kompor, lalu tuang ke dalam stoples kaca. Tunggu hingga minyak benar-benar dingin, baru tutup stoples rapat-rapat. Ini dilakukan untuk mencegah timbulnya air yang bisa mengubah cita rasa minyak bawang. 

Kalau kamu gak ingin ada campuran bawang dalam minyak, gunakan saringan saat menuang minyak ke dalam stoples. Namun, campuran minyak ini justru rasa membuatnya lebih gurih dan enak.

5. Simpan minyak bawang dalam kulkas

Cara Membuat Minyak Bawang Putih untuk Aneka Masakanilustrasi minyak dalam kulkas (pexels.com/erik mclean)

Pada tahap ini minyak bawang sudah bisa digunakan. Atau, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk menghindari perubahan rasa. Sering-seringlah kocok stoples agar paduan cita rasa bawang dan minyak lebih tercampur. 

Umumnya, minyak bawang dapat tahan dua minggu sampai satu bulan di dalam kulkas. Sebagai catatan, hindari menyimpannya pada suhu ruang, karena dapat menyebabkan keracunan. Ada baiknya simpan minyak bawang di dalam freezer, karena minyak dapat awet hingga satu tahun.

Nah, itulah cara membuat minyak bawang putih yang mudah dan praktis. Minyak ini bisa dipakai untuk menambah cita rasa masakan, lho! Dijamin hidanganmu akan lebih enak dan bikin nagih.

Masih banyak menu lezat yang bisa kamu coba di rumah, cek resepnya  hanya di IDN Times, ya!

yummy-banner

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya