Comscore Tracker

Resep Nasi Tumpeng Mini yang Pulen untuk Berbagai Perayaan

Sajikan dengan lauk lengkap

Nasi tumpeng kerap tersaji pada perayaan hari spesial, termasuk Hari Kemerdekaan. Hidangan ini menjadi simbol keagungan dan kesejahteraan.

Sajian nasi tumpeng sendiri berupa tumpukan nasi yang disusun dengan aneka lauk di sampingnya. Ukurannya sebetulnya cenderung besar. Namun, kini, terdapat variasi unik dalam menyajikan nasi tumpeng, yakni nasi tumpeng mini.

Nasi tumpeng mini kerap dipilih karena cara membuatnya yang praktis. Selain itu tampilannya pun terbilang unik dan mungil, sehingga bisa untuk hantaran. Nah, jika tertarik membuatnya, simak resep nasi tumpeng mini berikut. 

1. Siapkan bahan membuat nasi tumpeng mini

Resep Nasi Tumpeng Mini yang Pulen untuk Berbagai Perayaanilustrasi bahan-bahan nasi tumpeng mini (Instagram.com/dwellbymichelle)

Nasi tumpeng bisa dibuat dalam berbagai varian. Salah satunya nasi kuning, seperti dalam resep ini. Jika ingin mencoba variasi lain, kamu bisa membuat nasi biru dari bunga telang.

Nah, langkah awal membuat nasi tumpeng mini adalah menyiapkan bahan-bahannya. Bahan yang digunakan pun mudah ditemukan di pasar terdekat. Yuk, catat bahan lengkapnya di bawah ini!

  • 300 gram beras, cuci bersih dan tiriskan
  • 350 ml santan kelapa
  • 1 sdm air kunyit 
  • 1 batang serai, keprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sdt garam

2. Masak bumbu nasi tumpeng mini

Resep Nasi Tumpeng Mini yang Pulen untuk Berbagai Perayaanilustrasi bumbu kuning yang dihaluskan (littlespicejar.com)

Mulanya, haluskan semua bumbu, lalu siapkan panci untuk memasaknya. Masukkan santan, air kunyit, serai, garam, dan daun salam, lalu aduk. Masak hingga bumbu matang.

Saat memasak, gunakan api sedang cenderung kecil, supaya bumbu gak gosong. Sebab, jika gosong rasanya gak enak, menjadi pahit.

Baca Juga: 10 Tips Masak Nasi Kuning yang Sedap, Aromanya Bikin Lapar!

3. Tambahkan beras lalu masak kembali

Resep Nasi Tumpeng Mini yang Pulen untuk Berbagai Perayaanilustrasi memasak kuah santan (thespruceeats.com)

Jika santan sudah mendidih, kemudian masukkan beras yang telah dicuci. Masak lagi sampai santan terserap oleh beras, sehingga menjadi nasi aron. Nah, supaya lebih nikmat, tambahkan pula sedikit air jeruk nipis, lalu aduk-aduk.

4. Kukus nasi kuning aron

Resep Nasi Tumpeng Mini yang Pulen untuk Berbagai Perayaanilustrasi nasi kuning (instagram.com/ambunanet)

Panaskan dandang, lalu kukus nasi kuning aron hingga matang dan tanak. Kemudian, angkat nasi, masukkan pada cetakan tumpeng mini. Untuk mendapatkan hasil yang cantik dan gak ambyar, padatkan nasi tersebut sambil sedikit ditekan. Selanjutnya, letakkan di atas piring saja.

5. Sajikan dengan aneka lauk

Resep Nasi Tumpeng Mini yang Pulen untuk Berbagai Perayaanilustrasi menikmati nasi tumpeng bersama-sama (instagram.com/brotherhud_bali)

Setelah nasi siap, tata aneka lauk di sampingnya. Lauk nasi tumpeng sangat beragam. Ada orek tempe, telur dadar, telur balado, ayam goreng, mi goreng, hingga sayuran segar untuk pelengkap. 

Nah, itulah kreasi nasi tumpeng mini yang bisa dibuat saat merayakan Hari Kemerdekaan. Nasi tumpeng ini juga bisa disajikan untuk ulang tahun dan acara spesial lainnya.

Jika masih bingung memasak lauk nasi tumpeng, yuk, cek resepnya di IDN Times! Temukan pula tempat makan enak yang bisa dikunjungi saat hari libur.

Baca Juga: 5 Resep Sambal Goreng Udang, Teman Lauk Nasi Paling Endeus

yummy-banner

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya