Comscore Tracker

5 Tips Memasak Bihun Supaya Tak Mudah Hancur, Praktis Banget!

Ternyata gampang banget, lho

Memasak bihun lebih rumit daripada mie kuning. Pasalnya, bihun memiliki tekstur yang lebih lembut sehingga rentan lembek bahkan hancur jika tak diolah dengan proses memasak yang tepat. Alhasil, hidangan bihun pun dapat gagal total.

Nah, ikuti saja tips berikut supaya sajian bihun kamu menjadi sedap disantap dan juga dilihat.

1. Pilihlah bihun yang berkualitas

5 Tips Memasak Bihun Supaya Tak Mudah Hancur, Praktis Banget!health.com

Pada bihun kemasan, perhatikanlah tanggal kedaluwarsa  pada bungkusnya. Sedangkan, untuk bihun eceran, amatilah warna bihun, lalu pilih bihun berwarna putih agak kusam (untuk bihun beras) dan berwarna agak kekuningan (untuk bihun jagung).

Nah, kedua jenis bihun ini memiliki keunggulan tersendiri lho. Misalnya, bihun jagung lebih tak rentan putus sedangkan bihun beras bertekstur lebih empuk. 

3. Rendamlah bihun dalam air dingin

5 Tips Memasak Bihun Supaya Tak Mudah Hancur, Praktis Banget!thespruceeats.com

Walaupun menghabiskan waktu yang lebih lama, namun merendam bihun dalam air dingin dibandingkan air hangat atau panas akan membuat tekstur bihun menjadi lebih kenyal dan tak mudah hancur. Terutama untuk bihun yang akan digoreng atau ditumis. Eits, jangan merendamnya lebih dari lima menit supaya tak malah terlalu lembek, ya.

Baca Juga: Murah Meriah, Ini 5 Olahan Bihun yang Cocok Dimasak untuk Sahur

3. Tambahkanlah minyak wijen

5 Tips Memasak Bihun Supaya Tak Mudah Hancur, Praktis Banget!epicurious.com

Tiriskan bihun setelah direndam, lalu beri tambahkan minyak wijen pada bihun tersebut sembari diaduk perlahan. Pemberian minyak wijen bertujuan supaya bihun tak saling menempel. Jangan khawatir apabila masih ada yang menempel, sebab bihun tersebut akan saling lepas saat proses memasak kok.

4. Hindarilah mengaduk bihun terlalu sering

5 Tips Memasak Bihun Supaya Tak Mudah Hancur, Praktis Banget!akshathiexports.com

Terlalu sering mengaduk bihun akan membuatnya rentan hancur. Untuk menyiasatinya, aduk saja ketika akan menambahkan bumbu-bumbu. Lakukan dengan hati-hati dan gesit hingga semuanya tercampur merata.

5. Gunakanlah api sedang

5 Tips Memasak Bihun Supaya Tak Mudah Hancur, Praktis Banget!runawayrice.com

Saat menggoreng ataupun menumis bihun, pakailah api sedang selama proses memasak. Hal ini bertujuan supaya bihun tak malah overcooked. Nah, sesekali cobalah mencicipi bihun tersebut untuk menakar cita rasanya, ya.

Itulah cara memasak bihun agar tidak terlalu lembek. Selamat mencoba!

Baca Juga: Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya