Comscore Tracker

7 Kiat Proses Penyimpanan Telur Rebus, Jangan Disepelekan!

#PanjatPoin Telur rebus yang lama masih bisa dikonsumsi kok

Telur rebus merupakan satu dari sekian olahan telur yang kerap disajikan. Walaupun proses memasaknya terbilang sangat praktis, namun telur rebus pun tak kalah sedap dibandingkan kreasi telur lainnya. Sayangnya, terkadang penyimpanan telur rebus malah keliru sehingga telur rebus pun rentan busuk. Nah, inilah beberapa kiat untuk mengatasi hal tersebut!

1. Sebaiknya, konsumsilah telur rebus dalam waktu 24 jam pasca dimasak

7 Kiat Proses Penyimpanan Telur Rebus, Jangan Disepelekan!courtneyssweets.com

Jangan biarkan telur rebus berada terlalu lama pada suhu ruangan. Pasalnya, kualitas telur rebus memang lebih rentan menurun dibandingkan telur yang masih mentah. Imbasnya, telur rebus dapat membusuk lebih cepat. Oleh sebab itu, santaplah telur rebus tersebut dalam waktu 24 jam pasca dimasak.

2. Tunggu sekitar 2 jam pasca telur rebus itu matang, lalu simpan di dalam kulkas

7 Kiat Proses Penyimpanan Telur Rebus, Jangan Disepelekan!purina.com

Namun, apabila kuantitas telur rebus tersebut memang berlebih ataupun memang hendak disimpan, maka tunggulah sekitar 2 jam sejak telur rebus itu matang alias ketika suhu telur rebus sudah tak lagi panas. Selanjutnya, masukkan ke dalam kulkas.

3. Walaupun disimpan dalam kulkas, sebaiknya konsumsi telur rebus dalam rentang 6 hari pasca dimasak

7 Kiat Proses Penyimpanan Telur Rebus, Jangan Disepelekan!kristineskitchenblog.com

Selain itu, lama durasi penyimpanan di dalam kulkas pun sebaiknya tak lebih dari 6 hari. Sebab, kesegaran dan kualitas telur rebus akan terus menurun setiap harinya. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi telur rebus tersebut dalam rentang waktu 6 hari pasca dimasak.

Baca Juga: Resep Membuat Nasi Telur Kekinian, Cuma Butuh Rp10 Ribuan!

4. Jika menyimpan telur rebus tanpa cangkang, maka tempatkan di wadah kedap udara, lapisi bagian atas telur rebus dengan tisu yang dibasahi air matang

7 Kiat Proses Penyimpanan Telur Rebus, Jangan Disepelekan!seriouseats.com

Jika menyimpan telur rebus tanpa cangkang, maka kupaslah kulitnya pasca direbus. Sediakan wadah kedap udara, letakkan telur rebus pada wadah itu, lalu lapisi bagian atas telur rebus dengan tisu yang dibasahi air matang guna menjaga kelembaban, lalu tutup wadah tersebut. Pastikan untuk rutin mengganti tisu tersebut setiap hari. 

5. Alternatif lain, rendam telur rebus dalam air matang secukupnya sesuai banyak telur, lalu simpan dalam kulkas

7 Kiat Proses Penyimpanan Telur Rebus, Jangan Disepelekan!simplyrecipes.com

Alternatif lainnya, rendamlah telur rebus yang sudah dikupas tersebut di dalam air matang berjumlah secukupnya (sesuaikan dengan banyak telur). Kemudian, masukkan ke dalam kulkas. Teraturlah untuk mengganti air rendaman setiap hari agar telur tak malah terkontaminasi mikroba sehingga malah cepat membusuk.

6. Jangan simpan telur rebus di rak pada pintu kulkas, dan jauhkan dari makanan berbau tajam

7 Kiat Proses Penyimpanan Telur Rebus, Jangan Disepelekan!kitchentreaty.com

Saat menyimpan di dalam kulkas, jangan meletakkan telur rebus pada rak di pintu kulkas. Sebab, kegiatan buka-tutup pada pintu kulkas rupanya mengakibatkan suhu di area itu tak konsisten sehingga telur rebus pun lebih rentan membusuk. Selain itu, jauhkan telur rebus dari bahan makanan beraroma tajam karena dapat diserap oleh telur rebus. Imbasnya, citarasa dan aroma telur rebus tentu tak lagi khas.

7. Saat akan dikonsumsi, pastikan untuk memeriksa ulang kondisi telur rebus pasca disimpan

7 Kiat Proses Penyimpanan Telur Rebus, Jangan Disepelekan!againstallgrain.com

Saat akan dikonsumsi pasca disimpan, pastikan untuk selalu memeriksa ulang kondisi telur rebus tersebut. Mulai dari perubahan citarasa, aroma, warna, serta teksturnya. Telur rebus yang sudah tak layak konsumsi memiliki ciri seperti beraroma sulfur yang pekat, berlendir atau berair, lembek, hingga kuning telur berwarna kecokelatan.

Semoga tips di atas dapat membantu, dan selamat mempraktikkan, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Membuat Telur Orak-arik, Rasanya Jadi Kurang Nikmat

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You