Comscore Tracker

5 Tips Memotong Daging Sapi yang Tepat, Cita Rasa Makanan Maksimal

Gak susah kok kalau sesuai caranya

Mengolah daging sapi memang menjadi tantangan tersendiri karena terkadang teksturnya yang padat dan aromanya yang juga sedikit amis. Tak heran bila memang proses pengolahannya pun haruslah sesuai agar hasilnya maksimal. Oleh sebab itu, kamu harus tahu bagaimana teknik memotong daging sapi yang tepat.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja teknik memotong daging sapi yang tepat, berikut lima daftarnya.

1. Pastikan pisaumu tajam

5 Tips Memotong Daging Sapi yang Tepat, Cita Rasa Makanan Maksimalkataba.co.uk

Memotong daging dengan menggunakan pisau tumpul memang sangatlah menyebalkan dan terlalu mengambil waktu lama. Oleh sebab itu, kamu perlu mempersiapkan pisau yang tajam sebelum memotongnya. Bila perlu, asahlah pisau agar hasilnya semakin maksimal.

2. Mulailah dengan membersihkan bagian lemak

5 Tips Memotong Daging Sapi yang Tepat, Cita Rasa Makanan Maksimalseriouseats.com

Kadang kala memang penyebab daging menjadi alot adalah karena lemak bertekstur keras pada bagian permukaan daging. Oleh sebab itu, kamu dapat membersihkan bagian tersebut agar nantinya tekstur daging pun menjadi empuk.

Namun, agar lebih memudahkan dalam menghilangkan lemak, kamu dapat menyimpan daging terlebih dahulu di freezer sebelum akhirnya dibersihkan lemaknya.

Baca Juga: 6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipu

3. Memotong ke arah berlawanan dengan serat

5 Tips Memotong Daging Sapi yang Tepat, Cita Rasa Makanan Maksimalrachaelrayshow.com

Serat pada daging memang cukup membuat teksturnya keras. Oleh sebab itu, kamu dapat memulainya dengan cara memotong daging secara berlawanan dengan arah serat. Cara ini berfungsi agar nantinya serat daging menjadi lebih pendek dan teksturnya pun lebih lembut.

4. Memotong searah dengan serat

5 Tips Memotong Daging Sapi yang Tepat, Cita Rasa Makanan Maksimalinsider.com

Meskipun memang paling enak mengonsumsi daging yang lembut, namun pada beberapa jenis olahan seperti dendeng dan rendang, daging sapi dipotong searah dengan serat. Jika memilih teknik demikian, maka pastikan kamu telah mengolahnya dalam waktu yang cukup lama. Dengan begitu, maka daging menjadi lebih lembut dan meresap bumbunya.

5. Mengiris daging tipis-tipis

5 Tips Memotong Daging Sapi yang Tepat, Cita Rasa Makanan Maksimalthriftyfun.com

Teknik selanjutnya yang dapat kamu pilih adalah dengan mengiris daging dengan irisan tipis-tipis. Untuk memudahkanmu dalam melakukannya, kamu dapat memasukan daging ke dalam freezer terlebih dahulu sebelum mengiris-irisnya. Sudah tentu teknik ini memerlukan pisau yang super tajam.

Nah, itulah beberapa teknik memotong daging sapi yang tepat. Sangat mudah, bukan?

Baca Juga: 6 Olahan Daging Sapi yang Lezat dan Tahan Lama, Yuk Bikin!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya