Comscore Tracker

5 Jenis Saus untuk Dressing Salad, Semakin Membuatmu Ketagihan!

Dari cita rasa internasional sampai dengan kearifan lokal

Siapa yang tidak mengenal salad? Rasanya hampir orang-orang di seluruh dunia telah mengenal makanan yang terkenal sehat dengan berbagai komposisi segar pada umumnya, seperti sayuran atau pun buah-buahan di dalamnya.

Jika mencicipi salad tentu tidak lengkap bila menyantapnya mentah-mentah tanpa tambahan bahan lainnya. Biasanya salad segar akan diberikan tambahan saus dressing yang membuat hidangan ini menjadi lebih lezat. 

Untuk kamu yang gemar mengonsumsi salad, kamu dapat memilih beberapa jenis saus dressing yang dapat disesuaikan dengan seleramu masing-masing. Berikut daftarnya! 

1. Thousand island

5 Jenis Saus untuk Dressing Salad, Semakin Membuatmu Ketagihan!simplyrecipes.com

Jenis saus dressing yang berasal dari New York ini dapat menjadi ide terbaik untukmu dalam menikmati salad segar. Konsistensinya yang agak kental dengan warnanya yang menarik memang membuat thousand island layak menjadi ide saus terbaik.

Saus ini merupakan perpaduan antara mayones dan saus tomat. Tentu bisa dibayangkan cita rasa creamy khas mayones akan berpadu dengan segarnya rasa dari saus tomat. 

2. Honey mustard

5 Jenis Saus untuk Dressing Salad, Semakin Membuatmu Ketagihan!inspiredtaste.net

Bila kamu ingin merasakan sensasi tak biasa dari mencicipi salad segar, cobalah dengan mengombinasikannya dengan saus dressing yang satu ini. Honey mustard mampu memberikanmu cita rasa yang unik dengan perpaduan bahan seperti mustard, minyak zaitun, dan tentunya madu.

Cita rasa manis yang berpadu dengan sedikit rasa pedas akan membuat saladmu terasa lebih nikmat ketika dicicipi. 

Baca Juga: 10 Kombinasi Buah yang Bikin Salad Buah Jadi Makin Nikmat dan Segar

3. Ranch dressing

5 Jenis Saus untuk Dressing Salad, Semakin Membuatmu Ketagihan!paleoglutenfree.com

Jenis saus dressing yang satu ini hadir dari Kanada sebagai salah satu inspirasi untuk menikmati salad dengan rasa terbaik. 

Ranch dressing dapat dikatakan saus dengan cita rasa unik dan fungsi yang beragam sebab dapat digunakan pula sebagai saus untuk tacos. Saus dengan cita rasa pedas, gurih, namun sedikit asam ini memiliki konsistensi yang lebih kental sehingga akan terasa sangat cocok ketika dikombinasikan dengan salad segar. 

4. Blue cheese

5 Jenis Saus untuk Dressing Salad, Semakin Membuatmu Ketagihan!dinnerthendessert.com

Mungkin jenis saus dressing yang satu ini dapat dikatakan cukup populer sebab kegunaannya yang juga dapat menjadi saus cocol untuk ayam atau kentang goreng.

Saus yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki keunikan dari segi rasa, yaitu lebih asam dengan konsistensi yang kental. Tidak seperti namanya, saus dressing ini berwarna putih segar. 

5. Asian peanut

5 Jenis Saus untuk Dressing Salad, Semakin Membuatmu Ketagihan!thespruceeats.com

Tidak seperti kebanyakan saus dressing untuk salad yang banyak melibatkan mayones di dalamnya, justru berbeda dengan yang satu ini. Asian peanut cenderung lebih berani dengan menggunakan bahan-bahan yang unik dan tak biasa.

Saus kegemaran orang Asia ini memiliki rasa yang gurih, sedikit pedas, dan khas dengan komposisi kacang di dalamnya. Di lain sisi, saus ini cocok sebagai bahan tambahan untuk gado-gado, sate, dan lain sebagainya. 

Nah, beberapa jenis saus dressing di atas dapat menjadi ide untukmu yang tertarik dalam menikmati salad dengan cita rasa yang maksimal. Tertarik mencoba yang mana? 

Baca Juga: Resep Membuat Salad Salmon yang Enak dan Menggugah Selera

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya