Comscore Tracker

Resep Bubur Jagung Manis, Menu Sarapan yang Enak dan Sehat

Bahannya gak terlalu banyak dan simpel

Jagung menjadi sumber karbohidrat yang mudah diolah menjadi berbagai macam makanan lezat. Salah satu olahan jagung paling favorit adalah bubur. Makanan satu ini sangat enak disantap sebagai sarapan karena bergizi dan mengenyangkan. 

Membuat bubur jagung manis cukup simpel dan tidak butuh banyak bahan. Bisa banget dibuat di pagi hari sebelum berangkat kerja dan disantap dalam keadaan hangat.

Bikin perut hangat dan nyaman, berikut resep bubur jagung manis yang bisa kamu jadikan menu sarapan. Dijamin enak dan menyehatkan, deh!

1. Siapkan bahan-bahan membuat bubur jagung

Resep Bubur Jagung Manis, Menu Sarapan yang Enak dan SehatJagung manis (Instagram.com/ehmjasuke)

Bahan-bahan:

  • 3 buah jagung manis
  • 1 bungkus santan instan, larutkan dengan air
  • 1 bungkus kental manis 
  • 3 sendok makan gulai pasir
  • 2 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air 
  • 1 lembar daun pandan
  • sejumput garam

2. Pipil jagung dan haluskan menggunakan blender

Resep Bubur Jagung Manis, Menu Sarapan yang Enak dan SehatJagung manis (Instagram.com/cikanis_fea)

Kupas kulit dan pipili jagung sampai bersih. Cuci jagung yang sudah pipil dengan air bersih. Apabila ingin lebih praktis dan cepat, sisir jagung menggunakan pisau. Namun, lebih disarankan untuk dipipili agar teksturnya lebih terasa.

Selanjutnya, siapkan blender untuk menghaluskan jagung. Masukkan jagung, beri sedikit air agar lebih memudahkan proses memblender. Haluskan jagung sampai lembut, lalu sisihkan sebentar.

3. Masak santan dengan api sedang

Resep Bubur Jagung Manis, Menu Sarapan yang Enak dan SehatMerebus santan (Instagram.com/dapursistanana)

Sembari menghaluskan jagung, kamu bisa menyiapkan kuah santannya. Siapkan panci, lalu masukkan santan, daun pandan, dan garam. Aduk sebentar sampai larut, lalu masak dengan api sedang cenderung kecil.

Saat memasak santan, jangan lupa diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak santan sampai mulai mendidih. Kemudian, tambahkan jagung pipil yang masih utuh ke dalam rebusan santan.

Baca Juga: 5 Trivia Bubur Ase, Bubur Istimewa nan Langka dari Tanah Betawi

4. Tambahkan jagung halus dan gula pasir

Resep Bubur Jagung Manis, Menu Sarapan yang Enak dan SehatMemasak bubur jagung (Instagram.com/azizahnasir)

Setelah kuah santan mendidih dan jagung pipil utuh sudah ditambahkan, masukkan jagung yang sudah dihaluskan. Tambahkan juga gula pasir sesuai selera. Kemudian, aduk-aduk agar jagung halus menyatu dengan kuah santan.

Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk agar tidak menggumpal. Apabila jagung dirasa sudah matang, kecilkan api kompor. Tambahkan kental manis secukupnya dan aduk kembali agar tercampur rata.

5. Masak bubur jagung manis hingga mengental

Resep Bubur Jagung Manis, Menu Sarapan yang Enak dan SehatBubur jagung (Instagram.com/christabellenanetta)

Tambahkan larutan tepung maizena sebagai pengental bubur. Aduk agar menyatu dengan bubur jagung. Apabila tidak suka dengan bubur jagung yang kental, langkah ini bisa kamu lewati saja, ya.

Setelah itu, masak kembali bubur sampai mengental. Pastikan sering diaduk agar bubur tidak lengket di permukaan panci. Koreksi rasanya dan matikan kompor. Bubur jagung manis siap disajikan dengan diberi taburan keju parut di atasnya, deh!

Bubur jagung manis yang hangat ini sangat cocok disantap di pagi hari sebelum beraktivitas. Cara buatnya mudah, kan? Yuk, praktikkan di rumah untuk menu sarapan.

Baca Juga: 5 Macam Bubur Santan yang Sukses Pikat Semua Kalangan

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya