Comscore Tracker

Kenali 4 Jenis Bentuk Tubuh Manusia Berikut & Pengaruhnya ke Kesehatan

Yang mana bentuk tubuhmu?

Apakah kamu tahu jika ternyata bentuk tubuh kita cukup banyak memberikan pengaruh terhadap kesehatan kita? Bentuk tubuh yang berbeda memberikan permasalahan kesehatan dan kelebihan yang berbeda pula. Mungkin itu salah satu penjelasan kenapa penyakit tiap orang tidak pernah ada yang sama.

Berdasarkan lingkar pinggang dan pinggul, setidaknya ada empat bentuk tubuh manusia yang bisa dikenali. Dinamakan waist-to-hip ratio (WHR), pengukuran tersebut bisa didapatkan lewat membagi lingkar terkecil pinggang dengan lingkar terbesar pinggul. Berikut ini adalah bentuk tubuh tersebut beserta penjelasan tentang kesehatannya.

1. Bentuk tubuh apel

Kenali 4 Jenis Bentuk Tubuh Manusia Berikut & Pengaruhnya ke KesehatanIDN Times/Sukma Shakti

Bentuk tubuh ini memiliki WHR di atas 0,8 untuk wanita dan 0,9 pria. Itu berarti ukuran lingkar pinggangnya cukup besar, memberikan kesan gendut karena melebar ke atas. Bentuk tubuh ini membuat beratmu terakumulasi di antara perut dan pinggul, dan menariknya ini terbentuk seiring bertambahnya ke umur, khususnya kepada para pria.

Menurut shapescale.com, bentuk tubuh ini bisa menunjukkan ketidakseimbangan gaya hidup, seperti tingkat stres yang tinggi, diet yang tidak sehat dan kurang olahraga. Untuk pria, bentuk tubuh ini sering dikaitkan dengan konsumsi alkohol yang berlebihan. Karena itulah ada istilah perut bir untuk para pria.

Kesehatan

Studi menunjukkan penumpukan lemak di tengah-tengah tubuh tersebut bisa meningkatkan resiko kanker payudara dan usus besar. Selain itu lemak juga dapat masuk ke dalam aliran darah dan tersikulasi ke seluruh tubuh, menyebabkan risiko tekanan darah tinggi, masalah pernapasan dan diabetes tipe 2. Hal itu ditunjukkan dengan riset yang dipresentasikan di American College of Cardiology Scientific Session pada 2016 lalu, menunjukkan sebagian besar pemilik bentuk tubuh apel memiliki permasalahan-permasalahan tersebut.

Rekomendasi

Lakukan kegiatan olahraga yang aktif serta dapat mengurangi berat tubuh. Berenang, bersepeda, joging dapat menjaga persentase lemak. Untuk masalah makanan, direkomendasikan pemilik bentuk tubuh ini untuk makan makanan kaya protein dan serat, tetapi rendah karbohidrat. Itu semua untuk membantu mengontrol lemak yang ada di tubuh sekaligus mengeluarkan lemak yang berada di aliran darah.

2. Bentuk tubuh segitiga terbalik

Kenali 4 Jenis Bentuk Tubuh Manusia Berikut & Pengaruhnya ke KesehatanIDN Times/Sukma Shakti

Bentuk tubuh ini memiliki bagian atas atau area pundak yang lebar, bahkan lebih lebar daripada area pinggul. Itu membuat pemilik tubuh ini tampak sangat atletis dan ideal. Model-model serta bintang film ternama banyak yang memiliki bentuk tubuh ini, misalnya seperti Lucy Liu.

Kesehatan

Karena bentuk tubuh ini sangat direkomendasikan, sudah pasti banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya. Dengan proporsi otot yang cukup banyak serta cukup tinggi, pemilik bentuk tubuh ini memiliki daya metabolisme yang tinggi. Orang-orang macam ini susah untuk menaikan berat badan, namun mudah untuk menurunkannya. Akan tetapi, mereka juga rentan terhadap penyakit jantung serta terkena osteoporosis.

Rekomendasi

Jika berolahraga, sebaiknya pemilik tubuh ini terfokus untuk membentuk bagian tubuh bagian bawah, khususnya bagian paha dan bokong. Stepping, lunging dan squatting dapat menjadi menu latihan yang bagus karena menguatkan bagian bawah. Untuk masalah makanan, sebaiknya tubuh segitiga terbalik mengonsumsi lebih banyak protein dari ikan ataupun hewan ternak.

Baca Juga: #BaikItuMudah Buat Bentuk Badan Ideal Itu Gak Mahal, Ikuti Tips Simpel Ini

3. Bentuk tubuh pir

Kenali 4 Jenis Bentuk Tubuh Manusia Berikut & Pengaruhnya ke KesehatanIDN Times/Sukma Shakti

Ini adalah kebalikan dari bentuk tubuh apel yang mana area pinggul lebih besar daripada pinggul. WHR-nya di bawah 0,8 untuk wanita dan 0,9 untuk pria. Itu karena lemak pemilik tubuh ini kebanyakan menumpuk di area tersebut, seperti di area paha dan bokong.

Kesehatan

Beruntunglah lemak tidak terhimpun di area dengan organ-organ dalam yang sensitif dan penting untuk tubuh, sehingga kesehatannya lebih terjamin ketimbang bentuk tubuh apel. Akan tetapi pir memiliki resiko lebih besar untuk mendapatkan osteoarthritis gara-gara lemak yang menumpuk di area pinggul, dan itu menimbulkan selulit pula.

Selain itu mereka juga susah turun berat badan lantaran area tersebut memang susah untuk digerakkan. Perlu usaha ekstra untuk membakar lemak area tersebut. Umumnya bentuk tubuh ini dimiliki oleh para wanita ketimbang pria.

Rekomendasi

Baiknya untuk melakukan olahraga yang dapat melatih area kaki, seperti lari dan jalan sehat. Itu akan mengubah lemak menjadi otot yang mana akan mengurangi risiko terkena penyakit mereka. Sedangkan untuk nutrisi, lebih baik mereka menambah makanan berbasis protein, namun lewat daging tanpa lemak. Jangan pernah melewatkan jam makan. Kecenderungan untuk emosi akan dapat terpicu jika tidak makan.

4. Bentuk tubuh persegi panjang

Kenali 4 Jenis Bentuk Tubuh Manusia Berikut & Pengaruhnya ke KesehatanIDN Times/Sukma Shakti

Pemilik tubuh ini memiliki berat yang proporsional, akan tetapi mereka juga cenderung untuk membawa berat mereka di area tubuh tengah. Itu berarti terdapat kecenderungan tubuh mereka dapat berubah bentuk menjadi apel.

Kesehatan

Mirip dengan segitiga terbalik, orang-orang yang memiliki bentuk tubuh persegi panjang punya daya metabolisme yang tinggi. Mereka dapat makan apapun tanpa perlu khawatir akan kesehatannya. Namun tentu saja terlalu berlebih akan mengubah hal tersebut. Kuncinya adalah keseimbangan kalori.

Rekomendasi

Umumnya mereka yang memiliki bentuk tubuh ini memandang dirinya sendiri tidak menarik, hingga mendambakan ada lekukan tubuh. Karena itu olahraga yang mampu melatih otot di area bahu, serta paha dan bokong akan sangat membantu. Olahraga yang meninggikan massa otot adalah menu utama.

Setelah kamu tahu, manakah bentuk tubuhmu yang paling mendekati? Coba ikuti ya rekomendasinya. Selain dapat membuat bentuk badanmu lebih bagus, kamu juga bisa tambah lebih sehat.

Baca Juga: Latihan Fitness Apa yang Terbaik Sesuai Bentuk Tubuhmu?

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You