Comscore Tracker

Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!

Ini bukan biohack yang pakai gadget-gadget gitu

Pernah dengar istilah biohack? Itu adalah sebuah situasi di mana kita mengubah biologis di tubuh kita. Umumnya biohack lebih dikenal dengan menggabungkan tubuh kita dengan teknologi-teknologi canggih, tapi ada juga biohack yang hanya mengubah biologis di dalam tubuh kita.

Menariknya, ternyata teknik biohack tersebut sangat mudah. Beginilah beberapa caranya!

1. Diet eliminasi

Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!draxe.com

Jika kamu memiliki alergi pola makan, teknik ini bisa membantumu. Tekniknya serupa dengan cara untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap bisa ular. Yang pertama dilakukan adalah memakan makanan alergi tersebut dalam dosis kecil.

Ketika mendapatkan efek alergi tersebut, tunggu hingga empat minggu untuk efeknya hilang terlebih dahulu. Baru setelah itu coba lagi dan sedikit tambah dosisnya. Lakukan siklus tersebut berulang, sampai tubuhmu tak lagi mengeluarkan efek alergi.

2. Membuang ketagihan gula

Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!sweetdefeat.com

Ini cukup susah dilakukan, namun efek ke depannya sangat bagus, yaitu dengan cara menghindari makanan mengandung gula. Bukan gula yang natural ya, macam yang ada di buah-buahan atau makanan dengan kandungan susu, melainkan gula buatan.

Soft drink, yogurt berasa, makanan beku, minuman berenergi, itulah yang bisa dihindari. Secara otomatis jika kamu melakukan hal tersebut, kamu akan merubah biologismu.

3. Mengganti waktu makan

Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!health.harvard.edu

Kamu juga bisa meng-hack tubuhmu dengan cara merubah pola waktu makan. Teknik paling jelas dan paling disarankan adalah dengan mengadakan jadwal puasa. Selain dapat mengurangi berat badan dan menormalisasi sensitivitas insulin, puasa juga mengatur kembali tingkat ghrelin, hormon yang dikenal sebagai hormon lapar yang mempengaruhi rasa laparmu.

4. Tidur lebih banyak

Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!medicalnewstoday.com

Kamu pasti kaget mendengar hal ini, tapi tidur lebih banyak bisa mengatur biologismu menjadi baik. Bahkan dapat mengurangi berat badan dan menaikkan tingkat kesehatan.

Terkesan gampang, tapi sebenarnya tidak. Gaya hidup zaman sekarang membuat waktu tidur berkurang dan itu semua menyebabkan adanya risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengejutkan Senam Zumba untuk Kesehatan, Ayo Coba Sekarang!

5. Memakan lebih banyak lemak

Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!dietdoctor.com

Santai, ini dinamakan diet keto yang mana tubuhmu diarahkan untuk mendapatkan mode ketosis. Ketosis sendiri adalah keadaan metabolisme di mana tubuh menggunakan keton untuk energi, bukan karbohidrat.

Ini dapat terjadi jika lemak, bukan glukosa dari karbohidrat, memenuhi tubuh untuk asupan kalori. Di diet keto, kamu akan menghindari makanan karbohidrat dan gula, dan menggantinya dengan lemak sehat, seperti minyak kelapa, kacang-kacangan; sayur-sayuran non-tepung; dan makanan tinggi protein, tapi rendah karbohidrat.

6. Bermeditasi

Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!yogajournal.com

Biohack juga dapat terjadi jika kita mau mengendalikan mental kita. Itu karena adanya konsep “Apa yang kamu makankan ke pikiranmu sama pentingnya dengan apa yang kamu makankan ke tubuhmu.”

Dengan meditasi, kamu bisa mengurangi rasa sakit serta meningkatkan kualitas tidur dan juga produktivitasmu. Menjadwalkan meditasi adalah hal terbaik untuk kesehatanmu.

7. Jangan pakai sepatu

Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!yogajournal.com

Seberapa sering kamu berjalan di rumput atau di pasir pantai tanpa alas kaki? Jika jawabanmu “kurang,” maka sebaiknya kamu mencoba untuk lebih sering berjalan telanjang kaki. Istilahnya adalah earthing yang berarti mengizinkan kakimu merasakan apa yang ada di bawahnya sekaligus energinya.

Sebenarnya ketika membiarkan kaki kita merasakan tanah, ada aliran listrik yang masuk ke dalam tubuh kita. Itu membuat kita dapat lebih mudah tidur bahkan meningkatkan vitamin D.

8. Sering berdirilah

Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!usports.ca

Di zaman sekarang, kita menghabiskan keseharian kita dengan duduk. Entah itu duduk di tempat kerja atau di depan mobil.

Maka dari itu berdirilah. Ingat, ini bukan masalah seberapa lama kamu berdiri, melainkan seberapa sering kamu berdiri. Atur saja jadwal dalam tiap jam, kamu harus berdiri selama lima menit. Itu akan sangat membantumu.

Tidak sangka kan biohack sebenarnya sesederhana ini? Kamu pasti bisa melakukannya dan tidak perlu biaya besar juga. Yang diperlukan hanya konsisten dan determinasi. Itu saja. Ayo, segera dilakukan.

Baca Juga: Biohacker: Gabungkan Biologis dengan Teknologi, Ini 6 Info Tentangnya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You