Comscore Tracker

Gak Gerah, 8 Manfaat Kesehatan Tidur tanpa Celana Dalam untuk Pria

Terkesan jorok, padahal banyak manfaatnya!

Selain pertentangan antara bubur diaduk vs tidak diaduk, pertentangan lain yang tidak kalah sengit adalah soal tidur pakai celana dalam atau tidak!

Bagi beberapa orang, tidur tanpa celana dalam alias "CD" itu jorok, sedangkan bagi beberapa orang lainnya tidur tanpa celana dalam bikin selangkangan gerah, tidak leluasa, dan jadinya tidak bisa tidur. Tim manakah kamu?

Untuk kaum adam yang lebih memilih untuk tidur tanpa celana dalam, pasti rasanya adem, bukan? Selain itu, ternyata kebiasaan tersebut juga memberikan keuntungan lain. Inilah beberapa manfaat tidur tidak menggunakan CD bagi pria!

1. Tidur lebih nyenyak

Gak Gerah, 8 Manfaat Kesehatan Tidur tanpa Celana Dalam untuk PriaPinterest

Perlu kamu tahu, suhu tubuh itu penting untuk kualitas tidur dan diatur oleh ritme sirkadian yang mengatur jam bangun dan tidur tubuh. Dengan kata lain, saat suhu tubuh menurun, sudah saatnya tidur. Nah, manfaat pertama dari tidur tanpa celana dalam adalah tidur jadi lebih cepat dan nyenyak!

Selain itu, menurut sebuah studi pada 2012 di Jepang yang dimuat dalam Journal of Physiological Anthropology, suhu ruangan tidur juga penting demi kelancaran rapid eye movement (REM). Tidak terlalu dingin atau panas, suhu ruangan ideal untuk tidur adalah 15-19 derajat Celsius. Jadi, tanpa celana dalam dan ditutupi selimut, suhu tubuh tetap terjaga.

2. Menyehatkan kulit

Gak Gerah, 8 Manfaat Kesehatan Tidur tanpa Celana Dalam untuk PriaTidur cukup membuat kulit lebih terawat. pixabay.com/Olichel

Kualitas tidur yang cukup membuat kulit lebih sehat. Hal ini dibuktikan lewat penelitian di Amerika Serikat (AS) berjudul "Impact of sleep restriction on local immune response and skin barrier restoration with and without 'multinutrient' nutrition intervention" dalam Journal of Applied Physiology.

Untuk menguji pentingnya tidur dalam proses regenerasi tubuh dari luka kecil, para peneliti membagi partisipan studi menjadi tiga kelompok: kelompok yang tidur cukup, kelompok yang kurang tidur, dan kelompok yang kurang tidur tetapi diberi asupan nutrisi.

Ternyata, mereka yang tidurnya cukup mencatatkan waktu regenerasi lebih cepat! Bahkan, meskipun sudah diberi nutrisi, kekurangan tidur menghambat proses penyembuhan luka.

Baca Juga: 7 Bahaya Kesehatan Memakai Celana Dalam Side A dan B, Jangan Ulangi!

3. Mencegah kecemasan dan depresi

Gak Gerah, 8 Manfaat Kesehatan Tidur tanpa Celana Dalam untuk Priapixabay.com/StockSnap

Tanpa celana dalam, tidur jadi lelap. Karena tidur lelap, maka kesehatan mental pun terjaga. Bukan rahasia, kurang tidur bikin kamu jadi grumpy. Menurut penelitian di AS yang dimuat dalam Journal of Gerontology: Series B tahun 2017, kualitas tidur yang baik menurunkan risiko kecemasan atau anxiety dan depresi.

Jika berkepanjangan, kecemasan dan depresi bahkan bisa membuat seseorang berpikir untuk bunuh diri. Sementara keduanya bisa menyebabkan insomnia, kamu bisa mengombinasikan tidur dengan olahraga rutin dan konsumsi bernutrisi seimbang, sehingga kualitas tidur bisa meningkat.

4. Mencegah kenaikan berat badan

Gak Gerah, 8 Manfaat Kesehatan Tidur tanpa Celana Dalam untuk PriaMenimbang berat badan (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Kemudian, tidur tak nyenyak bisa membuat badan "mekar". Hal tersebut diungkapkan oleh studi di Jepang tahun 2011, yang melibatkan 21.000 orang selama 3 tahun. Dimuat dalam jurnal Sleep and Breathing, mereka yang tidur kurang dari 5 jam cenderung mengalami kenaikan berat badan. Lalu, tidur seperti apa yang bisa bikin langsing?

Tidur dalam suhu rendah pada malam hari dikatakan mampu meningkatkan pembakaran kalori. Menurut sebuah studi pada 2014 yang dimuat dalam jurnal Diabetes, tubuh yang tidur di suhu yang lebih dingin (sekitar 19 derajat Celsius) meningkatkan aktivitas lemak cokelat hingga dua kali lipat! Tersimpan di leher, lemak cokelat membakar kalori jadi panas tubuh.

5. Menekan risiko diabetes dan penyakit jantung

Gak Gerah, 8 Manfaat Kesehatan Tidur tanpa Celana Dalam untuk Priaeverydayhealth.com

Selain masalah psikologis, kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), memang tidur yang tidak nyenyak dikatakan merupakan salah satu faktor risiko penyebab diabetes dan penyakit jantung.

Menurut sebuah studi analisis di AS tahun 2010 terhadap 1.455 orang selama 6 tahun yang dimuat dalam jurnal Annals of Epidemiology, diabetes dapat dikaitkan dengan kurang tidur, dan diabetes pun memicu penyakit jantung.

Karena tidur tanpa celana dalam bisa bikin tidur lebih nyenyak, maka risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung pun bisa dikurangi.

6. Meningkatkan kesuburan pria

Gak Gerah, 8 Manfaat Kesehatan Tidur tanpa Celana Dalam untuk Priafreepik.com/marymarkevich

Untuk para laki-laki, tidur tanpa celana dalam membuatmu lebih "tokcer". Kamu mungkin sering dengar kalau pakai celana dalam yang terlalu ketat bisa menurunkan produksi sperma, sehingga berdampak buruk pada kesuburan.

Ternyata, itu terbukti secara ilmiah, lho. Menurut sebuah penelitian terhadap 656 partisipan di AS dalam jurnal Human Reproduction tahun 2018, semakin ketat celana dalam yang dipakai saat tidur, maka produksi sperma pun ikut terdampak.

7. Meningkatkan rasa percaya diri

Gak Gerah, 8 Manfaat Kesehatan Tidur tanpa Celana Dalam untuk Priapexels.com/Minervastudio

Selain mencegah depresi dan kecemasan, ternyata rasa percaya diri pun ikut membara! Hal ini dikarenakan dengan tidur tanpa celana dalam, kamu jadi merasa lebih mengenal dan menerima tubuhmu apa adanya.

Hal tersebut juga diungkapkan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 83 laki-laki di Inggris pada 2017, yang dimuat dalam Journal of Happiness Studies. Menurut studi tersebut, tanpa celana dalam (telanjang bulat, malah!) bisa membuat seseorang lebih mencintai tubuhnya dan menghargai dirinya sendiri.

8. Meningkatkan keharmonisan pasangan

Gak Gerah, 8 Manfaat Kesehatan Tidur tanpa Celana Dalam untuk Priafreepik.com/tirachardz

Khusus untuk para pasangan suami istri atau pasutri, tidur tanpa celana dalam atau malah telanjang bulat membuat kalian lebih terpicu untuk "gulat manja" di atas ranjang, ya? Ini pun terbukti lewat sebuah penelitian, lho.

Menurut penelitian di Swedia pada 2015 yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Psychology, saat kulit saling bersentuhan, maka produksi hormon oksitosin atau "hormon cinta" pun lebih banyak. Lagi pula, tanpa celana dalam atau sehelai pakaian pun, aktivitas seksualmu akan jauh lebih gacor.

Nah, guys, itulah beberapa manfaat manfaat tidur tidak menggunakan CD bagi pria. Selain meningkatkan kualitas tidur yang menyehatkan tubuh dan pikiran, ternyata tidur tanpa celana dalam juga bisa menjaga dan meningkatkan kesuburan, dan tentunya gak gerah!

Baca Juga: Apa yang Terjadi jika Kamu Berhenti Pakai Bra? Ini Plus Minusnya!

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya