Comscore Tracker

5 Buah yang Bantu Kamu Terhidrasi Sepanjang Hari Saat Puasa

Biar gak lesu dan bebas dari dehidrasi #ANGPOIN

Hidrasi adalah keharusan saat kamu sedang berpuasa. Durasi puasa yang cukup lama dalam satu hari dengan jangka waktu selama satu bulan akan membuatmu mengalami masalah kesehatan jika tidak memerhatikan jumlah air yang masuk ke dalam tubuh. 

Selain minum air yang cukup, kamu bisa mengonsumsi buah dengan kadar air yang tinggi agar mendapatkan hidrasi yang cukup sepanjang hari. Di bawah ini adalah lima buah yang bisa kamu konsumsi untuk membantu tubuhmu terhidrasi saat berpuasa.

1. Semangka

5 Buah yang Bantu Kamu Terhidrasi Sepanjang Hari Saat Puasapixabay.com/ulleo

Menurut laman Healthline semangka mengandung 92% air yang membuat semangka menjadi salah satu makanan paling menghidrasi. Semangka merupakan buah yang rendah kalori sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Maka dari itu semangka cocok dikonsumsi saat sahur agar kamu bisa melewati puasa dengan hidrasi yang cukup dan rasa kenyang lebih lama.

Semangka bisa kamu konsumsi dengan mencampurkannya bersama buah lain untuk dijadikan salad, atau juga bisa dijadikan jus, smoothie, maupun sorbet.

2. Stroberi

5 Buah yang Bantu Kamu Terhidrasi Sepanjang Hari Saat Puasapexels.com/@dana-tentis-118658

Kadar air dalam buah stroberi adalah 91%. Selain memberi asupan air yang cukup, stroberi juga mengandung banyak serat, anti oksidan, vitamin, dan mineral. Vitamin K dan magnesium yang tinggi pada stroberi dapat membantu menjaga kesehatan tulang dalam tubuhmu.

Kamu bisa mengonsumsi stroberi untuk sahur dengan menjadikannya sebagai topping oatmeal. Sedangkan untuk berbuka, kamu bisa membuat smoothie atau infused water yang akan mengembalikan energimu setelah seharian menahan lapar dan haus.

Baca Juga: 9 Jenis Buah untuk Membuat Selai yang Lezat & Sehat, Yuk Bikin Sendiri

3. Melon

5 Buah yang Bantu Kamu Terhidrasi Sepanjang Hari Saat Puasayates.com.au

Dengan kandungan air sebanyak 90%, melon berperan membantu kamu untuk menahan lapar dan mengurangi nafsu makan saat berpuasa. Melon juga kaya akan vitamin A yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan menjadi tameng saat ada infeksi.

Melon bisa dinikmati dengan dimakan langsung untuk menemani sahurmu atau dicampur bersama yogurt agar lebih menyegarkan.

4. Jeruk

5 Buah yang Bantu Kamu Terhidrasi Sepanjang Hari Saat Puasapixabay.com/artoxana

Tidak heran jika jeruk disukai banyak orang karena 88 persen kandungan airnya membuat jeruk terasa menyegarkan saat dimakan. Laman Healthline menyebutkan bahwa mengonsumsi jeruk secara teratur dapat melindungimu dari penyakit batu ginjal karena asam sitrat dalam jeruk dapat mengikat kalsium oksalat pembentuk batu untuk dikeluarkan dari tubuh.

Hidrasi yang cukup juga jadi faktor penting dalam mencegah terjadinya batu ginjal. Jeruk dapat dikonsumsi langsung, dicampur dengan yogurt, atau dijadikan jus agar lebih praktis.

5. Nanas

5 Buah yang Bantu Kamu Terhidrasi Sepanjang Hari Saat Puasapexels.com/@any-lane

Kamu yang menyukai nanas pasti setuju bahwa nanas adalah buah yang kaya akan air dan menyegarkan. Nanas memiliki kandungan air sebanyak 87 persen. Dilansir The Mysterious World, nanas mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat mengurangi beberapa masalah pencernaan. Nanas juga kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun kamu.

Meski sudah enak saat dimakan langsung, kamu juga bisa menikmati nanas dengan cara lain seperti dijadikan sebagai jus, smoothie, atau es krim.

Lima buah tadi adalah beberapa pilihan buah dengan kandungan air tinggi yang bisa kamu konsumsi untuk menemani hari-harimu saat berpuasa. Dari kelima buah tersebut, mana yang paling sering kamu makan?

Baca Juga: 7 Jenis Olahan Buah Beku yang Sehat dan Menyegarkan, Coba Yuk!

kamila diva Photo Writer kamila diva

as calm as the ocean

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya