Comscore Tracker

Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Kelebihan Melakukan Olahraga Kalistenik 

Olahraga yang hemat biaya dan efisien

Berolahraga untuk kesehatan dan membentuk tubuh adalah hal yang digandrungi oleh banyak orang. Untuk itu, kita pun siap melakukan berbagai hal termasuk bergabung dengan gym atau fitness center. Namun, tahukah kamu bahwa berolahraga tidak harus selalu ke gym? Kita bisa melakukannya sendiri di rumah bermodalkan tubuh kita.

Olahraga semacam ini disebut sebagai olahraga kalistenik, contohnya adalah gerakan push up, squat, pull up, dan crunch. Banyak perdebatan yang terjadi untuk mengetahui manakah yang terbaik antara kalistenik atau gym. Nah, berikut IDN Times akan merangkum 5 keuntungan yang kamu peroleh jika berolahraga kalistenik.

1.Hemat biaya

Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Kelebihan Melakukan Olahraga Kalistenik fitandme.com

Jika kamu lebih memilih melakukan olahraga kalistenik dibanding pergi ke Gym, bisa dipastikan kamu akan lebih banyak menghemat biaya yang dikeluarkan. Pasalnya, jika kamu pergi ke gym akan banyak biaya harus dikeluarkan seperti biaya membership, belum ditambah biaya parkir dan transportasi ke sana.

Sedangkan, olahraga kalistenik bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja seperti di rumah ataupun taman dekat rumah. Biaya yang kamu hemat bisa kamu alokasikan untuk membeli makanan sehat dan suplemen yang membantu perkembangan tubuhmu lebih baik.

2. Hemat waktu

Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Kelebihan Melakukan Olahraga Kalistenik ashotofadrenaline.net

Kelebihan dari olahraga kalistenik adalah fleksibilitas sehingga bisa dilakukan di mana saja, hal ini membuatmu tidak perlu membuang-buang waktu di perjalanan untuk pergi ke Gym. Kamu bisa melakukan latihan di rumah ataupun taman dekat rumah sehingga kamu pun bisa langsung beristirahat setelah lelah melakukan latihan.

Baca Juga: Ingatlah 6 Hal Ini Jika Kamu Mulai Bosan dan Malas Berolahraga

3. Melatih banyak otot sekaligus

Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Kelebihan Melakukan Olahraga Kalistenik bodybuilding.com

Alat latihan di gym sangat bagus untuk membentuk otot, tetapi kebanyakan alat gym bersifat isolasi otot yang artinya hanya melatih satu bagian otot saja. Sementara, gerakan kalistenik banyak melibatkan berbagai otot sekaligus misalkan gerakan push-up yang melatih otot trisep, sayap, punggung, dan pinggang sekalipun. Hal ini akan membuat bentuk tubuhmu menjadi lebih profesional dan tidak terlalu besar di satu bagian saja.

4. Tidak jenuh

Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Kelebihan Melakukan Olahraga Kalistenik homefitnessguru.ne

Berlatih kalistenik bisa dilakukan di mana saja, jadi kamu bisa berpindah-pindah tempat jika dirasa sudah jenuh dengan tempat biasa. Gerakan kalistenik juga banyak variasi sehingga kamu bisa melakukan banyak variasi yang tidak membuat bosan.

5. Banyak komunitasnya

Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Kelebihan Melakukan Olahraga Kalistenik astanatimes.com

Olahraga kalistenik memiliki banyak peminat, oleh karena itu tidak akan sulit menemukan komunitas kalistenik di daerahmu. Dengan bergabung di komunitas, kamu bisa belajar tips dan trik melakukan kalistenik serta saling memotivasi agar tidak bolos latihan. Bergabung di komunitas dengan minat yang sama juga akan membantumu menambah relasi, lho.

Nah, jadi itulah 5 kelebihan melakukan olahraga kalistenik dibandingkan olaharaga Gym. Namun, perlu diketahui bahwa olahraga di gym dan kalistenik sama baiknya, karena apapun olahraganya akan lebih baik dibandingkan tidak berolahraga sama sekali. Semoga artikel ini bisa memotivasimu untuk selalu berolahraga raga, ya!

Baca Juga: Jangan Lupa 8 Persiapan Wajib Sebelum Olahraga yang Sering Diabaikan

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya