Comscore Tracker

6 Penyebab Rasa Sakit di Ulu Hati yang Perlu Kamu Waspadai

Bisa jadi tanda penyakit kronis

Hampir semua orang pernah merasakan sakit di ulu hati. Kebanyakan mengalami kondisi tersebut sesaat setelah makan dalam porsi besar atau lebih banyak dari biasanya. Ini lantaran lambung memproduksi asam dalam jumlah berlebih yang dapat melukai dinding lambung dan menyebabkan sakit di ulu hati.

Karena menganggap nyeri ulu hati merupakan hal wajar, banyak orang yang kemudian mengabaikan kondisi ini. Tapi kalau nyeri ulu hati ini berlangsung dalam jangka waktu yang panjang atau kerap kamu alami, kamu patut waspada. Sebab, nyeri di ulu hati bisa jadi tanda bahwa kamu tengah mengidap penyakit serius.

Seperti 6 penyakit di bawah ini yang biasanya disertai rasa sakit di ulu hati.

1. Iritasi usus

6 Penyebab Rasa Sakit di Ulu Hati yang Perlu Kamu WaspadaiInionline.id

Iritasi usus disebabkan karena aktivitas di dinding usus yang dilapisi otot ketika sedang menyalurkan makanan dari lambung ke anus. Dampak dari kondisi ini adalah rasa sakit di ulu hati, kembung, kram, sering buang gas, dan air besar.

2. Gastritis

6 Penyebab Rasa Sakit di Ulu Hati yang Perlu Kamu Waspadaiverywellhealth.com

Orang awan kerap menyebut gastritis sebagai maag. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada lambung, infeksi bakteri, menurunnya daya tahan tubuh, dan stres. Gastritis biasanya ditandai dengan rasa mual, nyeri di ulu hati, perut terasa kembung, dan rasa asam pada mulut.

3. Radang tenggorokan

6 Penyebab Rasa Sakit di Ulu Hati yang Perlu Kamu Waspadaireadersdigest.ca

Radang tenggorokan juga bisa menyebabkan rasa sakit di ulu hati. Beberapa faktor penyebab radang tenggorokan adalah naiknya asam lambung, melemahnya sistem kekebalan tubuh, infeksi oleh bakteri, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Akibatnya, penderita radang tenggorokan akan kesulitan saat menelan, rongga mulut terasa asam, nyeri, dan rasa tidak nyaman di ulu hati.

Baca Juga: 5 Fakta Leukoplakia, Penyakit yang Sering Menyerang Perokok

4. Tukak lambung

6 Penyebab Rasa Sakit di Ulu Hati yang Perlu Kamu Waspadaidoktersehat.com

Tukak lambung disebabkan karena sekresi asam lambung yang berlebihan sehingga menyebabkan rusaknya lapisan di dinding lambung, bahkan terkadang kerusakan juga bisa terjadi pada usus kecil.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini, seperti makanan, efek samping obat-obatan, dan infeksi. Gejala kondisi tukak lambung ini diantaranya mual, penurunan nafsu makan, nyeri di ulu hati, hingga dada.

5. Pankreatitis

6 Penyebab Rasa Sakit di Ulu Hati yang Perlu Kamu Waspadaimemorialhealth.com

Pankreatitis merupakan kondisi di mana pankreas mengalami peradangan. Gejala dari kondisi ini, yaitu sakit di bagian perut, feses menjadi lebih berminyak, penurunan nafsu makan, mual, hingga diare. Pada pankreatitis pankreatitis kronis, kondisi ini juga bisa menyebabkan kematian.

6. Preeklamsia pada wanita hamil

6 Penyebab Rasa Sakit di Ulu Hati yang Perlu Kamu WaspadaiUnsplash.com/Mickael Tournier

Ibu hamil juga rentan mengalami sakit pada ulu hati. Penyebabnya karena ukuran bayi yang terus membesar serta perubahan hormon selama kehamilan.

Akan tetapi, jika nyeri di bagian ulu hati terjadi secara terus-menerus, maka hal tersebut bisa saja menjadi tanda preeklamsia pada ibu hamil. Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa hal seperti kurangnya nutrisi, peningkatan berat badan, mengandung bayi kembar, dan sebagainya.

Selain sakit di ulu hati, preeklamsia juga dapat menyebabkan kaki dan tangan menjadi bengkak, peningkatan tekanan darah, mual, dan sakit kepala.

Kendati preeklamsia rentan dialami oleh ibu hamil, tetapi bukan berarti kondisi ini bisa dianggap remeh ya karena dapat membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandung.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa menjadi penyebab rasa sakit di ulu hati. Karena gejala beberapa kondisi di atas hampir sama, kamu perlu mengunjungi dokter untuk mengetahui kondisi yang sedang kamu alami secara pasti.

Baca Juga: 7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamu

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You