Comscore Tracker

Dikenal sebagai Rempah Termahal, 5 Manfaat Teh Safron untuk Kesehatan

Ada yang pernah mencobanya?

Safron adalah rempah berharga mahal yang telah lama menjadi bahan utama dalam banyak masakan di Timur Tengah, India, dan Eropa. Safron memberikan warna merah tua dan rasa manis serta kesan bersahaja pada hidangan.

Meskipun asal-usul safron tidak diketahui secara pasti, tapi penggunaannya sebagai obat didokumentasikan dengan baik sepanjang sejarah. Misalnya, konon Cleopatra mandi dengan air dan safron untuk kecantikan, dan dokter Yunani-Romawi meresepkan safron untuk mengobati berbagai penyakit.

Salah satu cara yang populer untuk menikmati safron adalah dengan diolah menjadi teh. Teh safron dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, dan dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang signifikan. Apa sajakah manfaat teh safron? Temukan jawabannya dalam penjelasan berikut.

1. Antidepresan alami

Dikenal sebagai Rempah Termahal, 5 Manfaat Teh Safron untuk Kesehatanilustrasi perempuan merasa stres (pexels.com/Karolina Grabowska)

Penelitian dalam jurnal Pharmacognosy Reviews menunjukkan bahwa penggunaan safron mampu memengaruhi keseimbangan hormon di otak, yang dapat memberikan dampak yang signifikan pada suasana hati, kecemasan, dan gejala depresi. Karenanya, minum secangkir teh safron pada pagi hari bisa menstabilkan suasana hati sejak awal.

Teh safron dinilai sama baiknya dengan sejumlah obat antidepresan yang dijual bebas. Antidepresan bekerja pada saraf dan merupakan agen penenang yang sangat manjur. Pada teh safron, kualitas menenangkan ini terjadi secara alami dan konsumsinya secara teratur akan memiliki efek mencegah terjadinya depresi.

2. Berpotensi sebagai antikanker

Dikenal sebagai Rempah Termahal, 5 Manfaat Teh Safron untuk Kesehatanilustrasi teh safron atau saffron tea (flickr.com/TIGER500)

Crocetin yang ditemukan dalam safron dan teh safron mampu menetralkan radikal bebas, suatu produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel. Dijelaskan dalam studi yang dilaporkan dalam jurnal Current Pharmaceutical Biotechnology, senyawa ini dapat menurunkan tingkat peradangan kronis dan selanjutnya mengurangi risiko penyakit, seperti kanker, artritis reumatoid, dan penyakit jantung koroner.

Bukan hanya itu, teh safron juga mengandung banyak antioksidan lain yang diketahui dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kerusakan sel ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor, seperti penuaan, lingkungan, gaya hidup, dan terkait dengan banyak penyakit kronis, termasuk kanker.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, 15 Jenis Makanan Sehat demi Hindari Risiko Kanker

3. Menjaga kesehatan jantung

Dikenal sebagai Rempah Termahal, 5 Manfaat Teh Safron untuk Kesehatanilustrasi jantung (unsplash.com/Robina Weermeijer)

Teh safron dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan memperkuat sistem peredaran darah. Penelitian dalam jurnal Blood Pressure menemukan bahwa teh ini mampu menurunkan tekanan darah, sekaligus menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol, yang bermanfaat dalam menjaga kita dari aterosklerosis dan serangan jantung.

Bukan hanya itu, teh safron juga merupakan sumber magnesium dan kalium. Kedua mineral ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.

4. Melindungi penglihatan

Dikenal sebagai Rempah Termahal, 5 Manfaat Teh Safron untuk Kesehatanilustrasi mata sehat (pexels.com/Elizaveta Dushechkina)

Secangkir teh safron memiliki kemungkinan untuk memperlambat kebutaan. Penelitian dalam European Journal of Drug Metabolism and Pharmacokinetics menemukan bahwa safron mengandung dua bentuk karotenoid, yaitu crocin dan crocetin. Karotenoid sendiri memiliki fungsi penting bagi kesehatan penglihatan.

Selain itu, kandungan asam lemak dalam teh safron juga menghasilkan kemampuan untuk melindungi sel penglihatan. Saat diminum setiap hari, teh safron dipercaya mampu melindungi mata dari cahaya terang.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dikenal sebagai Rempah Termahal, 5 Manfaat Teh Safron untuk Kesehatanilustrasi gaya hidup sehat (pexels.com/Marta Wave)

Safron adalah salah satu sumber terkaya riboflavin, vitamin B yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Senyawa ini mampu melawan peradangan dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker serta melindungi otak dari penyakit kognitif dan migrain.

Teh safron juga mengandung safranal, antioksidan yang dapat meningkatkan aktivitas antibakteri dan antivirus pada tubuh. Safranal juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur, yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Safron dianggap aman bagi kebanyakan orang, dan merupakan bahan pokok di banyak masakan. Safron juga bisa dikonsumsi sebagai teh yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Namun, jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsinya dan konsultasikan terlebih dahulu ke dokter soal kemungkinan risiko interaksi obat.

Baca Juga: 5 Fakta seputar Stres Oksidatif yang Perlu Kamu Ketahui

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya