Comscore Tracker

Baik untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Melakukan Lunges Setiap Hari

Sederhana tapi banyak manfaatnya

Lunges adalah latihan kekuatan yang populer dan banyak diminati orang yang ingin memperkuat, membentuk, dan mengencangkan tubuh mereka. Di sisi lain, lunges juga meningkatkan kebugaran secara keseluruhan dan meningkatkan kinerja atletik.

Lunges juga bagus untuk individu yang perlu meningkatkan kekuatan fiisk, seperti atlet, pelari, dan pengendara sepeda. Lanjutkan membaca untuk melihat manfaat gerakan lunges yang dirangkum dari laman Insider dan Healthline.

1. Memperkuat kelompok otot utama

Baik untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Melakukan Lunges Setiap Hariilustrasi lunges (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Gerakan lunges melatih beberapa kelompok otot yang lebih besar secara bersamaan. Lunges membangun kekuatan tubuh bagian bawah dan membantu menjaga massa otot dan kepadatan tulang di tubuh bagian bawah.

Lunges menargetkan kelompok otot paha belakang, gluteus maximus, dan gluteus medius. Melakukan lunges ke depan mengaktifkan otot-otot spesifik ini lebih dari squat, leg press, dan ekstensi pinggul.

2. Meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas

Baik untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Melakukan Lunges Setiap Hariilustrasi lunges (pexels.com/Evelina Zhu)

Lunges adalah latihan unilateral tubuh bagian bawah, yang berarti gerakan ini melatih satu kaki pada satu waktu. Menurut American Council on Exercise, latihan ini sangat membantu dalam hal berikut:

  • Meningkatkan keseimbangan
  • Membantu dalam pencegahan cedera
  • Memperbaiki ketidakseimbangan otot
  • Membantu penyembuhan

Karena latihan ini bekerja di satu sisi tubuh, ini memaksa tubuhmu untuk berusaha agar tidak jatuh. Dengan melakukan itu, kamu sedang melatih otot-otot yang membantumu tetap seimbang.

Baca Juga: 7 Variasi Squat untuk Mengencangkan Pantat, Raih Bodygoals

3. Penurunan berat badan

Baik untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Melakukan Lunges Setiap Hariilustrasi lunges (pexels.com/Anna Shvets)

Lunges melatih kelompok otot besar di tubuh bagian bawah, yang membangun otot tanpa lemak dan mengurangi lemak tubuh. Ini dapat meningkatkan metabolisme istirahat, yang memungkinkan kamu membakar lebih banyak kalori dan memangkas kelebihan berat badan.

Jadi, jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu wajib memasukkan lunges dalam rutinitas latihan intensitas tinggi. Gunakanlah bantuan beban berat untuk memaksimalkan hasilnya.

4. Memperbaiki kesejajaran dan simetri

Baik untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Melakukan Lunges Setiap Hariilustrasi lunges (pexels.com/Monstera)

Kemungkinan, banyak orang yang memiliki gerakan dan asimetri otot yang tidak diperhatikan atau tidak ditangani karena banyaknya gerakan bilateral yang dilakukan selama berolahraga. Memperbaiki ketidakseimbangan otot ini penting untuk meminimalkan cedera pada atlet dan penggemar kebugaran. 

Jika kamu memiliki satu sisi tubuh yang kurang kuat atau fleksibel, luangkan sedikit waktu ekstra untuk mengerjakan sisi ini sehingga kamu tidak terlalu banyak mengompensasi atau menggunakan sisi dominan secara berlebihan.

Melakukan lunges dan latihan unilateral lainnya dapat meningkatkan hipertrofi otot dan kekuatan pada kaki yang lebih lemah, mengurangi gerakan dan asimetri perkembangan serta pola kompensasi.

5. Meningkatkan kesehatan tulang belakang

Baik untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Melakukan Lunges Setiap Hariilustrasi lunges (pexels.com/Elly Fairytale)

Ada banyak latihan, seperti squat atau weight lifting, yang semuanya menyebabkan beban pada tulang belakang, atau dengan kata lain menekan tulang belakang. Pada dasarnya, ini tidak selalu buruk, tetapi tidak baik jika kamu hanya melakukan latihan yang membebani dan menekan tulang belakang karena seiring waktu ini dapat menyebabkan kerusakan, rasa sakit, dan ketidakfleksibelan.

Di sisi lain, lunges menyebabkan deloading atau dekompresi tulang belakang, sehingga memberi tulang belakang istirahat sesekali dan kesempatan untuk rileks. Ini menciptakan tulang belakang yang lebih fleksibel dan bebas rasa sakit, sehingga lunges bisa menjadi pilihan olahraga yang bagus untuk orang-orang yang cenderung menderita sakit punggung yang serius. Lunges juga membantu mengurangi nyeri punggung karena memperkuat bagian lain dari tubuh, seperti otot inti dan kaki.

Manfaat fisik melakukan lunges sangatlah luas. Jadi, sebaiknya masukkan lunges ke dalam rutinitas latihanmu. Gerakan ini sendiri memiliki beberapa jenis, tetapi sebaiknya lakukan variasi termudah dan pastikan kamu bisa melakukannya dengan benar sebelum beralih ke variasi yang lebih menantang.

Baca Juga: Push Up Vs Angkat Beban, Mana yang Lebih Efektif supaya Berotot?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya