Comscore Tracker

5 Tips Memenuhi Nutrisi selama Puasa Ramadan, biar Tetap Sehat!

Tubuh sehat, puasa lancar

Bulan suci Ramadan adalah bulan saat umat muslim di seluruh dunia berpuasa selama 29-30 hari. Di Indonesia, panjang waktu puasa adalah sekitar 13,23 jam, mulai fajar hingga terbenamnya matahari.

Selama bulan Ramadan, pola makan orang-orang yang berpuasa berubah, mulai dari waktu makan hingga porsinya. Meski begitu, kamu tetap harus memastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Ini penting agar kesehatan tetap terjaga.

Bagaimana caranya? Berikut ini rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan British Nutrition Foundation agar kita semua tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa.

1. Perbanyak minum cairan saat sahur dan berbuka

5 Tips Memenuhi Nutrisi selama Puasa Ramadan, biar Tetap Sehat!ilustrasi minum air putih (IDN Times/Mardya Shakti)

Air sangat penting untuk kehidupan. Di dalam tubuh, air berperan dalam mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah, mengatur suhu tubuh, membuang limbah, dan melumasi serta menyangga sendi. Minum banyak cairan sangat penting untuk menggantikan cairan yang hilang setelah seharian berpuasa.

Air putih memang pilihan terbaik, tapi kamu juga bisa mengonsumsi susu, jus buah, air kelapa, atau smoothie. Semua pilihan tersebut akan memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Minuman berbahan dasar susu dan buah-buahan akan memberikan gula dan nutrisi alami yang baik bagi tubuh.

2. Perbanyak konsumsi lemak tak jenuh dan hindari lemak jenuh

5 Tips Memenuhi Nutrisi selama Puasa Ramadan, biar Tetap Sehat!ilustrasi sushi (unsplash.com/Derek Duran)

Konsumsi sumber lemak tak jenuh, seperti ikan, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, kedelai, kanola, bunga matahari, dan minyak jagung. Juga, hindari lemak jenuh, seperti daging berlemak, mentega, minyak kelapa, krim, keju, dan ghee.

Hindari lemak trans karena bisa memicu banyak masalah kesehatan. Lemak trans ini sering ditemukan dalam makanan olahan, makanan cepat saji, makanan ringan, gorengan, piza, kue, margarin, dan selai.

Baca Juga: Kental dengan Tradisi, Ternyata Ini Manfaat Kesehatan Puasa Mutih

3. Masak sendiri makananmu

5 Tips Memenuhi Nutrisi selama Puasa Ramadan, biar Tetap Sehat!ilustrasi memasak di dapur (unsplash.com/Alyson McPhee)

Sebisa mungkin, masak makanan di rumah untuk meningkatkan kualitas makanan. Makanan yang dimasak sendiri umumnya lebih sehat dan bergizi daripada makanan yang dibeli di luar rumah, karena kamu tahu persis apa yang kamu tambahkan. Juga, banyak makanan yang diproduksi di luar rumah mengandung kalori tinggi, garam, lemak, dan gula, yang bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, makan di luar selama pandemik COVID-19 juga meningkatkan peluang kamu terpapar virus SARS-CoV-2. Jadi, makanan rumahan adalah pilihan terbaik untuk Ramadan tahun ini dan sebisa mungkin setelahnya.

4. Batasi asupan garam dan gula

5 Tips Memenuhi Nutrisi selama Puasa Ramadan, biar Tetap Sehat!ilustrasi makanan manis (unsplash.com/Debby Hudson)

Saat menyiapkan makanan, batasi garam dan bumbu tinggi natrium, seperti kecap. Idealnya, kamu perlu membatasi asupan garam harian hingga kurang dari 5 gram atau sekitar 1 sendok teh, dan gunakan garam beryodium. Juga, hindari camilan yang tinggi garam dan gula.

Batasi asupan minuman ringan yang tinggi gula, seperti soda jus buah, konsentrat dan sirop jus buah, susu beraroma, dan minuman yoghurt. Sebisa mungkin, pilih buah-buahan segar daripada camilan manis, seperti biskuit dan kue.

5. Jangan melewatkan sahur

5 Tips Memenuhi Nutrisi selama Puasa Ramadan, biar Tetap Sehat!ilustrasi sahur (pexels.com/mentatdgt)

Kita dianjurkan untuk makan sahur setiap hari. Hal ini berlaku terutama untuk kelompok khusus, seperti orang tua, remaja, ibu hamil dan ibu menyusui, serta anak-anak yang berpuasa.

Hidangan yang merupakan sarapan ringan ini perlu menyertakan sayuran, satu porsi karbohidrat sehat, protein, dan serat. Menu sahur yang tepat akan membuat kamu kenyang lebih lama dan bisa menjalani ibadah puasa dengan lebih lancar.

Dengan menjalankan tips di atas, harapannya kamu bisa mendapatkan nutrisi yang cukup selama puasa, sehingga kesehatan juga akan meningkat, yang merupakan salah satu tujuan dari puasa itu sendiri.

Baca Juga: 7 Jenis Sayuran Favorit Nabi Muhammad SAW, Tercatat dalam Hadis

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya