Comscore Tracker

6 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui 

Salah satu buah terbaik untuk penderita diabetes 

Blueberry merupakan tanaman berbunga abadi, dengan beri yang berwarna biru atau ungu. buah berukuran kecil ini, diklasifikasikan pada bagian Cyanoccus, dan termasuk dalam genus Vaccinium. Selain blueberry, juga terdapat bilberry, cranberry, dan huckleberry, yang termasuk dalam genus Vaccinium ini. Blueberry sering disebut sebagai superfood lho guys, karena banyaknya nutrisi penting yang dimiliki buah super lezat ini, yang mampu menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Selain itu, blueberry juga memiliki lebih banyak antioksidan, dibandingkan dengan makanan lainnya. Dengan banyaknya nutrisi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, blueberry dianggap sebagai salah satu makanan tersehat di dunia. Nah, berikut ini ulasan 6 manfaat blueberry untuk kesehatan, yang ternyata masih belum banyak orang yang tahu.

1. Mendukung kesehatan mata

6 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui foodrevolution.org

Manfaat blueberry untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mendukung kesehatan mata. Blueberry mengandung antioksidan khusus, seperti karotenoid (zeaxanthin, lutein, dll), flavonoid (quercetin, rutin, resveratrol, dll), serta senyawa antioksidan lainnya, yang mampu mendukung kesehatan mata.

Dengan banyaknya kandungan antioksidannya tersebut, maka akan membuat seseorang yang rutin mengonsumsi blueberry, akan terhindar dari masalah kesehatan mata, seperti degenerasi makula, katarak, miopia, mata kering, hipermetropia, dan infeksi yang berhubungan dengan retina.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

6 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui unsplash.com/abigail lynn

Tak hanya dapat mendukung kesehatan mata saja, blueberry juga mampu meningkatkan kesehatan tulang. Blueberry mengandung beberapa komponen tulang seperti kalsium, fosfor, seng, mangan, dan vitamin K, yang mampu meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, mineral dan vitamin tersebut, juga mampu meningkatkan kepadatan tulang, dan mempertahankan struktur tulang.

3. Mengobati infeksi saluran kemih (ISK)

6 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui pexels.com/veeterzy

Selain dapat mendukung kesehatan mata dan meningkatkan kesehatan tulang, blueberry juga mampu mengobati infeksi saluran kemih (ISK). Infeksi saluran kemih merupakan suatu kondisi dimana terjadinya infeksi di bagian sistem kemih seseorang. Infeksi yang sebagian besar diderita kaum wanita ini, dapat diobati secara alami dengan cara yang sangat sederhana lho guys, yaitu dengan rutin mengonsumsi blueberry setiap harinya.

Blueberry mampu membunuh penyebab utama dari infeksi saluran kemih ini, yaitu koloni bakteri, E. coli. Senyawa yang terdapat pada blueberry, yaitu polimer, mampu menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Selain itu, sifat antibiotik yang terdapat pada blueberry, juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri E.coli tersebut.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Berwarna Kuning, Bisa Menunda Penuaan pada Kulit

4. Mengontrol diabetes

6 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui unsplash.com/hugo aitken

Blueberry merupakan salah satu buah terbaik lho untuk penderita diabetes. Bahkan, The American Diabetes Associaton menyebut blueberry sebagai 'diabetes super', karena kandungan yang dimiliki buah ini, yaitu serat, vitamin, dan antioksidan, yang mampu memberikan beberapa manfaat untuk mengontrol diabetes. Selain itu, dengan rendahnya kalori dan banyaknya nutrisi yang ada pada blueberry, mampu membantu menurunkan berat badan, yang merupakan salah satu upaya untuk melawan diabetes.

5. Meningkatkan daya ingat dan suasana hati

6 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui unsplash.com/wesual click

Selain dapat mengobati infeksi saluran kemih (ISK) dan diabetes, blueberry juga mampu lho meningkatkan daya ingat dan suasana hati. Banyak penelitian yang menemukan fakta, bahwa mengonsumsi blueberry, akan mampu meningkatkan daya ingat dan juga kognisi seseorang. Sebuah studi menunjukkan fakta bahwa, dengan rutin setiap hari mengonsumsi jus blueberry selama 12 minggu, akan mampu meningkatkan daya ingat orang yang sudah tua (lansia). Selain itu, kandungan flavonoid pada blueberry liar, berperan sebagai anti depresan aktif, yang mampu membantu meningkatkan suasana hati.

6. Promosikan kesehatan jantung

6 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui medicalnewstoday.com

Selain dapat meningkatkan daya ingat, blueberry juga mampu untuk menjaga kesehatan jantungmu. Kandungan serat, folat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan vitonutrien yang terdapat pada blueberry, mampu untuk melindungi kesehatan jantungmu. Selain itu, blueberry juga tidak mengandung kolestrol, yang merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit jantung.

Nah, itulah ulasan dari 6 manfaat blueberry untuk kesehatan, yang ternyata masih jarang orang yang tahu. Wah, ternyata gak hanya rasanya saja yang lezat, namun ternyata juga menyehatkan!

Baca Juga: 5 Buah-buahan Tinggi Kolagen Ini Bikin Kulit Sehat dan Kinclong

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You