Comscore Tracker

Sering Berkeringat Berlebihan Ternyata Indikasi 5 Penyakit Kronis Ini

Tak semua keringat itu sehat

Mengeluarkan keringat merupakan hal yang normal bagi setiap manusia, bahkan itu menunjukkan tubuh dalam keadaan sehat, karena berkeringat menunjukkan metabolisme tubuh yang baik. Namun, Bagaimana jika kamu sering mengeluarkan keringat yang berlebihan, padahal sedang tidak melakukan aktivitas fisik? Bisa jadi itu merupakan tanda bahwa kamu sedang menderita suatu penyakit yang cukup serius.

Nah, agar kamu tidak penasaran penyakit apa yang kemungkinan sedang kamu derita, simak ulasan berikut tentang 5 penyakit kronis, yang memiliki ciri-ciri sering mengeluarkan keringat yang berlebihan.

1. Penyakit jantung

Sering Berkeringat Berlebihan Ternyata Indikasi 5 Penyakit Kronis Iniupi.com

Sering mengeluarkan keringat yang berlebihan merupakan salah satu ciri dari penyakit jantung. Apalagi jika kamu sering mengeluarkan keringat yang berlebihan tersebut pada siang dan malam hari, maka kemungkinan besar jantungmu sedang bermasalah.

Pada saat terjadi gangguan pada jantung, maka jantung akan bekerja dengan lebih ekstra untuk memompa darah melalui pembuluh darah darah jantung yang mengalami penyumbatan. Akibat hal tersebut, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan keringat agar dapat mempertahankan suhu tubuh, selama proses ini berlangsung.

2. Diabetes

Sering Berkeringat Berlebihan Ternyata Indikasi 5 Penyakit Kronis Initheconversation.com

Sering mengeluarkan keringat secara berlebihan juga merupakan salah satu ciri dari penyakit diabetes lho, meski bukan gejala khas diabetes pada umumnya. Pada penderita diabetes, keringat berlebih akan lebih terkonsentrasi pada bagian kulit kepala, wajah dan leher. Gejala utama dari penyakit diabetes yaitu mudah lapar, lemas, sering buang air kecil, dan luka yang lama sembuhnya.

3. Limfoma / kanker kelenjar getah bening

Sering Berkeringat Berlebihan Ternyata Indikasi 5 Penyakit Kronis Inimedium.com

Limfoma merupakan kanker yang timbul dalam sistem limfatik, yang menghubungkan kelenjar limfe atau kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Sering mengeluarkan keringat berlebihan di malam dan dini hari, merupakan salah satu gejala dari limfoma / kanker kelenjar getah bening.

Keringat berlebihan akibat limfoma, biasanya akan muncul di malam dan dini hari, meskipun udaranya dingin atau kamu sudah memakai pendingin ruangan. Kondisi ini umum terjadi lho, akibat dari metabolisme sel kanker. Tak hanya mengeluarkan keringat saja, penderita limfoma juga akan merasa meriang dan badan tidak enak.

Baca Juga: 8 Bagian Tubuh Ini Gak Disangka Adalah Produsen Keringat Terbesarmu

4. Hipertiroid

Sering Berkeringat Berlebihan Ternyata Indikasi 5 Penyakit Kronis Iniendocrineweb.com

Hipertiroid merupakan penyakit serius yang disebabkan oleh hormon berlebih yang berbentuk kupu-kupu di leher (tiroid). Hormon ini berfungsi sebagai pengontrol metabolisme pada tubuh. Penyakit kronis ini biasanya diderita oleh wanita yang berusia antara 20-40 tahun. Sering mengeluarkan keringat yang berlebihan merupakan salah satu ciri dari penyakit hipertiroid ini.

Selain sering mengeluarkan keringat yang berlebihan, hipertiroid juga memiliki beberapa ciri-ciri lainnya, yaitu berat badan yang turun secara drastis, mudah marah / emosi tidak stabil, hiperaktif, Insomnia dan diare.

5. Leukimia

Sering Berkeringat Berlebihan Ternyata Indikasi 5 Penyakit Kronis Ininetralnews.com

Leukimia merupakan salah satu jenis dari kanker darah, yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi. Leukimia lebih sering diderita oleh anak-anak dan juga remaja, namun juga bisa diderita oleh orang yang sudah tua. Sering mengeluarkan keringat yang berlebihan di malam hari, merupakan salah satu ciri dari leukimia.

Mengeluarkan keringat karena tubuh berusaha untuk melawan sel kanker. Selain itu, perubahan level hormon juga menyebabkan penderita leukimia mengeluarkan keringat di malam hari. Hal tersebut terjadi karena penderita kanker mengeluarkan keringat karena berusaha untuk mendinginkan tubuhnya sendiri. Selain berkeringat, tubuh penderita leukimia juga akan demam, dan berat badan akan menurun secara drastis.

Itulah ulasan dari 5 penyakit kronis yang salah satu ciri-cirinya adalah mengeluarkan keringat yang berlebihan, segera periksakan diri ke dokter jika memiliki ciri-ciri seperti penyakit kronis diatas.

Baca Juga: Mitos Tentang Berkeringat: Apa Benar Bisa Membakar Lemak & Bikin Kurus

eliza Photo Community Writer eliza

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You