Comscore Tracker

Terungkap, Ini 7 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan!

Manfaatnya jarang orang tahu

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang seringkali digunakan untuk bumbu masakan dan penambah rasa untuk minuman. Namun ternyata kayu manis gak hanya digunakan untuk bumbu masakan dan minuman saja lho, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bahkan, para peneliti telah menemukan bahwa kayu manis menempati peringkat ke-1 dari 26 rempah-rempah yang paling populer di dunia dalam hal tingkat antioksidan pelindungnya. Wah, kira-kira apa saja ya manfaat kayu manis untuk kesehatan?

1. Membantu mengobati diabetes tipe 2

Terungkap, Ini 7 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan!newsbook.com.mt

Meski penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, namun kayu manis dapat membantu mengurangi gejalanya. Kayu manis dapat membantu mengelola gejala diabetes tipe 2 dengan cara menurunkan tekanan darah, yang ternyata memiliki efek yang positif pada penanda gula darah bagi para penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, kayu manis juga dapat mengurangi resistensi insulin, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah puasa hingga 29%.

2. Mencegah kanker

Terungkap, Ini 7 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan!bbc.com

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, dan juga dapat mengurangi peradangan, sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan penyakit lainnya.

3. Menurunkan kolestrol jahat

Terungkap, Ini 7 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan!aarp.org

Tak hanya dapat membantu membantu mengobati diabetes dan mencegah kanker saja, ternyata kayu manis dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Kayu manis dapat meningkatkan kadar kolestrol HDL (kolestrol baik) yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Hebat Minyak Wijen untuk Rambut, Sudah Pernah Coba?

4. Membantu mengurangi gejala Alzheimer dan Parkinson

Terungkap, Ini 7 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan!gazatevatan.com

Kayu manis dapat membantu kerja neuron dan meningkatkan fungsi motorik pada penderita Alzheimer dan Parkinson, sehingga dapat membantu penderita kedua penyakit ini dapat melanjutkan rutinitas mereka dengan lebih baik.

Selain itu, kayu manis juga dapat menghambat perkembangan Alzheimer dan Parkinson, serta juga dapat mengurangi respon terhadap stres, sehingga para penderita Alzheimer dan Parkinson bisa tetap fokus dan waspada pada aktivitas yang sedang mereka lakukan.

5. Mencegah penyakit jantung

Terungkap, Ini 7 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan!medicalnewstoday.com

Tak hanya dapat mengatasi Alzheimer dan Parkinson saja, kayu manis juga dapat mencegah penyakit jantung. Kayu manis telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolestrol yang tinggi, dimana keduanya merupakan faktor penyebab timbulnya penyakit jantung.

6. Menjaga kesehatan usus besar

Terungkap, Ini 7 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan!viralted.com

Ternyata kayu manis gak hanya dapat mencegah penyakit jantung saja, namun juga bisa menjaga kesehatan usus besar, mengapa? Karena kayu manis merupakan sumber serat, kalsium dan mangan, yang ketiganya merupakan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan usus besar. Kandungan serat dan kalsium yang ada pada kayu manis, dapat mengikat garam empedu, sehingga membantu tubuh mengeluarkan hal-hal yang tidak perlu.

7. Menjaga kesehatan kulit

Terungkap, Ini 7 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan!justnashik.com

Salah satu manfaat terbesar dari kayu manis adalah dapat menjaga kesehatan kulit, mengapa? Karena kayu manis bersifat antibiotik dan antimikroba, sehingga dapat membantu melindungi kulit dari ruam, reaksi alergi, iritasi dan infeksi. Selain itu, kayu manis juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen ini merupakan hormon yang dapat membuat kulit terlihat lebih segar dan awet muda.

Nah, itulah ulasan dari 7 manfaat kayu manis yang jarang diketahui orang. Kecil-kecil, kaya akan manfaat, bukan?

Baca Juga: 5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Saat Kamu Berhenti Konsumsi Gula

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

humble and strong women

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You