Comscore Tracker

Selain Pisang, 7 Jenis Makanan Ini Juga Kaya Akan Potasium atau Kalium

Kalium punya banyak peran penting untuk kesehatan kita

Kalium atau potasium adalah salah satu jenis mineral esensial yang berguna untuk menunjang aktivitas sel dan sistem saraf. Beberapa manfaatnya antara lain membantu menjaga keseimbangan cairan, mengurangi tekanan darah, membantu melawan stroke, serta mencegah osteoporosis.

Menurut keterangan dari National Institutes of Health (NIH), orang dewasa berusia 19-50 tahun setidaknya menerima asupan 2.600 mg kalium per hari untuk perempuan dan 3.400 mg per hari untuk laki-laki.

Salah satu sumber kalium yang mudah dijumpai adalah pisang, yaitu sebanyak 256 mg, berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Rutin mengonsumsinya bisa menjaga asupan kalium kita tetap terpenuhi.

Selain pisang, ternyata masih banyak jenis makanan tinggi kalium dan bisa ditambahkan ke dalam pola makan sehari-hari. Apa saja makanan tersebut? Berikut di antaranya!

1. Kentang 

Selain Pisang, 7 Jenis Makanan Ini Juga Kaya Akan Potasium atau Kaliumilustrasi kentang (unsplash.com/Andrey Metelev)

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang kandungan kaliumnya lebih tinggi daripada pisang. Menurut USDA, dalam sebuah kentang mentah berukurang kecil (setara dengan 170 gram) mengandung 722 mg kalium. 

Selain itu, kentang juga punya kandungan serat yang tinggi dan baik untuk mengontrol kadar gula darah dan kolesterol. Itulah mengapa kentang termasuk salah satu bahan makanan terbaik yang bagus untuk kita konsumsi.

2. Ubi 

Selain Pisang, 7 Jenis Makanan Ini Juga Kaya Akan Potasium atau Kaliumilustrasi ubi ungu (unsplash.com/Louis Hansel)

Masih dari golongan umbi-umbian, sweet potato atau ubi manis juga merupakan salah satu sumber kalium dan antioksidan yang dapat membantu tubuh kita melawan radikal bebas.

Dengan berbagai bentuk dan warna yang beragam, porsi 130 gram ubi setidaknya menawarkan hingga 438 mg potasium.

Selain itu, ubi juga mengandung serat, karbohidrat, serta protein yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Sering Dikira Sama, Apa Bedanya Vitamin K dan Potasium?

3. Kacang kedelai 

Selain Pisang, 7 Jenis Makanan Ini Juga Kaya Akan Potasium atau Kaliumilustrasi kacang kedelai (freepik.com/jcomp)

Dalam 100 gram kacang kedelai setidaknya terdapat 620 mg potasium. Kandungan ini juga diimbangi dengan beragam nutrisi lain yang membuat kacang kedelai dikenal memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol.

Meski demikian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang kedelai bisa memberikan dampak negatif bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti dilansir Healthline. Walaupun belum ada kesimpulan yang jelas, sebaiknya tetap batasi konsumsinya bila ada kondisi medis tertentu.

4. Bayam 

Selain Pisang, 7 Jenis Makanan Ini Juga Kaya Akan Potasium atau Kaliumilustrasi bayam (pexels.com/Jacqueline Howell)

Nutrisi pada bayam memang tidak diragukan lagi. Sayuran hijau yang satu ini bisa membantu meningkatkan kesehatan mata, menurunkan kadar stres oksidatif, serta membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

Salah satu kandungan yang berkontribusi dalam memberikan manfaat ini adalah kalium. Menurut USDA, seikat bayam atau setara dengan 340 gram bisa mengandung hingga 1.900 mg potasium.

5. Pasta tomat

Selain Pisang, 7 Jenis Makanan Ini Juga Kaya Akan Potasium atau Kaliumilustrasi tomat (unsplash.com/Vince Lee)

Pasta tomat dibuat dari tomat yang dimasak yang telah dikupas dan dibuang bijinya. Bumbu pekat ini menambah rasa luar biasa pada semua saus dan hidangan berbahan dasar tomat. Pasta tomat bisa dibeli di swalayan atau dibuat sendiri di rumah.

Sebanyak tiga sendok makan (sekitar 50 gram) mengandung 486 gram kalium, yang mana sudah bisa memenuhi 10 persen dari kebutuhan tubuh akan mineral ini. Pasta tomat juga merupakan sumber vitamin C yang baik dan tentu saja likopen, yang merupakan antioksidan penting dalam tomat.

Meski demikian, waspadai produk yang telah ditambahkan gula, zat aditif, atau pengawet. Cek kemasan produk, ya!

6. Alpukat 

Selain Pisang, 7 Jenis Makanan Ini Juga Kaya Akan Potasium atau Kaliumilustrasi alpukat (pexels.com/Thought Catalog)

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi dan lemak sehat, sehingga sering dijadikan makanan pendamping dalam diet. Untuk kandungannya sendiri, 1 cangkir alpukat (setara dengan 150 gram) mengandung 728 mg kalium.

Selain merupakan sumber kalium yang baik, alpukat juga dilengkapi dengan antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan jantung kita.

7. Ikan tuna 

Selain Pisang, 7 Jenis Makanan Ini Juga Kaya Akan Potasium atau Kaliumfoto daging tuna segar (freepik.com/lifeforstock)

Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang jenisnya bervariasi dan mudah dijumpai di pasaran. Sebagai ikan laut, daging ikan tuna sangat bernutrisi sehingga dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan.

Dalam 100 gram ikan tuna cakalang mentah saja, setidaknya terkandung 407 mg potasium yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Itulah tujuh makanan yang tinggi akan kalium selain pisang. Dengan menambahkannya ke dalam pola makan sehat sehari-hari, tentunya kamu akan mendapat banyak manfaat. Optimalkan dengan variasi makanan sehat lainnya, rutin olahraga, istirahat cukup, dan mampu mengelola stres dengan baik, ya!

Baca Juga: Benar-benar Ada? Ini 6 Fakta tentang Vitamin U yang Jarang Diketahui

Halifa Ghaisani Photo Verified Writer Halifa Ghaisani

Human being

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya