Comscore Tracker

Basmi Radikal Bebas dengan 6 Sayuran Kaya Antioksidan Ini

Yuk, perbanyak makan sayur!

Pernah mendengar istilah antioksidan? Antioksidan merupakan suatu zat yang dihasilkan dari nutrisi dalam makanan. Gunanya untuk menangkal radikal bebas yang menyerang sel-sel dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan penting untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Berikut enam jenis sayuran yang mengandung antioksidan tinggi!

1. Pakis

Basmi Radikal Bebas dengan 6 Sayuran Kaya Antioksidan Inidartagnan.com

Sayuran yang hidup di lingkungan teduh dan lembap ini banyak dikonsumsi di berbagai negara. Pakis termasuk salah satu jenis sayuran yang kaya antioksidan, loh.

Pakis memiliki senyawa fenol yang cukup tinggi mencapai  61,56mg/100 gram. Dari senyawa fenol tersebut, pakis mengandung antioksidan tinggi.

2. Asparagus

Basmi Radikal Bebas dengan 6 Sayuran Kaya Antioksidan Inipixabay/Taken

Sayuran yang memiliki aroma khas ini menjadi satu di antara sayuran yang kaya antioksidan. Menurut National Cancer Institute, Amerika Serikat, hal tersebut didapat dari glutation. Glutation merupakan salah satu enzim dari tumbuhan yang dapat membentuk zat antioksidan. Itu sebabnya mengonsumsi asparagus sangat dianjurkan guna kesehatan tubuh.

3. Wortel

Basmi Radikal Bebas dengan 6 Sayuran Kaya Antioksidan Inipixabay/Pexels

Sayuran berwarna oranye yang kerap dijadikan sop ini termasuk jenis sayuran yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Itu sebabnya wortel bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Ketika dimasak, kadar antioksidan salam wortel meningkat 14 persen. Antioksidan dan antiinflamasi pada wortel ini didapat dari senyawa polifenol, carotenoid, lutein glucosinolate dan tocopherol.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!

4. Bok choy

Basmi Radikal Bebas dengan 6 Sayuran Kaya Antioksidan Inipixabay/vkoreastore1

Sayuran yang biasa dijadikan lalap ini termasuk jenis sayuran yang kaya antioksidan. Selain vitamin A, B, dan kalsium yang tinggi, bok choy mengandung senyawa indole dan thiol yang akan membentuk antioksidan. Semuanya bermanfaat untuk kesehatan.

5. Bayam

Basmi Radikal Bebas dengan 6 Sayuran Kaya Antioksidan Inipixabay/valkian

Sayuran hijau yang biasa diolah menjadi sop ini memiliki kandungan antioksidan tinggi. Bayam mengandung senyawa lutein yang akan berubah menjadi antioksidan. Manfaat lutein pada bayam pun bermanfaat menjaga retina mata, degenerasi makula, dan katarak.

6. Kubis ungu

Basmi Radikal Bebas dengan 6 Sayuran Kaya Antioksidan Inipixabay/szjeno09190

Kubis ungu pun menjadi salah satu sayuran yang memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan pada kubis ungu akan meningkat 4 kali lipat setelah direbus. Antioksidan yang terkandung pada kubis ungu, yaitu antosianin. Antosianin ini bermanfaat untuk kesehatan seperti mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan mengurangi risiko serangan jantung serta kanker.

Itulah jenis-jenis sayuran yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Yuk, konsumsi sayuran-sayuran tersebut guna mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kamu.

Baca Juga: 8 Sayuran yang Bisa Tumbuh Kembali Meski Sudah Dikonsumsi

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya