Comscore Tracker

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!

Jerawat punggung sering terabaikan karena tak terlihat

Jerawat adalah salah satu musuh terbesar kita. Kulit terasa tidak nyaman, sakit saat dipegang, apalagi jika tak sengaja tergaruk atau bergesekan dengan pakaian. Jerawat bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja. Umumnya jerawat muncul area wajah, seperti di sekitar hidung, dahi, pipi, dan dagu. Namun, jerawat juga bisa tumbuh di badan, paling sering di punggung.

Dilansir Everyday Health, jerawat di punggung biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal. Mandi yang kurang bersih juga bisa membuat bakteri menumpuk di sana dan jadi meradang.

Tenang, bukan hanya kamu, kok, yang mengalaminya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat di punggung. Mudah dan dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Pastikan kamu selalu mandi setelah berkeringat

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!ilustrasi mandi (azernews.az)

Setelah menjalankan aktivitas berat seperti berolahraga, kamu harus selalu mandi. Pasalnya, keringat dan minyak berkontribusi besar terhadap munculnya jerawat. Pastikan juga kamu menggosoknya dengan rata dan menyeluruh. Jangan biarkan ada spot yang tertinggal. 

2. Hindari pemakaian baju yang terlalu ketat saat olahraga

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!ilustrasi pakaian saat olahraga (pexels.com/Jonathan Borba)

Keringat adalah salah satu alasan utama kita berjerawat. Selain itu, baju yang kita gunakan ternyata juga memegang peran yang besa, lo! Sebaiknya hindari baju yang terlalu ketat saat berolahraga atau melakukan aktivitas yang menimbulkan keringat. 

Dilansir The Healthy, baju yang ketat dapat mengunci pori-pori dan folikel rambut. Akhirnya, kelenjar keringat dan minyak pun tak dapat mengeluarkan cairannya. Inilah asal-muasal dari peradangan yang menyebabkan jerawat.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh dan Efektif untuk Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

3. Sebaliknya, berolahraga tanpa mengenakan baju pun juga akan menimbulkan masalah

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!ilustrasi olahraga bertelanjang dada (pexels.com/John Seldon)

Jika kamu berpikir bahwa solusi dari poin nomor dua adalah dengan menanggalkan pakaian, kamu salah besar. Justru berolahraga tanpa memakai baju dapat membuat kulit punggung terpapar debu dan kotoran. Setelahnya, pori-pori akan tersumbat dan berjerawat. Jadi, solusi terbaik untuk hal ini adalah dengan menggunakan baju yang longgar.

4. Gunakan produk kulit berbahan tea tree oil

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!ilustrasi tea tree oil (medicalnewstoday.com)

Tea tree oil adalah kandungan produk kulit yang selalu bisa diandalkan untuk mengatasi jerawat. Khasiatnya sudah terbukti melalui penelitian bertahun-tahun. Studi yang dipublikasikan oleh National Center for Complementary and Integrative Health menunjukkan bahwa minyak tersebut memiliki kandungan antibakteri dan jamur. 

Cara kerjanya adalah dengan mengurangi pembengkakan dan peradangan. Ada banyak produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil, kamu hanya perlu mencari mana yang cocok untukmu dan pilih produk yang berkualitas.

5. Usahakan ikat rambut agar tidak mengenai punggung

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!ilustrasi mengikat rambut (hearstapps.com)

Rambut yang panjang membutuhkan perawatan ekstra. Tidak hanya itu, kamu juga harus mencegahnya agar tidak mengenai punggung, terutama saat sedang berkeringat. Dilansir Healthline, hal itu dapat memicu munculnya jerawat. 

Selain itu, sebisa mungkin cegah sampo dan kondisioner agar tidak mengenai kulit punggung atau setelahnya bilas hingga bersih. Sebab, bahan kimia yang dikandungnya dapat menyumbat pori-porimu.

6. Ganti seprai dan sarung bantal secara rutin

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!ilustrasi mengganti seprai kasur (sleep.com)

Ketika kita tidur, tanpa disadari sel kulit mati dan minyak tubuh tertinggal di seprai dan sarung bantal. Ketika dibiarkan terus-menerus, mereka akan menumpuk dan akhirnya membuat kulit menjadi kotor. Jerawat pun tak dapat dihindari. 

Hal yang sama juga berlaku untuk handuk, bra, dan piama. Dilansir The Healthy, ahli dermatologi Angela Lamb menyarankan agar kita menggantinya sesering mungkin, maksimal seminggu sekali. 

7. Jaga pola makan

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!ilustrasi makanan sehat (simplemost.com)

“You are what you eat” adalah ungkapan yang tepat untuk hal ini. Terlalu banyak makan makanan yang berminyak dapat membuat kita berjerawat. Oleh karena itu, jaga pola makanmu. 

Studi dari American Academy of Dermatology menyarankan agar kita menghindari makanan yang tinggi akan glikemik. Mereka akan meningkatkan kadar gula darah dan membuat jerawat jadi lebih parah. Contohnya adalah roti, kentang, pasta, dan nasi. Sebaliknya, perbanyak konsumsi sayur, buah, protein, dan biji-bijian.

8. Gunakan cuka apel sebagai obat luar dan dalam

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!ilustrasi cuka sari apel (uchicagomedicine.org)

Cuka apel dikenal kaya akan manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah jerawat. Kamu bisa menggunakannya sebagai toner. Semprotkan cairan tersebut ke bagian punggung yang berjerawat, atau gunakan kapas untuk mengaplikasikannya.

Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya obat dalam. Cukup larutkan 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Minumlah setiap hari jika kamu tidak ada masalah dengan asam lambung. 

9. Eksfoliasi 1-3 kali dalam seminggu

Sudah Coba 9 Cara Ini untuk Membasmi Jerawat di Punggung? Efektif!ilustrasi eksfoliasi punggung (eclecticahairdesign.com)

American Academy of Dermatology mengatakan bahwa pori-pori di punggung sebenarnya lebih besar daripada di wajah. Itulah kenapa punggung lebih rentan tersumbat kotoran dan berjerawat. Cara untuk membersihkannya adalah dengan melakukan eksfoliasi. 

Gunakan scrub dengan asam salisilat untuk menghilangkan sel kulit mati serta membersihkan pori-pori yang tersumbat. Lakukan prosedur tersebut 1-3 kali seminggu. Jangan lebih dari itu, ya, agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Nah, mudah sekali, kan, cara-cara menghilangkan jerawat punggung di atas? Pastikan kamu mencobanya jika tak ingin terus tersiksa karena jerawat punggung yang membandel!

Baca Juga: Coba Skincare Baru Jadi Jerawatan? Ini Perbedaan Purging dan Breakout

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya