Comscore Tracker

7 Tanda Kamu Harus Berhenti Makan Makanan Pedas, Bisa Bikin Break Out

Jangan tunggu sampai perut panas, ya

Indonesia menempati peringkat sepuluh untuk negara dengan kuliner terpedas di dunia. Tak heran, sebab masyarakat di negara kita memang menyukai makanan dengan bahan cabai. Data dari lembaga Licorice tahun 2016 mengatakan bahwa setidaknya 93,6 persen warga negara Indonesia gemar menyantap makanan pedas

Akan tetapi, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas juga tak baik untuk kesehatan. Dilansir Health Digest, beberapa dampaknya adalah gangguan pencernaan, masalah kulit, dan bahkan menurunnya kualitas tidur. Agar kamu tidak mengalami hal-hal tersebut, berhentilah mengonsumsi makanan pedas ketika tanda-tanda berikut ini muncul. 

1. Kamu mengalami heartburn

7 Tanda Kamu Harus Berhenti Makan Makanan Pedas, Bisa Bikin Break Outilustrasi heartburn (freepik.com/jcomp)

Heartburn merupakan kondisi ketika dada hingga leher terasa panas karena asam lambung mengalir naik ke kerongkongan. Makanan-makanan pedas sering kali menjadi biang kerok dari masalah tersebut. 

Dilansir Insider, ini terjadi karena makanan yang mengandung cabai kaya akan senyawa bernama kapsaisin atau capsaicin. Bahan kimia alami itu memperlambat pencernaan. Akibatnya, makanan pun berada di lambung dalam waktu yang lebih lama. Ini meningkatkan risiko heartburn

2. Perutmu terasa sakit

7 Tanda Kamu Harus Berhenti Makan Makanan Pedas, Bisa Bikin Break Outilustrasi sakit perut (freepik.com/8photo)

Konsumsi makanan pedas secara berlebihan adalah salah satu penyebab umum dari gangguan pencernaan. Contohnya diare dan penyakit asam lambung. Laporan dari publikasi StatPearls tahun 2021 mengatakan bahwa ini terjadi karena capsaicin dapat membuat dinding lambung iritasi. 

Lebih lanjut, ketika kamu mengonsumsinya dalam jumlah besar, capsaicin akan menimbulkan masalah lain, yaitu irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar. Jadi sebaiknya segera berhenti ketika kamu mulai merasa sakit perut, ya.

3. Wajah berjerawat

7 Tanda Kamu Harus Berhenti Makan Makanan Pedas, Bisa Bikin Break Outilustrasi jerawat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ternyata efek makanan pedas tidak hanya dirasakan oleh sistem pencernaan. Terlalu banyak mengonsumsinya bisa membuatmu break out atau berjerawat, khususnya di area wajah. Bagaimana bisa?

Menurut laporan Allure, efek tersebut bisa terjadi karena ketika mengonsumsi makanan pedas, suhu tubuh naik dan memproduksi keringat. Hal ini mendorong minyak atau sebum keluar dan menutupi pori-pori. Minyak yang bercampur dengan bakteri dan debu akan menyumbat dan menjadi jerawat

4. Napas menjadi bau

7 Tanda Kamu Harus Berhenti Makan Makanan Pedas, Bisa Bikin Break Outilustrasi bau mulut (freepik.com/karlyukav)

Hidangan dengan aroma menyengat memang bisa membuat napas menjadi bau. Ternyata, makanan pedas termasuk salah satunya, lo. Dilansir Health, ternyata heartburn yang dipicu oleh jenis makanan itulah penyebabnya. Ketika asam lambung terdorong ke area kerongkongan, ia juga membawa gas yang bau ke arah mulut. 

Baca Juga: [INFOGRAFIS] COVID-19 Melonjak, Ini Cara Pakai Masker Ganda yang Benar

5. Kamu jadi sulit tidur

7 Tanda Kamu Harus Berhenti Makan Makanan Pedas, Bisa Bikin Break Outilustrasi insomnia (pexels.com/Ivan Samkov)

Tak disangka-sangka, makanan pedas juga bisa membuat kita sulit tidur, lo. Lagi-lagi ini terjadi karena heartburn yang sering kali timbul setelah menyantap makanan tersebut dalam jumlah besar. 

Dilansir WebMD, orang yang mengalami heartburn akan merasa tak nyaman ketika berbaring. Sebab, posisi tersebut membuat asam lambung lebih mudah mengalir ke atas. Dada pun semakin terasa panas dan terbakar. 

6. Kamu sakit tenggorokan atau kehilangan suara

7 Tanda Kamu Harus Berhenti Makan Makanan Pedas, Bisa Bikin Break Outilustrasi sakit tenggorokan (freepik.com/mdjaff)

Tanda berikutnya dari terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas adalah kamu mengalami sakit tenggorokan. Terkadang, kondisi ini juga diiringi dengan suara yang mendadak hilang atau jadi parau. 

Menurut para ahli dari Mayo Clinic, ini terjadi karena jenis makanan tersebut mudah mengiritasi kerongkongan. Apalagi jika kamu juga mengalami heartburn dan sakit asam lambung. Tenggorokan akan terasa sakit dan tampak memerah. 

7. Muncul ruam di kulit

7 Tanda Kamu Harus Berhenti Makan Makanan Pedas, Bisa Bikin Break Outilustrasi gatal-gatal (freepik.com/wayhomestudio)

Segera berhenti makan ketika muncul ruam kemerahan pada kulit. Walaupun jarang terjadi, makanan pedas dapat memicu reseptor panas di kulit. Ketika ini terjadi, sistem saraf pusat kebingungan dan mengira bahwa rangsangan tersebut berasal dari bahan kimia berbahaya. Sebagai respons, kulit pun akan "dihiasi" oleh ruam yang gatal dan berwarna merah. 

Sebenarnya, jika dikonsumsi dalam batas normal, makanan pedas dapat membawa berbagai manfaat untuk tubuh kita. Contohnya, meningkatkan mood, lebih kebal terhadap rasa sakit, hingga memperkuat sistem imun. 

Namun, kamu harus membatasi jumlah dan intensitas konsumsinya, ya. Jika tanda-tanda di atas mulai muncul, itu artinya kamu harus segera berhenti. 

Baca Juga: Begini 8 Efek Jika Kita Makan Pedas Tiap Hari 

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya