Comscore Tracker

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!

Sehat bisa tetap nyemil enak, kok~

Mendapatkan nutrisi lengkap dan optimal merupakan salah satu hak dan kewajiban ibu selama mengandung. Pasalnya, makanan sehat, baik untuk kesehatan ibu serta tumbuh kembang janin. 

Menentukan camilan ibu hamil yang sehat bisa jadi sangat penting. Bukan hanya lengkap secara gizi, tetapi juga enak sehingga dapat dikonsumsi ibu meski terdapat perubahan pola makan. Terlebih jika ibu hamil pun mengalami morning sickness.

Ide camilan sehat untuk ibu dan kandungan ini bisa kamu coba. Mix and match juga makanan ringan berikut sehingga menemukan menu favoritmu.

Macam-macam camilan ibu hamil

Makanan ringan alias camilan merupakan opsi cerdas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Meski ibu hamil lapar, belum tentu bayi juga lapar. Namun, tak ada salahnya untuk tetap mencamil, kan? 

Mengonsumsi jajanan ringan nan sehat dapat memenuhi kebutuhan kalori ketika mengandung. Berikut camilan sehat yang bisa ibu coba selama masa kehamilan.

1. Apel, selai kacang, dan crackers

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!ilustrasi selai kacang dan apel (unsplash.com/Christine Siracusa)

Pencinta selai kacang? Jika iya, coba kombinasikan olahan selai dengan apel dan crackers. Snack ini mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Selain itu, camilan ini bisa membantumu tetap kenyang ketika tidak ingin makan makanan berat. 

Untuk mengonsumsinya, cukup oleskan 1-2 sendok selai pada potongan apel dan crackers. Namun, pastikan memilih selai organik alih-alih biasa, ya. Nah, supaya tak bosan, kamu  bisa menggunakan selai kacang dari almond atau kacang mede serta selai buah sebagai variasi.

2. Keripik tortilla dan guacamole

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!ilustrasi guacamole (pexels.com/Dayvison de Oliveira Silva)

Apakah ibu hamil boleh makan snack? Selama pilihan camilan ringan tetap sehat, maka boleh-boleh saja. Nah, camilan yang bisa dipilih seperti keripik tortilla dengan guacamole. Untuk keripik tortila, pilih yang terbuat dari gandum utuh dan tinggi serat, ya. 

Cara konsumsinya, celupkan pada olahan saus alpukat alias guacamole. Saus tersebut kaya akan folat dan vitamin B yang membantu mencegah cacat lahir. Selain itu, saus ini mengandung lemak yang menyehatkan jantung.

3. Yoghurt

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!ilustrasi yoghurt (pixabay.com/Aline Ponce)

Produk olahan susu ini terkenal akan nutrisinya yang baik untuk pencernaan. Yoghurt kaya probiotik, protein, kalsium, dan antibiotik yang seluruhnya dibutuhkan oleh ibu hamil.

Namun, baiknya pilih greek yogurt yang lebih kaya akan serat. Meski begitu, jenis yoghurt lainnya juga tidak kalah bagus. Untuk konsumsinya, bisa coba kombinasikan dengan buah beri atau taburan kacang agar lebih yummy. 

4. Cokelat dan buah

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!ilustrasi coklat dan buah (pexels.com/fotios-photos)

Siapa yang bisa bilang 'tidak' pada coklat? Ibu hamil pun tetap boleh mendapatkan asupan manis-manis, lho! Termasuk manis dari cokelat. Dengan syarat, pilih cokelat yang tidak mengandung gula dan lemak terlalu tinggi. 

Cokelat ini bisa kamu campurkan sebagai topping salad buah. Dilansir WebMD, cokelat memberikan efek positif untuk mencegah dan mengurangi preeklamsia selama kehamilan.

Baca Juga: 7 Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil, Sehatkan Ibu dan Janin

5. Keju cottage dengan beri

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!keju cottage (Pexels/ Christina Polupanova)

Selain cokelat, keju pun bisa jadi variasi camilan ibu hamil yang sehat. Ada sekitar 11 gram protein per porsi dari keju cottage. Selain itu, terdapat pula kandungan kalsium.

Kedua nutrisi tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan tulang. Untuk kombinasi asam manis yang menggigit, coba tambahkan buah beri sebagai pelengkap keju tersebut.

6. Kacang-kacangan

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!ilustrasi kacang-kacangan (pexels.com/Mike)

Bukan rahasia jika kacang-kacangan masuk jadi camilan ibu hamil yang sehat. Camilan ini kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang membuatmu tetap kenyang selama ngidam. 

Beberapa jenis kacang juga kaya akan serat. Kandungan tersebut membantu mencegah konstipasi selama masa kehamilan. Di sisi lain, kacang mudah dibawa ke mana saja dan dimakan kapan saja.

7. Granola bar

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!ilustrasi granola bar (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Stik granola memiliki kelebihan sebagai makanan ringan yang mudah dibawa ke mana saja. Kamu pun tidak perlu repot menyimpannya di lemari pendingin. Makanan ini sendiri terdiri dari biji-bijian utuh.

Bukan hanya cocok sebagai snack on the go, granola bar juga punya kandungan serat. Saat membeli, perhatikan tabel gizinya, ya. Pastikan memilih yang punya kurang dari 10 gram gula dan setidaknya 3 serat per sajian.

8. Toasted waffle dan selai alpukat atau kacang

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!ilustrasi waffle (unsplash.com/twoluckyspoons)

Ngidam yang manis-manis memang bikin ngiler. Salah satu menu manis yang enak dan sehat adalah kombinasi toasted waffle dengan selai alpukat atau kacang. Pilih yang rendah gula, ya.

Almond butter umumnya menawarkan 3 gram protein dan lebih dari 1,5 gram serat di setiap sendok makan 98 kalori. Cocok sebagai makanan ringan yang nyaman di perut.

9. Melon atau semangka dengan jeruk nipis

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!ilustrasi melon (pexels.com/Alleksana)

Membaca judulnya saja auto bisa membayangkan rasa kecut bercampur manis melon atau semangka. Buah-buahan ini kaya akan air yang membantumu mencegah dehidrasi selama kehamilan. 

camilan ibu hamil semangka potong dadu mengandung 170 mg potasium. Nutrisi ini diperlukan untuk mendukung kelahiran bayi yang sehat.

10. Popcorn

10 Camilan Ibu Hamil yang Bernutrisi, tapi Tetap Yummy!ilustrasi popcorn (freepik.com/topntp26)

Siapa yang suka popcorn? Wah, ibu hamil boleh makan snack satu ini, lho! Popcorn termasuk camilan tinggi serat yang membantu mengatasi sembelit

Untuk menghindari risiko terlalu asin atau manis, buat sendiri popcorn di rumah. Tambahkan taburan cokelat atau butter secukupnya untuk cita rasa yang yummy di lidah.

Dari seluruh pilihan camilan ibu hamil di atas, mana yang menggugah selera? Untuk mengonsumsinya, kamu juga bisa menyilangkan kombinasi jajanan agar cita rasanya lebih enak dan sesuai seleramu.

Baca Juga: 7 Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Perlu Dihindari!

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya