Comscore Tracker

Baru Mulai Olahraga di Rumah? Lengkapi dengan 5 Alat Ini

Supaya olahraga lebih variatif dan efektif

Semenjak COVID-19 merebak, sebagian besar pusat kebugaran dan area publik ditutup guna memutus rantai penyebaran virus corona SARS-CoV-2. Sebagai upaya untuk tetap fit walau lebih banyak di rumah, home workout atau olahraga di rumah banyak dipilih.

Kendati berolahraga di rumah, kita tetap bisa melakukan olahraga kompleks layaknya di gym. Sejumlah alat dapat menunjang olahraga di rumah agar tetap efektif dan variatif. Bukan cuma untuk yang sudah mahir, kamu yang baru mulai berolahraga atau pemula tetap bisa menggunakannya, lo!

Dirangkum dari beberapa sumber, inilah beberapa alat yang bisa menemani home workout kamu.

1. Dumbel

Baru Mulai Olahraga di Rumah? Lengkapi dengan 5 Alat IniIlustrasi dumbell (pexels.com/Pixabay)

Selain olahraga kardio, latihan kekuatan sangat disarankan untuk menjaga kebugaran karena dapat meningkatkan massa otot. Jenis latihan ini biasanya memanfaatkan berat badan kita (bodyweight training) yang melibatkan gerakan seperti squat, pull-up, sit-up, jumping jack, dan lunges.

Latihan kekuatan juga bisa menggunakan alat berat, seperti dumbel dengan bobot yang bervariasi. Kalau kamu baru pertama kali menggunakan alat ini, mulailah dengan bobot paling ringan, yaitu 0,5 kilogram (kg). Bila sudah terbiasa, tambah bobotnya perlahan hingga 10 kg. 

Biasanya dumbel digunakan sebanyak satu pasang. Kamu tetap bisa menggunakannya dalam gerakan olahraga seperti biceps curltriceps extension, atau shoulder press.

2. Resistance band

Baru Mulai Olahraga di Rumah? Lengkapi dengan 5 Alat Iniilustrasi olahraga di rumah dengan resistance band (pexels.com/SHVETS production)

Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas di tubuh bagian bawah akan lebih optimal jika menggunakan alat, seperti resistance band. Ini merupakan pita elastis yang dapat digunakan untuk memodifikasi berbagai gerakan, seperti glute bridge atau lunges. Selain itu, bentuknya yang ringan dan kecil membuatnya mudah dibawa ke mana-mana dan digunakan kapan saja.

Seperti dumbel, alat ini juga memiliki tingkat ketahanan yang beragam. Makin tinggi tingkat ketahanannya, tingkat kesulitannya pun makin besar. Oleh karena itu, pemula dianjurkan untuk menggunakan resistance band dengan tingkat ketahanan yang ringan terlebih dahulu, lalu naikkan tingkat ketahanannya seiring waktu.

Baca Juga: 5 Gerakan Olahraga Simpel di Rumah, Kuatkan Sistem Imun

3. Matras

Baru Mulai Olahraga di Rumah? Lengkapi dengan 5 Alat Iniilustrasi matras yoga (pexels.com/KoolShooters)

Di samping fungsi estetika, matras berfungsi untuk melindungi kamu ketika melakukan manuver berbagai gerakan olahraga. Ini karena matras yoga berbahan dasar karet, sehingga tidak licin ketika bersentuhan dengan kulit meskipun basah karena keringat.

Bantalan pada matras juga bisa mencegah kamu terbentur langsung dengan lantai ketika melakukan gerakan kompleks seperti burpee. Namun, ketebalan matras bisa dipilih berdasarkan jenis olahraga dan kebutuhan kamu.

Matras dengan ketebalan tipis cocok bagi kamu yang suka melakukan olahraga dinamis dan sering bepergian, sedangkan matras tebal cocok untuk pemula yang lebih banyak melakukan olahraga di rumah.

4. Kettlebell

Baru Mulai Olahraga di Rumah? Lengkapi dengan 5 Alat Iniilustrasi olahraga di rumah dengan kettlebell (unsplash.com/Diego Lozano)

Sama-sama termasuk alat beban untuk melatih kekuatan, kettlebell berbeda dengan dumbel dari segi bobot dan cara penggunaannya. Alat berbentuk bola ini memiliki variasi bobot yang lebih berat, yaitu berkisar 8 hingga 20 kg. Cara penggunaannya pun diayunkan atau diangkat dengan dua tangan.

Alat ini bisa digunakan untuk memodifikasi gerakan olahraga tubuh bagian bawah, seperti goblet squat, lunges, dan deadlift. Sebelum menggunakan kettlebell, pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu guna menghindari cedera. Gunakan bobot yang sesuai dengan kemampuanmu.

5. Foam roller

Baru Mulai Olahraga di Rumah? Lengkapi dengan 5 Alat Iniilustrasi foam roller (freepik.com/Racool_studio)

Selepas berolahraga, wajar jika otot menjadi tegang. Namun, jika tidak melakukan relaksasi, kamu bisa mengalami kram otot bahkan cedera. Untuk mencegahnya, foam roller merupakan alat yang tepat untuk membantu melepaskan kekakuan pada otot. Tak hanya itu, alat ini juga dapat kamu gunakan usai beraktivitas seharian atau saat mengalami nyeri otot.

Sesuai namanya, alat ini berbahan busa berbentuk silinder. Foam roller hadir dengan berbagai tipe dan ukuran. Beberapa jenisnya bahkan dimodifikasi dengan tambahan tekstur, seperti gerigi di permukaannya. Jadi, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Itulah sederet alat yang bisa menunjang kegiatan olahraga kamu di rumah. Jika kamu berolahraga tanpa pelatih profesional, harap berhati-hati terutama ketika melakukan gerakan berat. Bagaimanapun, keamanan tetap harus jadi prioritas utama. Selamat berolahraga!

Baca Juga: Dijamin Six Pack! Ini 7 Latihan untuk Otot Perut di Rumah 

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya