Comscore Tracker

5 Pose Yoga Ini Bisa Perbaiki Postur Tubuh yang Salah

Biar postur tubuh kamu lebih ideal

Tahukah kamu bahwa ketika postur tubuh kamu ideal, kamu bisa terlihat lebih langsing, lebih tinggi, dan lebih percaya diri. Tetapi akibat dari gaya hidup kita yang tertekan telah membuat bagian punggung tubuh kita melengkung untuk waktu yang lama, kita duduk di depan komputer sepanjang hari, atau membungkuk saat melihat ponsel kita, dan pada akhirnya tubuh kita menjadi bungkuk.

Postur tubuh yang ideal adalah ketika punggung kamu benar-benar lurus, dada terbuka, dagu menghadap ke atas, bahu santai dan lurus, dan perut rata. Pada dasarnya, kamu berada dalam posisi tubuh yang benar ketika tubuh kamu berada dalam garis lurus.

Dengan latihan yoga yang teratur, tubuh kamu akan diregangkan dan diperkuat, dan karena itu, tulang belakang kamu secara otomatis akan meluruskan diri, bahu kamu tegak, perut ramping, dan dada terbuka. Kamu akan merasakan perubahannya. Berikut ini beberapa pose yoga yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh kamu menjadi lebih ideal.

1. Tadasana (Pose Gunung)

5 Pose Yoga Ini Bisa Perbaiki Postur Tubuh yang Salahhyogajournal.com

Tadasana adalah salah satu pose yoga paling dasar yang membentuk dasar bagi banyak pose-pose lainnya. Ini terlihat sederhana, tetapi ketika kamu mempraktikkan pose ini dan berusaha menyempurnakannya, kamu akan menyadari bahwa kamu sebenarnya berdiri dengan salah selama ini. Pose ini adalah yang terbaik jika kamu ingin belajar cara berdiri yang benar.

Cara melakukannya:

  1. Berdirilah tegak dan satukan kedua kaki, dengan jari-jari saling bersentuhan. Tumit mungkin sedikit terpisah, dan tangan kamu harus ditempatkan dengan kuat di samping tubuh kamu.
  2. Kamu harus membuat otot paha kamu kencang. Angkat tempurung lutut kamu sambil memastikan kamu tidak mengeraskan bagian bawah perut kamu.
  3. Perkuat lengkungan bagian dalam pergelangan kaki kamu saat kamu mengangkatnya.
  4. Sekarang, bayangkan aliran cahaya putih (energi) melewati pergelangan kaki kamu, hingga paha bagian dalam kamu, selangkangan, tulang belakang, leher, sampai ke kepala kamu.
  5. Perlahan putar paha atas ke dalam. Rentangkan tulang ekor sedemikian rupa sehingga mengarah ke lantai. Angkat pubis sehingga lebih dekat ke pusar.
  6. Terlihat sejajar dengan cakrawala.
  7. Tarik napas dan regangkan bahu, lengan, dan dada kamu ke atas.
  8. Rasakan peregangan di tubuh kamu mulai dari kaki hingga kepala.
  9. Tahan pose ini selama beberapa detik. Lalu, buang napas dan lepaskan.

2. Utkatasana (Pose Kursi)

5 Pose Yoga Ini Bisa Perbaiki Postur Tubuh yang Salahyogajournal.com

Utkatasana atau Pose Kursi adalah salah satu pose yoga terbaik untuk perbaikan postur tubuh. Pose ini bekerja sangat baik untuk pinggul, lutut, dan punggung bawah. Saat kamu berada dalam pose ini, punggung kamu akan tegak dan bahu terentang. Ini mengajarkan tubuh kamu bagaimana menyelaraskan diri, dan dengan demikian, secara perlahan tapi pasti memperbaiki postur tubuh kamu.

Cara melakukannya:

  1. Mulailah dengan posisi berdiri dengan kaki sedikit terpisah.
  2. Tarik napas, dan angkat lengan lurus ke atas sehingga telapak tangan menghadap ke dalam dan trisep berada di samping telinga kamu.
  3. Buang napas dan tekuk lutut kamu, dorong pantat kamu ke belakang dan turun ke lantai seolah-olah duduk di kursi. Tubuh kamu secara alami akan bersandar sedikit ke depan di atas paha.
  4. Cobalah untuk menjaga bahu kamu ke bawah dan ke belakang.
  5. Ambillah napas dalam-dalam dan hembuskan.
  6. Tahan pose ini selama 30 hingga 60 detik.
  7. Tarik napas, dan kemudian buang napas dalam-dalam, perlahan-lahan santai dan kembali ke posisi berdiri.

3. Virabhadrasana I (Pose Prajurit I)

5 Pose Yoga Ini Bisa Perbaiki Postur Tubuh yang Salahkhaleejmag.com

Pose ini memiliki banyak sejarah di baliknya dan juga merupakan salah satu pose yoga yang paling baik untuk memperbaiki postur tubuh. Pose ini bekerja di punggung bagian bawah dan juga dapat meluruskan bahu. Pada waktunya, kamu pasti akan melihat hasil yang bagus pada postur tubuh kamu jika kamu berlatih pose yoga ini secara teratur.

Cara melakukannya:

  1. Berdiri tegak dan rentangkan kaki kamu terpisah. Kaki kanan kamu harus di depan dan kaki kiri di belakang.
  2. Sekarang, putar kaki kanan kamu ke luar sebesar 90 derajat dan kaki kiri sebesar 15 derajat, pastikan tumit kaki kanan selaras sempurna dengan bagian tengah kaki kiri.
  3. Angkat lengan kamu ke samping sampai mencapai ketinggian bahu kamu. Lengan kamu harus sejajar dengan tanah, dan telapak tangan kamu harus menghadap ke atas.
  4. Buang napas dan tekuk lutut kanan kamu, sehingga lutut dan pergelangan kaki kamu membentuk garis lurus. Pastikan lutut kamu tidak berada di depan pergelangan kaki kamu.
  5. Sekarang putar pandanganmu ke kanan.
  6. Saat kamu bergerak ke dalam pose, rentangkan tangan kamu lebih jauh dan gabungkan telapak tangan kamu di atas kepala. Lihatlah telapak tanganmu. Dorong panggul ke bawah dengan lembut.
  7. Tahanlah pose ini selama beberapa detik, bernapaslah dengan normal. Tarik napas secara perlahan.
  8. Untuk melepaskannya. Buang napas dan dengan lembut bawa tangan kamu ke bawah dari samping.
  9. Ulangi pose ini di sisi kiri, dengan kaki kiri di depan dan kanan di belakang.

Baca Juga: Dengan Mencoba 5 Pose Yoga Ini, Dijamin Tidurmu Akan Selelap Bayi!

4. Bhujangasana (Pose Cobra)

5 Pose Yoga Ini Bisa Perbaiki Postur Tubuh yang Salahyogauonline.com

Bhujangasana atau Pose Cobra adalah satu lagi pose yoga terbaik untuk memperbaiki postur tubuh kamu yang berfungsi membuka bahu dan dada. Ini juga akan memperkuat tubuh bagian belakang.

Cara melakukannya:

  1. Berbaringlah dengan posisi tengkurap, dengan kaki terentang, dan kaki menghadap ke bawah. 
  2. Tempatkan siku kamu di sisi kamu.
  3. Kemudian, angkat dada kamu. Letakkan beban tubuh tidak hanya pada siku, tetapi pada seluruh lengan.
  4. Lengkungkan leher ke belakang dalam upaya mereplikasi kobra, tetapi pastikan tulang belikat kamu kuat, dan bahu kamu jauh dari telinga kamu.
  5. Tekan pinggul, paha, dan kaki kamu ke lantai.
  6. Tarik napas dalam-dalam, dan buang napas dengan kuat.
  7. Tahan pose ini selama 30 detik hingga 2 menit.
  8. Untuk melepaskan pose, perlahan-lahan kembalikan tangan ke samping. Letakkan kepala di tanah dengan menyentuh dahi. Tempatkan tangan di bawah kepala. Kemudian, perlahan-lahan istirahatkan kepala di satu sisi dan bernapas.

5. Supta Virasana (Pose Pahlawan Berbaring)

5 Pose Yoga Ini Bisa Perbaiki Postur Tubuh yang Salahcreateyouressence.com

Ini adalah pose yoga dasar yang terlihat sederhana tetapi bisa sangat rumit. Pose ini memastikan punggung kamu benar-benar lurus, dan juga membantu membuka dada kamu. Ini adalah pose yang memulihkan, dan itu membuat kamu rileks saat kamu berusaha memperbaiki postur tubuh kamu.

Cara melakukannya:

  1. Berlutut di lantai. Pastikan lutut kamu diletakkan langsung di bawah pinggul kamu. Biarkan tangan kamu bertumpu pada lutut.
  2. Dekatkan kedua lutut kamu agar kaki kamu melebar secara otomatis. Mereka harus lebih lebar dari lebar pinggul kamu.
  3. Tekan dengan kuat bagian atas kaki kamu di lantai.
  4. Turunkan pinggul, sehingga kamu menemukan diri kamu duduk di atas matras. Pastikan pinggul kamu tepat di antara tumit kamu.
  5. Biarkan jari-jari kaki mengarah ke luar dan belakang. Pergelangan kaki bagian dalam kamu harus ditarik untuk melindungi lutut kamu.
  6. Tarik pusar kamu. Rentangkan tulang ekor kamu dari puncak kepala kamu ke lantai.
  7. Tempatkan tangan di sisi tubuh, dan buang napas dan bersandar ke belakang.
  8. Perlahan bersandar sampai punggung kamu berada di lantai. Kemudian, geser berat tubuh kamu pada siku kamu.
  9. Lepaskan punggung bagian bawah dan bokong, dan dorong diri kamu ke bawah menuju tulang ekor.
  10. Setelah kamu nyaman beristirahat di lantai, letakkan tangan kamu di atas kepala, dan pastikan telapak tangan menghadap ke langit-langit.
  11. Tahan pose sekitar satu menit. Kemudian, kembali ke posisi awal dengan lembut.

Punggung yang bungkuk pada dasarnya menandakan punggung yang lemah. Ketika punggung kamu lemah, sisa postur tubuh kamu, seperti dagu, perut, dada, dan bahu jadi tidak proporsional. Sangat penting bagi kamu untuk memperbaikinya sebelum terlambat. Yoga adalah cara terbaik untuk melakukannya. Latihlah gerakan yoga di atas secara teratur, dan kamu akan merasakan perubahannya.

Baca Juga: 5 Pose Yoga Pasangan untuk Mempererat Hubungan Cinta Kalian!

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You